Kamus Istilah Properti

Sumur Dangkal

istilah properti

Sumur Dangkal

Sumur dangkal adalah sumur jenis sumur yang memiliki kedalaman mencapai 50 meter. 

Apa Itu Sumur Dangkal? 

Sumur dangkal, juga disebut sumur gali, yang memiliki kedalaman kurang dari 50 meter dan dibangun di atas batuan dasar. Sumur resapan dangkal ini mempunyai pasokan air yang berasal dari resapan air hujan, terutama pada daerah dataran rendah. 

Prinsip sumur dangkal (shallow well) mirip dengan sumur biasa. Hanya saja, dari kedalamannya berbeda yaitu mencapai 50 meter di mana sumur biasa rata-rata berkedalaman 15-25 meter saja. Kedalaman ini akan menjadikan sumur tidak cepat kering. 

Lubang yang telah digali, dibor, didorong atau dibor ke dalam tanah ini digunakan untuk keperluan pengambilan air sumur. Sumur resapan ini mampu mengisi sumur dangkal dan meningkatkan aliran mata air untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk diketahui, sumber air sumur adalah akuifer yaitu lapisan bawah tanah dari tanah permeabel (seperti pasir atau kerikil) yang mengandung air dan memungkinkan lewatnya air. Kemudian akan terisi kembali saat curah hujan merembes ke bawah melalui tanah. 

Air tanah mengalir melalui tanah permeabel di atas lapisan keras atau kedap air. Jenis shallow well biasanya hanya cukup dalam untuk menggapai permukaan air paling atas atau paling mudah dicapai sehingga masih bisa terkontaminasi. 

Perbedaan Sumur Dangkal dengan Sumur Dalam

Di Indonesia, jenis sumur dangkal ini dimiliki oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain itu, ada juga sumur dalam (deep well). Keduanya memiliki perbedaan, antara lain: 

Letak Sumber Air

Jika sumber air shallow well adalah lapisan permukaan air paling atas, maka pada deep weel berasal dari lapisan air kedua. Kondisi membuat air mengalami proses purifikasi alami air hujan oleh lapisan kulit bumi menjadi air tanah sehingga sumber airnya tidak terkontaminasi.

Air tanah dangkal ini biasanya terletak di atas lapisan batuan kedap air. Dibandingkan sumur dangkal, sumur dalam secara umum telah memenuhi persyaratan sanitasi.  

Debit Air 

Lapisan air memiliki sistem aliran yang berbeda-beda. Untuk lapisan air tanah dangkal, debit air dipengaruhi oleh cuaca yang ada di permukaan bumi. Hal ini akan mempengaruhi ketersediaan airnya. 

Sementara pada air tanah dalam, lajunya terbilang cukup stabil dan tidak terpengaruh cuaca, khususnya air hujan. Jadi, sumur dalam cenderung tidak mudah mengalami kekeringan. 

Pencemaran Air

Pencemaran air pada sumber air merupakan salah satu hal yang sangat diperhatikan. Mengingat kedalaman sumber air tidak terlalu dalam, maka air tanah dangkal memiliki kemungkinan tercemar yang jauh lebih besar.  

Meskipun memiliki letak yang cukup berjauhan, namun keduanya pada dasarnya saling mempengaruhi satu sama lain dengan cara yang berbeda-beda.

Masalah Umum yang Terjadi pada Sumur Dangkal  

Nah, secara sekilas tentu Pins bisa menebak bahwa rumahmu menggunakan shallow well memiliki sejumlah umum yang harus siap dihadapi. Adapun masalah tersebut antara lain:

  • Air tanah dangkal sangat mudah untuk menyerap setiap zat yang masuk kedalam tanah. Hal ini karena air tanah dangkal tidak dilindungi oleh lapisan kedap air pada kedua sisi seperti halnya pada lapisan air tanah dalam.
  • Lebih rentan terhadap kontaminasi bakteri.
  • Mengalami masalah besi, mangan dan rasa dan bau. Jika Pins mencurigai salah satu dari masalah ini, segera periksa air.
  • Lebih sensitif terhadap aktivitas yang terjadi di tanah di atas. Penggunaan pupuk atau pestisida yang tidak tepat, pembuangan oli motor yang tidak tepat, pelarut dan zat berbahaya lainnya, atau tinggal di dekat kawasan industri dapat membahayakan kesehatan. 

Pemilik rumah dengan shallow well harus menguji air sumur setiap 3 hingga 5 tahun untuk beberapa kontaminan, termasuk bakteri. Jika tes ini ternyata positif bakteri, maka bisa dilakukan klorinasi sumur untuk menyelesaikan masalah.

Cara Memasang Pompa Sumur Dangkal

Jika Pins memasang sumur resapan dangkal, maka harus menggunakan jenis pompa khusus. Pompa air jenis ini biasanya hanya digunakan untuk penggunaan ringan yang dapat menyedot air dengan kedalaman rendah yaitu berkisar antara 7 sampai 9 meter di dalam tanah saja.

Saat Pins akan mulai memasang pompa sumur dangkal, ada beberapa cara yang bisa Pins lakukan, yaitu:

  • Untuk mulai memasang pompa, matikan catu daya ke pompa dan tiriskan sistem yang ada dari semua tekanan. 
  • Kemudian tiriskan semua cairan dari sistem dan kencangkan saluran pembuangan.  
  • Periksa sistem yang ada dari keausan, kerusakan atau area yang melemah, dan kencangkan sistem dengan erat.
  • Tutup sumur selama pemasangan. Hati-hati saat pemasangan, jangan sampai ada benda asing yang jatuh ke dalam sumur. Hal ini dapat mencemari air dan berpotensi merusak sistem.  
  • Saat memulai pompa sumur dangkal untuk pertama kalinya, disarankan untuk menjalankannya dan mengambil sampel uji. Setelah air dalam sampel uji jernih dan bebas dari pasir atau lumpur, pompa siap digunakan di rumah.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.