Kamus Istilah Properti

Komisi

istilah properti

Komisi

Komisi adalah imbalan (uang) atau persentase tertentu yang dibayarkan karena jasa yang diberikan dalam jual beli dan sebagainya.

Apa itu Komisi dalam Properti?

(Realtor.com)

Komisi merupakan imbalan (uang) atau persentase tertentu yang dibayarkan karena jasa yang diberikan dalam jual beli dan sebagainya. Dalam properti biasanya yang mendapatkan komisi adalah agen atau perantara yang membantu proses penjualan suatu properti antara penjual dan pembeli.

Peraturan Komisi Agen Properti

(Asiacap Valuers & Property Consultans)

Jangan sampai tertipu, ternyata perhitungan komisi untuk para agen properti sudah diatur dalam sebuah peraturan. Peraturan tersebut bersumber dari peraturan resmi Kementerian Perdagangan. 

Pada Peraturan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia No. 33/M-DAG/PER/8/2008 telah tertulis bahwa agen properti adalah seseorang yang mempunyai keahlian khusus dalam bidang properti yang dibuktikan dengan sertifikat dari lembaga sertifikasi terakreditasi. Pada peraturan tersebut juga tertulis bahwa komisi minimal bagi agen properti adalah 2% dari total nilai transaksi. 

Perhitungan Komisi Agen Properti

(This Old House)

Berdasarkan peraturan resmi di atas, komisi minimal bagi agen adalah 2% dari nominal transaksi. Maka dari itu, komisi yang didapatkan oleh setiap agen properti beragam. Seorang agen atau broker bisa saja mendapatkan komisi hingga 5%. Komisi ini berdasarkan dengan kesepakatan antara agen dan juga pemilik rumah atau agen dengan penyewa.

Adapula beberapa broker atau agen yang tidak mengambil komisi berdasarkan presentase. Namun, langsung menyebutkan nominal yang diinginkan sebagai fee. Komisi yang akan didapatkan ini biasanya diberikan setelah semua proses jual beli sewa properti ini selesai.

Itulah informasi mengenai komisi atau khususnya komisi properti yang perlu diketahui. Semoga berguna ya, Pins!