Kamus Istilah Properti

Coffee shop

istilah properti

Coffee shop

Coffee shop adalah tempat makan dan minum yang utamanya menjual kopi. Variasi biji kopi dan beragam cara mengolahnya bisa ditemukan di sini.

Apa itu coffee shop?

(Culture Trip)

Coffee shop adalah sebuah tempat yang menyediakan makanan dan minuman, namun utamanya menjual kopi. Umumnya, yang disebut dengan coffee shop, adalah kedai minum kopi yang tempatnya didesain menarik dan menyediakan banyak menu kopi. Sejumlah tempat juga menyediakan menu kopi dengan berbagai macam cara menyeduhnya. Dari tubruk, french press, aeropress, vietnam drip, v60, chemex dan lain-lain.

Menu yang akan sering ditemui di coffee shop antara lain adalah kopi hitam, kopi susu, cappuccino, espresso maupun latte. Beberapa tempat juga menyediakan olahan kopi dingin, teh, maupun minuman selain kopi. Ada juga tempat yang menyediakan makanan-makanan ringan sampai makanan berat untuk dipesan oleh pelanggan yang datang.

Selain datang untuk menikmati kopi, tempat ini menjadi salah satu ruang untuk berbincang maupun bertukar informasi dari para pengunjungnya. Saat ini, kita bisa menemui beberapa skala operasi bisnis dari kedai kopi. Mulai dari kepemilikan pribadi dengan pangsa pasar lokal sampai bisnis multinasional yang menggurita, seperti halnya Starbucks ataupun Dunkin’ Donuts.

Melansir dari Wikipedia, bentuk dan konsep dari coffee shop bisa berbeda dari wilayah satu dengan yang lain. Pendekatan kultural masyarakat terhadap kopi dan cara mengonsumsinya adalah hal yang memengaruhinya.

Sebagai contoh di kota-kota besar yang ada di Amerika, mungkin kita akan menemukan banyak kedai kopi yang dibuat untuk melayani grab and go coffee. Namun di wilayah Asia seperti di Singapura dan Malaysia, kita akan menemukan kopi tiam yang ramai dikunjungi di pagi hari, tepatnya di jam sarapan. Di kopi tiam, kopi sering dipesan berbarengan dengan menu sarapan yakni roti isi telur atau roti selai.

Dengan banyaknya pendekatan kultural yang ada di dunia terhadap kopi, adopsi konsep coffee shop dan cara mengonsumsi minuman berenergi ini bukanlah hal yang asing lagi ditemukan di manapun. Begitu juga mengawinkan pendekatan kultural yang satu dengan yang lainnya.

Tipe-tipe coffee shop

Pada pembahasan ini, akan dijelaskan tiga tipe coffee shop yang umum ditemui. Dari coffee shop, coffee bar, dan grab and go, mari kita cari tahu perbedaan dari masing-masing jenis tersebut.

Cafe atau coffee shop

(Archdaily)

Jenis yang satu ini sebenarnya hampir mirip dengan konsep restoran karena menyediakan beberapa menu-menu makanan untuk disantap. Yang perlu digaris bawahi, menu kopi dari tempat ini masih menjadi andalan penjualan. Biasanya tempat ini didatangi ketika santap sarapan, makan siang dan makan malam.

Tempat ini bisa didatangi sendiri maupun bersama-sama dengan teman atau rekanan. Menu kopi memang menjadi andalan, namun kemungkinan besar pelanggan akan memesan menu makanan berat atau makanan ringan. Biasanya tempat seperti ini disebut juga sebagai bistro, cafe, atau kedai kopi.

Coffee bar atau coffeehouse

(Archdaily)

Tempat minum kopi yang masuk kategori ini menyediakan suasana yang nyaman untuk bercengkrama, baik indoor, outdoor maupun keduanya. Pelanggan yang datang ke sini datang bukan hanya untuk menikmati kopi, tapi juga untuk nongkrong.

Menu selain kopi yang ditawarkan cukup terbatas. Yang paling umum adalah makanan jenis roti-rotian, snack dan dessert. Hal ini dikarenakan yang menjadi penawaran terbaik dari tempat ini adalah menunya kopinya yang dibuat secara serius oleh para barista.

Beberapa pelanggan biasanya menjadikan tempat ini sebagai tempat bekerja maupun mengerjakan tugas. Ada juga pelanggan yang datang untuk bersantai sendirian untuk membaca buku maupun datang beramai-ramai untuk mengobrol.

Grab and go

(Archdaily)

Jenis yang satu ini mengedepankan penjualan kopi untuk dibawa pulang oleh pelanggan. Maka dari itu, beberapa tempat tidak memberikan tempat duduk yang nyaman untuk pelanggan menikmati pesanannya di lokasi.

Beberapa kedai kopi yang menggunakan konsep seperti ini di Indonesia banyak didatangi oleh ojek online yang menjadi perantara pengantar dan pemesanan pelanggannya. Biasanya kedai semacam ini kios penjualannya berukuran tidak terlalu besar.

Beberapa macam kedai kopi di dunia

Pada bagian awal, sempat disinggung bahwa beberapa daerah di dunia punya pendekatan yang khas untuk menikmati kopi. Hal tersebut kemudian ikut tercermin pada seperti apa bentuk kedai kopi yang ada di wilayah tersebut.

Maqha, qahveh-khaneh dan kahvehane

(Phaethon)

Kawasan Timur Tengah adalah wilayah yang sudah lama mengenal kopi. Maqha (Arab), qahveh-khaneh (Persia) dan kahvehane adalah beberapa penyebutan kedai kopi yang ada di area tersebut.

Biasanya orang-orang menjadikan kedai kopi sebagai tempat untuk mengobrol, mendengarkan musik, membaca buku, bermain catur, atau bersantai. Tidak jarang, kopi yang dinikmati di sana akan dikombinasikan dengan shisha yang juga sudah menjadi tradisi setempat.

Cafe dan coffeehouse

(Brewminate)

Beberapa sumber menyebutkan bahwa masyarakat Eropa mengenal kopi dari Bangsa Turki. Kemudian, masyarakat Eropa mencoba cara lain untuk mengonsumsi kopi yang dulunya hanya disajikan sebagai kopi hitam yang ampasnya disaring. Mereka mencampurkan kopi dengan krim maupun pemanis.

Pada awal kemunculannya, cafe atau coffehouse menjadi tempat berkumpulnya orang-orang borjuis untuk bertukar informasi dan berdebat. Lewat fungsi tersebut, kelas borjuis mendapatkan kekuatan sosial yang baik untuk melakukan kontestasi pada aristokrat yang memegang kendali negara secara administratif.

Di abad ke 19 dan 20, kedai kopi sering digunakan untuk bertemunya para seniman dan penulis. Sedangkan saat ini, cafe dan coffehouse lebih menjadi tempat untuk bercengkrama, bekerja, atau sekedar menikmati kopi.

Kopi tiam

(The Rakyat Post)

Kopi tiam adalah kedai kopi yang jamak ditemui di daerah Melayu, khususnya Singapura dan Malaysia. Tempat ini sering didatangi ketika jam sarapan. Pelanggan yang datang biasanya memesan kopi beserta menu santap pagi mereka.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.