Kamus Istilah Properti

Kayu Sungkai

istilah properti

Kayu Sungkai

Salah satu material yang paling sering melengkapi komponen rumah adalah kayu. Kayu menjadi andalan untuk mendukung desain rumah karena dapat dibentuk dengan berbagai macam bentuk dan motif. Salah satu jenis kayu yang cocok untuk menghiasi rumah Pins adalah kayu sungkai. 

Pinhome – Karakteristik pohon sungkai sangat matching jika Pins menerapkan desain minimalis pada rumah karena coraknya yang sederhana. Biasanya kayu ini kerap digunakan oleh kelas menengah, namun kualitas dari pohon sungkai tidak bisa dianggap remeh. Jika Pins memiliki budget yang tidak banyak dapat memilih kayu ini sebagai material perabotan rumah.

Baca Juga:

Asal Kayu Sungkai

kayu sungkai

(Pinterest)

Mungkin Pins penasaran dengan asal dari jenis kayu yang bernama latin Peronema Canescens Jack ini. Kayu ini berasal dari pohon sungkai yang biasanya tersebar di daerah Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, Hingga daerah Sulawesi Tengah dan Sulawesi Selatan. Kayu ini tersebar luas di pulau-pulau Indonesia dan dapat dengan mudah Pins dapatkan. Karena memang sudah dasarnya secara alami Indonesia dipenuhi dengan hutan-hutan penghasil kayu terbanyak. 

Baca juga:

Karakteristik Kayu Sungkai 

(AAPJ Furniture)

Kayu yang banyak tersebar sebagian besar di pulau Kalimantan ini memiliki karakteristik dengan tinggi yang dapat tumbuh hingga ketinggian 20 meter sampai 30 meter, cabangnya pun bisa tumbuh sepanjang 10 meter. Batang dari pohon sungkai memiliki diameter sebesar 60 cm dengan bentuk lekukan kecil yang lurus. 

Ranting dari sungkai mempunyai bulu halus dengan alur yang dangkal serta tidak berbanir. Tekstur dari kayu ini kasar, kesat, dan tidak rata dengan warna kulit luarnya yang sawo muda atau abu-abu. Kayu yang dihasilkan dari pohon ini biasanya berwarna kuning muda dan krem. 

Pada umumnya, sungkai tumbuh di daerah dengan tanah yang mengandung banyak air seperti pinggiran sungai. Selain itu, sungkai juga banyak tumbuh di hutan sekunder dengan jenis tanah yang berbeda-beda. Sungkai cocok tumbuh di daerah dengan ketinggian 600 meter di atas permukaan laut daerah tropis dengan tanah yang cukup basah. 

Perabotan rumah banyak dihasilkan dari sungkai kayu yang diproduksi sebagai material dasarnya. Mulai dari meja, kursi, lemari, hingga pintu banyak menggunakan sungkai. Selain itu, sungkai juga memiliki bobot yang ringan namun kuat sehingga banyak digunakan untuk rangka atap atau tiang pondasi rumah. 

Motif pohon sungkai banyak dimanfaatkan untuk melapisi bangunan agar mendapatkan kesan alami. Walaupun karakteristiknya yang kasar, serat dari sungkai dapat menghasilkan motif kayu sederhana yang cocok untuk rumah Pins yang minimalis. 

Dengan harga yang relatif murah dan terjangkau, sungkai dapat menjadi alternatif dari kayu jati yang harganya mahal. Meskipun begitu, kayu dari pohon sungkai memiliki kualitas yang cukup baik dengan kelas kuat II dan kelas awet II yang tentunya sepadan dengan harga. Oleh karena itu, permintaan pasar terhadap kayu ini cukup tinggi dan dapat menjadi bisnis yang prospektif untuk dijalankan. 

Baca Juga:

Kelebihan Kayu Sungkai

kayu sungkai

(Pinterest)

Dengan serat yang terpahat jelas, sungkai dapat dijadikan perabotan yang indah dan awet. Coraknya sangat cocok dengan rumah minimalis dan memberikan kesan alami. Proses produksi dari sungkai juga terbilang mudah dan banyak disukai oleh pengrajin kayu. Oleh karena itu, harga dari kayu ini cukup rendah dibandingkan kayu berkualitas lainnya seperti jati dan ulin. Selain coraknya yang indah, sungkai juga memiliki berat yang ringan. Hal tersebut membuat pengrajin kayu tidak lelah dan menghemat waktu serta biaya produksi. 

Baca Juga:

Kekurangan Kayu Sungkai

(Pinterest)

Seperti yang Pins ketahui, kualitas dari sungkai kayu ini memang tidak satu level dengan kayu jati atau kayu ulin. Dengan harga yang bersahabat tentunya sungkai juga memiliki kekurangan yang perlu untuk Pins ketahui. Kayu asal pulau Kalimantan ini tidak cocok jika Pins jadikan perabotan luar ruangan seperti kursi atau meja teras karena sungkai rentan terhadap rayap atau kutu bubuk. Jika tidak dilapisi dengan cairan pelindung, mungkin sungkai tidak akan bertahan dengan umur yang lama. 

Kekurangan selanjutnya dari sungkai kayu ini adalah permukaannya yang kasar sehingga dapat mengganggu kenyamanan. Perabotan rumah seperti meja atau kursi dapat menghasilkan bunyi decit yang cukup mengganggu. 

Namun,, hal tersebut tetap dapat teratasi jika Pins memberikan cairan pelapis khusus kayu perabotan rumah. Untuk menjaga penampilan dari sungkai, jangan lupa untuk merawatnya dengan melapisi cairan pengkilap kayu seperti Pledge. Cairan tersebut dapat menjaga penampilan perabotan rumah Pins tetap apik walaupun sudah berumur cukup lama. 

Itulah informasi lengkap seputar kayu dari pohon sungkai yang banyak digunakan sebagai perabotan rumah alternatif. Kayu dengan harga yang bersahabat dengan kantong serta motif kayu yang apik akan memberikan kesan indah pada rumah Pins secara maksimal. Semoga bermanfaat!

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.