Kamus Istilah Properti

Kitchen Island

istilah properti

Kitchen Island

Kitchen island adalah komponen dapur yang terletak di tengah ruangan, biasanya sebuah kabinet dan meja multifungsi.

Apa Itu Kitchen Island?

kitchen island
(Home Dedicated)

Berbagai cara digunakan untuk membuat tampilan dapur menjadi lebih nyaman dan modern, salah satunya dengan menghadirkan kitchen island. Komponen dapur yang terletak di tengah ruangan ini bisa menjadi area tambahan yang melengkapi kitchen set

Kehadirannya, bisa membuat fungsi dapur menjadi maksimal karena area memasak menjadi lebih luas. Kitchen island bisa membuat dapur menjadi lebih nyaman digunakan, bahkan bisa difungsikan juga sebagai meja makan. 

Bagian dapur ini juga bisa berupa kabinet tempat penyimpanan barang-barang dengan desain yang senada dengan dengan kitchen set. Umumnya, area ini juga berperan sebagai meja bar yang dilengkapi dengan kursi. 

Pada rumah minimalis, kitchen island bisa menjadi alternatif ruang makan dengan memilih jenis portabel dengan meja yang bisa dilipat.  

Fungsi Kitchen Island

(Houzz)

Semula, kitchen island adalah sebuah area untuk menyimpan berbagai macam barang di dapur. Tetapi, seiring perkembangannya, banyak orang menghadirkan dapur ekstra ini untuk berbagai fungsi, seperti pengganti meja makan. 

Untuk lebih jelasnya, yuk simak fungsi dari kitchen island berikut ini:

Jadi Area untuk Memasak  

Keuntungan pertama dari kitchen island adalah sebagai pelengkap yang bisa menjadi area tambahan untuk membantu aktivitas memasak. Pins bisa memanfaatkan area ini sebagai tempat memotong bahan masakan, meracik bumbu, dan sebagainya.

Jika Pins memiliki anak, bisa mengajak si Kecil untuk turut memasak di sini bersama-sama. 

Sebagai Storage Tambahan 

Banyak dapur modern menghadirkan area ini sebagai tempat penyimpanan tambahan dengan menghadirkan kabinet di bagian bawahnya. Nah, kabinet ini bisa menjadi alternatif tambahan untuk menjadi tempat penyimpanan berbagai barang.

Alhasil, tak perlu khawatir dapur menjadi berantakan karena barang-barang yang jarang terpakai, bisa diletakan di sini.  

Dijadikan Sebagai Tempat Makan 

Fungsi ini bermanfaat bagi Pins yang menginginkan adanya ruang makan di ruang yang terbatas. Cukup tambahkan meja bar disertai kursi di tengah-tengah dapur sehingga bisa menjadi pulau dapur sekaligus tempat makan. 

Makan  bersama di area dapur sambil melihat proses menghidangkan makanan, akan menciptakan suasana yang lebih akrab, lho, Pins!

Dapur Jadi Lebih Efisien   

Kitchen island tidak harus selalu berada di desain dapur yang berukuran besar, kok. Nyatanya, rumah-rumah minimalis dengan lahan terbatas juga banyak menghadirkan area ini. Bahkan, keberadaannya akan membuat ruangan dapur jadi lebih efisien karena area ini sangatlah multifungsi.   

Area ini tidak hanya berguna sebagai tempat menyimpan barang, tetapi bisa ditambah dengan fasilitas bak cuci untuk  memudahkan mencuci peralatan memasak dan makan. 

Lebih Ramah Anak 

Jika Pins ingin menciptakan dapur yang lebih ramah anak, maka bisa menghadirkan kitchen island di tengah-tengahnya. Pins hanya perlu menambahkan kursi tinggi di depan meja pulau dapur.

Alhasil, Pins bisa memasak dengan tenang, sambil memantau si Kecil dengan aman. Sebab, permukaan meja yang luas dan ukurannya yang tinggi, membuat si Kecil akan sulit menjangkau barang berbahaya. 

Jenis-jenis Kitchen Island

Ada berbagai jenis kitchen island sesuai dengan konsep desainnya. Jenis ini bisa dipilih sesuai dengan keinginan dengan mempertimbangkan ukuran dan konsep dapur secara keseluruhan. Berikut ini tipe pulau dapur yang paling umum digunakan: 

Kitchen Island Reguler

kitchen island reguler
(Best Online Cabinets)

Jenis yang pertama menghadirkan fungsi yang paling lengkap. Pins akan memiliki countertop berukuran luas, bak cuci piring, dan terkadang kompor beserta peralatan dapur lainnya. Biasanya, jenis reguler dibiarkan polos supaya lebih fleksibel ketika digunakan. 

Supaya lebih hidup, Pins bisa menambahkan kursi pada salah satu sisinya yang bisa dipakai sebagai area bersantap ringan.4

Kitchen Island Portable dengan Roda

Portabel kitchen island
(Pinterest)

Jika Pins ingin menghadirkan pulau dapur di lahan yang terbatas, maka tipe portabel ini bisa jadi solusinya. Bentuknya berupa meja dapur tambahan yang memiliki roda yang mudah untuk dipindah-pindah. Ketika tidak dibutuhkan, Pins bisa memindahkannya supaya tidak membuat ruangan menjadi sempit. 

Untuk memasangnya, Pins tidak membutuhkan peralatan khusus karena sudah banyak dijual langsung jadi. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhanmu.

Pulau Dapur Mini  

mini kitchen island
(The Spruce)

Jenis satu ini juga cocok untuk ruangan terbatas dalam bentuk yang permanen. Ukurannya yang kecil, menjadi solusi meja tambahan di dapur tetapi dalam fungsi berbeda. Supaya lebih tahan lama, Pins bisa memasang countertop dari bahan granit atau kayu. Tampilannya juga lebih elegan sekalipun hanya berukuran mini.  

Kitchen Island dengan Bar Tools 

kitchen island bar
(Gabby Home)

Manfaatkan area tengah dapur ini sebagai meja makan dengan menambah meja bar. Pins bisa menjadikan countertop pada pulau dapur sebagai meja makan dengan menambah sejumlah kursi. 

Jadi, Pins bisa memasak sekaligus menyuguhkan makanan di tempat yang sama dengan lebih mudah. 

Pulau Dapur dengan Kompor

(Morgante Wilson Architectucts)

Saat ini Pins sudah bisa mendapatkan pulau dapur yang dilengkapi dengan kompor tanam disertai cooker hood di bagian tengahnya. Dengan penataan ini, maka bisa menghemat penggunaan ruang dapur.  

Kitchen Island Waterfall Bertingkat

waterfall kitchen island
(Home Stratosphere)

Jenis yang terakhir berupa meja bertingkat. Biasanya model ini memiliki dua tingkat dengan fungsi yang berbeda. Di bagian bawahnya, biasanya dipakai sebagai tempat menyimpan berbagai macam makanan dan minuman. Kemudian, di tingkat yang atasnya, pemilik rumah menjadikannya sebagai tempat untuk menyajikan dan menyuguhkan makanan.   

Tips Saat Merancang Desain Kitchen Island

(This Old House)

Pulau dapur memang cocok untuk diterapkan pada rumah-rumah bergaya modern untuk menambah kemewahan pada hunian. Untuk menghadirkannya, ada beberapa tips yang bisa Pins lakukan, antara lain:

Pastikan Fungsi yang Akan Dihadirkan 

Sebelum membuatnya, pastikan Pins sudah tahu kegunaan dan fungsi apa yang akan dihadirkan pada kitchen island. Apakah akan menjadikannya sebagai ruang makan, atau hanya sekadar tempat penyimpanan tambahan?

Di sini Pins bisa menetapkan jenis, ukuran, bahkan furnitur apa saja yang akan dihadirkan jika sudah tahu fungsinya. 

Tentukan Ukurannya

Sesuaikan dimensi dapur secara keseluruhan untuk memenuhi kebutuhan ruang supaya tidak sempit. Biasanya, ukuran minimum yang direkomendasikan sekitar 1 meter.

Pastikan terdapat ruang yang cukup untuk menarik dan mendorong kursi, mengakses ruang penyimpanan, hingga saat proses memasak. Pulau dapur yang baik harus memiliki ruang gerak yang tepat supaya pengoperasian lebih aman dan terhindar dari potensi luka bakar dan bahaya tersandung. 

Perhatikan Zona Clearance 

Mengingat dapur island ini terletak di tengah area, maka Pins harus memastikan adanya zona sebagai pembagian dua wilayah kerja atau zona clearance. Sebaiknya, posisi dapur dengan island memiliki jarak 1 meter antara tepi meja pada bagian belakang kabinet dan tepian mejanya.

Dengan tambahan jarak ini maka Pins bisa lebih leluasa dan memungkinkan gerakan lebih aman ketika beraktivitas di isni. 

Pilih Furnitur yang Sesuai 

Jika sudah tahu apa fungsinya, Pins bisa memilih perabotan apa saja yang dihadirkan. Misalnya kompor, cooker hood dan laci penyimpanan untuk menyimpan peralatan masak. Pins juga bisa membawa rak gantung untuk menyimpan peralatan masak yang sudah digunakan.

Jangan lupa untuk memilih meja bar yang setinggi permukaan atau bahkan meja kopi jika ingin membuat meja makan di sini.  

Nah, itulah informasi seputar kitchen island. Sudah tahu model seperti apa yang ingin kamu hadirkan, Pins? Semoga informasi ini bermanfaat!


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.