Kamus Istilah Properti

Makelar

istilah properti

Makelar

Makelar adalah pedagang perantara yang atas nama orang lain selaku pemberi kuasa melakukan jual beli maupun mencarikan barang untuk pembeli. 

Apa Itu Makelar?

(Intiland)

Di dalam proses jual beli, makelar adalah seseorang atau pihak yang menjadi perantara untuk melakukan penjualan barang atas nama orang lain yang memberikan kuasa. Selain menjadi perantara, makelar juga bertugas untuk mencarikan barang yang dibutuhkan oleh pembeli. 

Mengenai kedudukan makelar telah disebutkan dalam Pasal 62 Kitab Undang-Undang Hukum Dagang. Di dalam undang-undang tersebut dijelaskan bahwa makelar adalah pedagang perantara. Ketika melakukan pekerjaan, makelar akan mendapat upah atau provisi tertentu, atas amanat dan atas nama orang-orang lain, yang dengan mereka tidak terdapat hubungan kerja tetap.

Meski begitu, makelar tidak ikut bertanggung jawab atas penyerahan barang maupun pembayarannya. Sebab, tugas makelar ini hanya sebatas mempertemukan saja. Terkait perjanjian jual belinya akan dilakukan oleh para penjual dan pembeli itu sendiri.  

Menurut istilah lain, makelar terkadang disebut juga broker. Namun sebenarnya broker identik dengan agen pemasaran berbentuk perusahaan. Mudahnya, broker adalah berbadan usaha. 

Beberapa jual beli atau perniagaan yang sering memanfaatkan jasa broker antara lain:

  • Jual beli atau sewa sewa properti, baik itu rumah, apartemen, ruko, maupun tanah.
  • Jual beli kendaraan bermotor bekas.  
  • Jual beli hewan ternak seperti kambing dan sapi.  
  • Jual beli online, seperti dropshipper dan affiliate program.

Nah, pada penjelasan kali ini, Pinhome akan fokus pada penjelasan makelar properti, ya! 

Keuntungan Menjadi Makelar Properti

(Prospeku)

Diantara banyaknya jenis pekerjaan yang terkait dengan pemasaran, makelar properti adalah satu yang menarik. Pekerjaan ini menawarkan penghasilan berupa komisi bersih yang lebih besar dari mereka yang bergabung dengan kantor broker. Artinya, komisi yang Pins dapatkan sepenuhnya menjadi milik sendiri tanpa terkena potongan biaya kantor broker.

Bahkan, Pins pun bisa menentukan sendiri waktu dan jadwal sesuai keinginan tanpa terikat dengan perusahaan. 

Selain itu, ada beberapa alasan mengapa menjadi broker properti itu menarik, antara lain:

  • Modal minim, bahkan bisa tanpa modal
  • Tidak ada keterikatan waktu sehingga lebih fleksibel dalam menentukan jam kerja
  • Penghasilan transparan dan tinggi 

Jenis Makelar Properti

(Sepenuhnya)

Pins tertarik menjadi seorang broker properti? Ada dua jenis yang bisa Pins pilih, antara lain:

Makelar Properti Freelance 

Jenis yang pertama merujuk pada agen independen. Para broker ini menawarkan jasa jual-beli properti secara freelance. Artinya, mereka bekerja sendiri tanpa bergabung dalam organisasi atau kelompok broker real estat tertentu.

Dari segi komisi, penentuan fee dengan cara freelance ini lebih fleksibel. Pins bisa mendapatkan komisi berdasarkan kesepakatan yang disetujui dengan pemilik properti.

Makelar Properti Bersertifikat 

Kebalikan dari sistem kerja freelance, broker satu ini bekerja di bawah naungan perusahaan agen properti tertentu, 

Cara menjadi broker satu ini adalah dengan bergabung pada sebuah Kantor Broker Properti.

Sistem Kerja Makelar

Baik tergabung kantor agen tertentu maupun bekerja secara freelance, sistem kerja makelar kurang lebih sama. Umumnya akan sangat tergantung kesepakatan antara penjual dengan perantara yang secara prinsip harus saling menguntungkan di antara kedua belah pihak. 

Adapun sistem yang banyak digunakan seperti berikut ini:

Sistem Harga Mati

Dengan sistem ini, para broker hanya bertugas mempertemukan penjual dengan pembeli saja. Terkait harga final, maupun hal-hal terkait jual beli lain, akan ditangani sendiri oleh penjual. 

Komisi yang akan diperoleh akan sesuai dengan perjanjian awal berapapun nilai transaksinya. Biasanya broker yang memakai sistem ini akan mendapatkan fee sekitar 2,5 hingga 5 persen dari nilai transaksi.  

Sistem Harga Induk

Kalau pemilik properti maupun barang sudah menentukan harga patokan, maka sistem harga induk-lah yang bisa digunakan. Melalui sistem ini, broker bebas menentukan berapapun harga jualnya kepada pembeli. Keuntungan yang diperoleh pun bebas ditentukan sendiri yang dikurangi dari selisih harga yang telah ditetapkan dengan harga final. 

Bagi broker, sistem ini tentu menguntungkan sekaligus menantang. Karena semakin mahal harga final, maka semakin besar juga keuntungannya. 

Sistem Titip Jual

Sistem ini memungkinkan pemilik produk menitipkan barang dagangannya pada orang lain untuk dijualkan. Biasanya pemilik sudah menetapkan harga jual akhir dan memberikan selisih keuntungan pada pihak yang dititipi produk sebagai komisi.

Ketentuan Komisi

(infoceria)

Meskipun sebenarnya komisi bersifat fleksibel selama pihak-pihak yang terlibat saling menyetujui, tetapi ada aturan tersebut terkait besaran komisi broker. Hal ini merujuk pada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2017 Tahun 2017 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti. 

Menurut peraturan Menteri Perdagangan Republik Indonesia Nomor 33/M-DAG/PER/8/2008 tentang Perusahaan Perantara Perdagangan Properti menetapkan besaran komisi untuk broker properti minimal 2 persen dari nilai transaksi.

Dalam proses deal transaksi jual beli sewa rumah, tanah, dan properti lainnya broker properti bersertifikat biasanya perusahaan menetapkan standar komisi yang pasti, yaitu

  • Komisi 3% untuk harga jual lebih kecil atau sama dengan Rp1 miliar.
  • Komisi 2.5% untuk harga jual antara Rp1 miliar sampai Rp3 miliar
  • Komisi 2% untuk harga jual lebih besar Rp3 miliar
  • Komisi 5 persen untuk sewa dan kontrak properti.

Tertarik menjadi makelar atau broker properti? Yuk, bergabung sebagai rekanan Pinhome! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.