Kamus Istilah Properti

Veneer Kayu

istilah properti

Veneer Kayu

Veneer kayu adalah lembaran kayu tipis yang kerap difungsikan sebagai material untuk finishing interior atau finishing furnitur.

Apa itu veneer kayu?

(awiqcp)

Veneer kayu adalah lembaran kayu tipis yang kerap difungsikan sebagai material untuk finishing interior atau finishing furnitur. Ketika diaplikasikan, material ini dapat membuat tampilan bagian-bagian interior dan furnitur terlihat seperti serat-serat kayu solid dengan warna yang variatif. Material ini bisa dipilih sebagai alternatif daripada membeli produk-produk kayu utuh untuk dipasang pada bagian-bagian yang diinginkan.

Di pasaran, kita dapat menemukan lembaran-lembaran kayu ini dengan berbagai ukuran ketebalan. Dari ukuran 0.24 milimeter sampai 3 milimeter. Lembaran-lembaran tersebut dihasilkan dari pengupasan kayu-kayu gelondongan, dari kayu sungkai, kayu oak, kayu mindi, sampai kayu jati.

Beberapa contoh penerapan material ini di bagian interior rumah antara lain di panel dinding, langit-langit, lantai ruangan, sampai pintu. Untuk furnitur, veneer kayu bisa diaplikasikan pada permukaan meja, bagian luar dari kabinet, lemari, dan beberapa furnitur-furnitur sejenisnya. Terlebih untuk produk-produk yang terbuat dari kayu MDF (Medium Density Fiberboard) yang sulit untuk dicat dan memiliki tampilan yang kurang menarik jika tidak di-finishing.

Tipe-tipe veneer kayu

(Woodone Integra)

Pada bagian ini akan dijelaskan beberapa tipe-tipe kayu veneer. Masing-masing tipe memiliki fungsi yang berbeda satu dengan yang lain.

Raw veneer

Veneer yang satu ini merupakan jenis yang belum diolah. Mungkin, kita akan cukup sukar membedakan bagian depan dan belakangnya, karena secara visual dua sisinya memiliki tampilan yang hampir sama.

Bahan ini biasanya diterapkan untuk melapisi furnitur. Cara penerapannya biasanya disambung tiap-tiap potongannya. Perlu diingat, raw veneer adalah material yang cukup rentan untuk retak ketika diaplikasikan pada permukaan-permukaan berbentuk melengkung.

Paper backed veneer

Jenis ini biasanya berbentuk lembaran-lembaran besar dan lapisan dasarnya terbuat dari material kertas. Maka dari itu, paper backed veneer lebih cenderung mudah untuk diaplikasikan karena sifatnya yang lebih luwes dibandingkan jenis lain. Paling sering, orang-orang menerapkan veneer kayu untuk keperluan finishing interior.

Phenolic backed veneer

Phenolic backed veneer kerap diaplikasikan pada barang-barang yang terbuat dari bahan kayu natural maupun kayu sintetis. Kamu bisa menemukan beberapa jenis veneer kayu ini dalam bentuk lembaran, jadi kita akan lebih mudah mengaplikasikannya. Ketika dipasang di bidang lengkung, lembaran ini tidak mudah retak.

Laid up veneer

Laid up veneer merupakan lembaran yang terdiri atas beberapa lapisan yang kemudian disatukan agar mencapai tingkat ketebalan tertentu. Proses pembuatannya cukup memakan waktu yang lama dan butuh terus untuk dipantau. Umumnya, jenis ini dibeli oleh perusahaan-perusahaan dalam ukuran, bentuk, dan desain yang sesuai dengan pesanan mereka.

Reconstituted veneer

Varian yang satu ini merupakan lembaran yang dibuat dari kayu-kayu tropis yang tumbuh dengan cepat. Setelah dikupas, lembaran-lembaran tersebut akan dicelupkan untuk proses lanjutannya jika diperlukan. Sesudah dicelup, lembaran-lembaran tersebut akan dilaminasi agar lebih awet dan apik secara tampilan.

Wood on wood

Wood on wood merupakan jenis veneer kayu yang punya nama lain yakni kayu dua lapis (2-ply). Biasanya jenis ini banyak diaplikasikan pada obyek-obyek dekoratif pada ruangan.

Karakteristik material

(Archiexpo)

Veneer kayu memiliki karakteristik yang bersifat ramah pada lingkungan. Beberapa karakteristik yang dimaksud antara lain sebagai berikut.

Dapat didaur ulang dan dapat diperbarui

Material ini terbuat dari bahan kayu, jadi hampir dari semua produk ini bersifat ramah terhadap lingkungan. Hal tersebut dikarenakan kayu dapat didaur ulang dengan mudah. Selain itu, dalam proses pembuatannya tidak dibutuhkan energi yang besar, tidak banyak merusak udara atau air, dan tidak meninggalkan limbah yang sulit untuk diolah oleh lingkungan secara alami.

Punya sifat keberlanjutan

Ketika kamu menggunakan veneer, kita secara otomatis mengurangi konsumsi kayu. Hal ini dikarenakan material ini merupakan hasil dari serutan kayu. Hal ini berbeda dengan penggunaan kayu-kayu solid atau utuh.

Minim zat beracun

Dalam pembuatannya, veneer sedikit menghasilkan material-material yang bisa membahayakan kesehatan. Jadi, kita dapat menghindari terjadinya permasalahan kesehatan akibat menghirup debu-debu kayu, serpihan-serpihan kayu atau sejenisnya.

Lain-lain

Dalam pembuatannya, veneer kebanyakan menggunakan material-material kayu yang sudah dipanen. Beberapa jenisnya pun lebih memilih untuk menggunakan kayu-kayu yang dapat dipanen dalam jangka waktu pendek.

Kelebihan dan kekurangan

(Medium)

Di bagian terakhir ini, kami akan membagikan poin-poin yang masing-masing akan menjabarkan kelebihan dan kekurangan dari produk ini.

Kelebihan

  • Punya sifat yang lebih fleksibel daripada menggunakan kayu solid. Contohnya, kita dapat mengaplikasikan material ini di bidang-bidang berbentuk melengkung.
  • Memiliki tampilan visual yang mirip dengan kayu solid, lengkap dengan alur serat-seratnya.
  • Harga material ini lebih ekonomis dibandingkan dengan material kayu solid.

Kekurangan

  • Sama seperti material kayu solid, veneer kayu juga membutuhkan perawatan lebih lanjut ketika sudah diaplikasikan. Hal ini dapat memperpanjang umur dari material tersebut.
  • Material ini tidak akan bertahan baik di area-area lembab.
  • Dapat rusak jika terserang oleh rayap.

Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.