Kamus Istilah Properti

Bordes

istilah properti

Bordes

Bordes adalah bagian dari tangga sebagai tempat beristirahat menuju arah tangga berikutnya.

Apa itu Bordes?

(udhargabangunan)

Bordes adalah bagian dari tangga sebagai tempat beristirahat menuju arah tangga berikutnya. Secara umum, bordes berupa pelat datar di antara anak tangga yang memiliki fungsi untuk meminimalkan risiko terjatuh saat Anda melintasi tangga.

Anda bisa membuat bordes pada bagian sudut tempat peralihan arah tangga yang berbelok ataupun lurus. Dalam menentukan posisi bordes, sebaiknya melakukan desain bagian tengah dari sejumlah anak tangga yang dibuat. 

Selain untuk memenuhi keamanan para penghuni rumah, bordes juga memiliki fungsi sebagai area dekoratif untuk mempercantik interior rumah Anda. 

Saat ini banyak orang-orang menghias area dinding bordes yang kosong sebagai tempat untuk memajang lukisan, foto, dan elemen dekoratif lainnya.  

Fungsi Bordes pada Tangga Rumah

Bordes tangga memiliki peranan penting bagi Anda yang memiliki hunian dengan jumlah lebih dari satu lantai. Berikut ini fungsi bordes: 

  • Meminimalkan risiko terjatuh saat Anda melintasi tangga.
  • Sebagai tempat transisi saat Anda melintas di atasnya. 
  • Sebagai tempat untuk beristirahat sejenak saat Anda melintas di atasnya.
  • Jika panjang tangga pada rumah Anda tidak mencukupi, area bordes bisa difungsikan sebagai belokan tangga yang nantinya akan menjadikan tangga bisa menjangkau area di atasnya.
  • Sebagai area dekoratif yang akan memperindah interior sebuah rumah. 
  • Jika bordes pada tangga memiliki space yang cukup luas, Anda bisa menambahkannya dengan lemari gantung yang ukurannya cukup besar sebagai storage untuk menyimpan barang-barang yang jarang digunakan, seperti boneka anak. 

Syarat dan Aturan Pembuatan Bordes Tangga 

(directstairparts)

Mengingat fungsi bordes yang sangat penting pada area tangga, maka ada aturan dan syarat yang harus dipenuhi ketika hendak merancangnya.

Berikut ini beberapa diantaranya: 

  • Bordes harus dibuat pada tangga yang memiliki lebih dari 12 anak tangga. Artinya, pada setiap 12 ambalan pada tangga akan terdapat sebuah area datar untuk tempat beristirahat.
  • Panjang bordes beragam, mulai dari bisa 80, 100, hingga 120 centimeter yang disesuaikan dengan kebutuhan ruang yang ada. 
  • Panjang pijakan datar (riser atau antrede) berkisar antara 20 cm sampai 30 cm.
  • Kemiringan tangga tidak boleh terlalu curam, berkisar antara 25-40 derajat agar bisa dikatakan memenuhi syarat kenyamanan tangga.
  • Tinggi pijakan (optrede) berkisar antara 15 cm sampai 20 cm. Tujuannya agar tidak terlalu tinggi saat pejalan mengangkat kaki, khususnya bagi anak-anak dan orang tua. 

Ide Desain Bordes Tangga dengan Berbagai Tema di Rumah

Setelah mengetahui pengertian, fungsi, dan aturan pembuatan bordes, kini saatnya mencari inspirasi desain bordes yang bisa diterapkan di rumah Anda, Pins.

Agar bordes tak membosankan, yuk, simak inspirasi desain bordes berikut ini:

Bordes dengan Cermin

bordes adalah
(mirrorlot)

Ketika hendak bepergian, memastikan penampilan sudah rapi dan siap untuk pergi adalah hal yang penting. Nah, bordes bisa menjadi tempat untuk melakukan pengecekan ulang penampilan Anda dengan meletakan cermin. 

Taruh cermin berukuran besar yang dapat dipergunakan untuk mematut diri dari atas sampai kaki. Sesuaikan frame pada cermin dengan gaya desain rumah Anda. 

Jadi, setelah keluar kamar dan turun tangga, Anda bisa berhenti sejenak untuk memastikan tampilan sudah rapi sebelum keluar rumah.

Bordes dengan Jendela 

(keuka-studios)

Jika rumah Anda punya pemandangan yang cantik, maka tak ada salahnya melengkapi area bordes tangga dengan tambahan jendela.

Anda bisa menjadikan sudut bordes dengan tambahan jendela ini sebagai area spot foto yang cantik dengan pemandangan luar jendela yang manis. Jangan lupa untuk menambahkan beberapa dekorasi berupa tanaman hias, seperti tanaman monstera.  

Bordes Dua Tangga

bordes adalah
(Pinterest)

Ide desain bordes ini cocok buat Anda yang bermimpi punya hunian klasik bak istana kerajaan yang mewah. Bordes tangga ini dirancang khusus agar bisa mengarah ke dua cabang tangga.

Selain karena desain tangga yang sudah megah, bordes tangga ini juga turut memaksimalkan kemewahannya, bukan?

Bordes dengan Pintu

bordes adalah
(firststepdesign)

Keberadaan pintu di bordes tangga bisa menjadi solusi yang terbaik untuk menghemat tempat di rumah. Anda juga tidak perlu khawatir karena bordes tangga yang cukup lapang tidak akan mengganggu akses penghuni keluar masuk ataupun naik turun. 

Di atas pintu atau di sepanjang dinding tangga, tambahkan hiasan, seperti lukisan atau karya montase.

Bordes dengan Penyimpanan Buku 

(home-designing)

Punya koleksi buku yang cukup banyak tetapi tak punya cukup tempat untuk meletakkannya, Pins? Jika iya, Anda bisa menjadikan area bordes sebagai tempat penyimpanan koleksi buku layaknya perpustakaan mini. 

Gunakan rak dinding bersekat sebagai pengganti rak buku minimalis. Tidak harus hanya ada di bordes tangga, tapi bisa juga pada seluruh dinding di area tangga tersebut sehingga lebih hemat ruang.  

Bordes Penuh Warna 

bordes adalah
(decoratedlife)

Kalau bosan dengan desain bordes dan area tangga secara keseluruhan, maka Anda bisa menyulapnya menjadi lebih cantik. Buat area ini dengan penuh warna-warni agar menjadi lebih hidup. 

Tambahkan lukisan-lukisan, foto, atau pajangan dinding lainnya agar terlihat lebih indah dan menarik. 

Begitulah informasi mengenai bordes yang patut Pins ketahui. Bordes adalah sesuatu hal penting dalam penyusunan anak tangga. Semoga berguna!

Koordinator: Linda

Editor: Achlisia