Kamus Istilah Properti

Harga Pasar

istilah properti

Harga Pasar

Harga Pasar adalah harga yang terbentuk berdasarkan penawaran dan permintaan pasar (Market Price). Bisa juga dikatakan sebagai tinggi atau rendahnya tingkat harga yang ada atas kesepakatan produsen dan konsumen sebagai permintaan.

Apa Itu Harga Pasar?

(Fox.com)

Pada dasarnya, harga pasar adalah harga yang berasal dari penawaran dan permintaan pasar (Market Price). Harga ini didapatkan dari tinggi dan rendahnya tingkat harga yang ada atas kesepakatan produsen dan konsumen.

Harga ini biasa diartikan sebagai harga keseimbangan, yang merupakan harga ekonomi dari suatu barang atau jasa yang ditawarkan di pasar. Pendapat dari teori ekonomi menyimpulkan bahwa harga ini bertemu Ketika kekuatan penawaran bertemu dengan kekuatan permintaan.

Adapun perbedaan dari sisi penawaran dan permintaan menimbulkan munculnya harga pasar atas suatu barang atau jasa yang dapat diubah Kembali. Pada istilah perdagangan sekuritas, harga ini akan berlaku sebagaimana ditentukan oleh perdagangan terakhir. Sedangkan pada pasar obligasi, dilihat berdasarkan laporan terakhir dan tidak termasuk bunga akrual. Biasanya, terdapat 3 cara untuk menentukan market price yaitu:

  1. Menggunakan kurva permintaan dan penawaran.
  2. Menggunakan angka.
  3. Menentukannya secara matematik.

Di sisi lain, market price juga bisa membantu untuk aktivitas perdagangan sehari-hari. Dengan harga yang sudah ditetapkan sebelumnya, akan memudahkan proses jual beli.

Baca Juga:

Proses Terbentuknya Harga Pasar

Terbentuknya harga pasar adalah karena adanya kekuatan permintaan dan penawaran. Setiap terjadinya permintaan dan penawaran berada pada keseimbangan market price, jika jumlah yang diminta sama dengan jumlah yang ditawarkan. Adapun proses terbentuknya sebagai berikut:

  1. Terdapat proses tawar menawar pada suatu pasar antara penjual dan pembeli. Hal ini terjadi karena adanya kesepakatan harga produk ataupun jasa antara penjual dan pembeli.
  2. Akan terjadi jika pada harga tertentu jumlah permintaan dan penawaran suatu produk atau jasa sama, karena harga tersebut merupakan harga keseimbangan.
  3. Terbentuknya kekuatan permintaan serta penawaran yang memicu pembentukan harga pasar jika berada dalam keseimbangan. Bisa juga terjadi jika jumlah barang yang diminta sama dengan yang ditawarkan.

Itulah beberapa proses terbentuknya market price yang biasanya ditimbulkan jika terjadi kekuatan permintaan serta penawaran pasar.

Proses Penetapan Harga Pasar

(Tripadvisor)

Penetapan harga pasar tidak ditetapkan begitu saja. Harga menjadi peranan penting dalam proses jual beli produk ataupun jasa. Berikut hal yang penting untuk dipertimbangkan dalam penetapan market price, yaitu:

  1. Harga Untuk Pedagang Menengah

Setiap harga beli serta pemasaran selalu terdiri dari penyimpanan, penguatan, transportasi, risiko, biaya lain, serta keuntungan yang diharapkan.

  • Harga Untuk Pedagang Ecer

Biasanya, harga beli dan pemasaran pedagang eceran terdiri dari pendinginan, pungutan, dan biaya lain-lain. Sedangkan anggaran biaya produksi, dapat dihitung berdasarkan bahan baku, biaya overhead pabrik, dan tenaga kerja.

Begitulah kira-kira cara untuk menetapkan harga yang terjadi di pasar berdasarkan pengklasifikasian kelas pedagang yang ada. Setiap harga juga dapat berubah sewaktu-waktu.

Baca Juga: Apa Itu Monopsoni?

Pengertian Permintaan

Seperti yang dijelaskan diatas bahwa harga pasar terbentuk atas adanya permintaan dan penawaran. Selain itu, permintaan juga menjadi unsur penting atas pembentukan harga keseimbangan.

Permintaan akan muncul jika ada keinginan dari konsumen untuk membeli barang atau jasa oleh kemampuan yang dimilikinya. Sederhananya, permintaan dapat diartikan sebagai keinginan yang disertai kemampuan untuk membeli barang dan jasa dengan tingkat harga dan waktu tertentu. Terdapat 3 hal yang terkait dalam proses permintaan diantaranya:

  • Permintaan kuantitas adalah apa yang diinginkan, serta menunjukan berapa banyak yang ingin dibeli oleh seorang konsumen. Muncul karena adanya harga barang, harga barang lain, pendapatan, serta selera konsumen.
  • Keinginan dari konsumen yang dibarengi dengan kemampuan serta kesediaan untuk membeli suatu barang atau jasa.
  • Kuantitas yang diharapkan konsumen dinyatakan dalam bentuk satuan waktu.

Baca Juga:

Pengertian Penawaran

(Euronews)

Pada dasarnya, penawaran merupakan bagian dari kuantitas barang dan jasa yang tersedia serta dapat ditawarkan oleh produsen terhadap konsumen. Hal ini terjadi di setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Terjadinya penawaran berlaku jika hal-hal lain selain harga tetap atau konstan terjadi. Penawaran juga tidak mempersoalkan seberapa jauh atau dekatnya produsen. Melainkan, dilihat atas dasar kuantitas barang yang ditawarkan dan berkaitan dengan variable harga. Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi penawaran, diantaranya:

  • Kemajuan teknologi, biasanya akan membuat jumlah input yang dibutuhkan lebih sedikit, dan biaya input berkurang. Jika biaya produksi rendah maka produsen akan meningkatkan outputnya.
  • Biaya produksi, penawaran barang dan jasa berperan penting untuk memberikan pengaruh pada penawaran barang dan jasa. Jika biaya mengalami peningkatan yang tinggi, maka produsen akan mengurangi produksi dan harga berturun.
  • Persediaan sarana produksi, persediaan produksi yang berkurang akan mengganggu produksi yang dilakukan. Seperti contohnya, penawaran beras atau barang konsumsi di suatu daerah akan menurun karena banyaknya lahan pertanian yang berfungsi. Menjadikannya sebagai daerah industri.
  • Peningkatan jumlah produsen, terjadi jika penjualan suatu produk mendatangkan keuntungan, yang menyembabkan munculnya pemodal baru pada usaha yang sama. Penawaran akan semakin meningkat jika terus terjadi.
  • Peristiwa alam, peristiwa alam seperti banjir, kemarau, dan lain sebagainya akan mengurangi penawaran barang.
  • Ekspektasi, pada saat produsen memiliki ekspektasi akan situasi perekonomian yang membaik pada waktu yang akan datang, akan mempengarihi harga jual.
  • Harga barang dan jasa lain, harga ini akan terjadi pada barang atau jasa yang sifatnya komplementer atau subtitusi. Contohnya, pada harga laptop yang selalu memiliki penawaran baru.

Itulah penjelasan lengkap mengenai harga pasar, yang tentunya akan selalu dipengaruhi oleh permintaan dan penawaran. Selain itu, harga ini juga sering disebut sebagai harga keseimbangan.

Baca Juga:

Featured Image Source: PPS.org

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.