Kamus Istilah Properti

Drop Ceiling

istilah properti

Drop Ceiling

Drop ceiling adalah jenis langit-langit (plafon) sekunder yang dibuat menggantung di bawah struktur langit-langit utama.

Apa itu drop ceiling?

(HGTV)

Setelah berhasil memenuhi kebutuhan utamanya yakni menjadi tempat bernaung, area interior sebuah bangunan biasanya akan memperhatikan penambahan elemen-elemen subsider. Estetika merupakan salah satu faktor yang biasanya ingin dihadirkan dari keberadaan elemen-elemen subsider pada bagian interior.

Salah satu elemen subsider di bagian interior adalah bagian plafon. Keberadaan elemen ini akan membuat ruangan tampak lebih bersih karena akan menjadi penutup struktur bangunan bagian atas. Selain itu, plafon akan menjadi bidang untuk menahan kotoran yang masuk melalui genteng.

Jenis plafon kemudian berkembang seiring dengan berjalannya waktu. Salah satu varian dari plafon yang muncul kemudian adalah plafon drop ceiling.

Drop ceiling adalah jenis langit-langit (plafon) sekunder yang dibuat menggantung di bawah struktur langit-langit utama.

Beberapa pihak menyebut elemen konstruksi interior ini dengan istilah plafon gantung. Di dalam area yang menggantung terdapat rongga yang mana bagian tersebut dapat dimanfaatkan untuk beberapa keperluan.

Di bagian rongga ini, kita dapat menempatkan indirect lighting untuk membuat aksen pencahayaan di ruangan lebih menarik. Saat ini, jenis lampu yang sering digunakan adalah LED. Selain itu sebagai tempat untuk meletakkan sumber pencahayaan untuk keperluan estetis, kita juga menempatkan pipa, kabel, ataupun saluran pekerjaan lain agar ruangan lebih terlihat rapi.

Selain perihal estetika, plafon drop ceiling juga bisa memberikan efek akustik yang baik pada ruangan. Bentuk plafon ini dapat berfungsi untuk menyerap suara dan sebagai peredam. Untuk efek akustik yang lebih baik lagi, kita dapat mengupayakan penerapan material insulasi tambahan di beberapa bagian dari plafon ini.

Baca Juga: Up Ceiling Adalah?

Di ruangan mana drop ceiling cocok diterapkan?

(Asia Bengkel Las)

Setelah melihat gambar yang kami tampilkan dan membaca penjelasan yang sudah dipaparkan, mungkin kamu mulai mengingat beberapa ruangan dengan drop ceiling yang pernah kamu masuki. Biasanya, drop ceiling diterapkan pada beberapa ruangan di sekolah, kampus, mall, gedung pertemuan, dan lain-lain.

Selain itu, ada juga rumah-rumah yang menggunakan plafon ini di beberapa ruangannya. Pertanyaan selanjutnya yang terpikirkan yang muncul kemungkinan adalah “Jadi, ruangan rumah mana yang cocok untuk penerapan plafon ini?”.

Paling umum, plafon drop ceiling akan diterapkan di ruangan yang menjadi tempat untuk menerima tamu di rumah. Ruangan yang dimaksud bisa jadi ruangan yang berada di area paling depan untuk menerima tamu dan juga ruang keluarga.

Dari penjelasan sebelumnya, bukan berarti penerapan plafon ini tidak cocok untuk ruangan lain. Langit-langit ini bisa dipakai untuk mendukung tampilan agar sebuah ruangan sesuai dengan gaya interior tertentu.

Kelebihan dan kekurangan

Ada beberapa poin-poin yang menjadi kelebihan dan kekurangan dari penerapan elemen konstruksi ini. Poin-poin yang akan dipaparkan di bawah dilansir dari sumber therenopros.ca.

Kelebihan

(Homedecorbliss)
  • Estetika: Plafon ini memberikan estetika yang lebih menarik dibandingkan dengan plafon standar melalui permainan kontur bidang yang ditampilkan. Kita bisa menambahkan elemen-elemen dekoratif penunjang seperti indirect lighting untuk memberikan pencahayaan yang lebih atraktif.
  • Menyembunyikan kabel, pipa, atau saluran pekerjaan jenis lain: Adanya rongga yang tersedia pada plafon ini bisa kita gunakan sebagai tempat untuk menyembunyikan berbagai saluran pekerjaan. Kabel-kabel atau pipa-pipa bisa dipasang pada bagian rongga plafon sehingga tampilan interior menjadi semakin rapi.
  • Punya efek akustik untuk ruangan: Atap ini juga bisa menjadi elemen konstruksi yang berfungsi sebagai peredam dan penyerap suara. Jadi, interupsi suara dari luar ruangan bisa diperkecil persentasenya. Sementara itu, suara yang ada di dalam ruangan juga lebih sulit untuk tembus ke luar. Jika ingin membuat efek ini lebih efektif, penambahan elemen insulasi dapat dipertimbangkan.
  • Variasi bentuk: Banyak sekali bentuk yang bisa kita terapkan, begitu juga dengan aspek warnanya. Selain itu, kita bisa menggunakan juga berbagai material sebagai penunjang variasi bentuk plafon ini. Material yang bisa dipilih antara lain adalah kayu, fiber, gipsum, plastik, dan masih banyak lagi.

Kekurangan

(Architonic)
  • Lebih cepat kotor atau rusak: Dibandingkan jenis lain, plafon ini cenderung lebih cepat untuk kotor atau rusak. Noda-noda yang menempel pada panel akan cukup sulit dihilangkan. Sementara itu, jika terjadi kebocoran, atap akan berubah menjadi kuning atau kecoklatan.
  • Mengurangi dimensi ruangan: Dengan keberadaan langit-langit yang menggantung, maka dimensi pada ruangan akan menjadi lebih kecil. Untuk itu, pastikan agar membuatnya cocok dengan ukuran ruangan tempat pengaplikasiannya.
  • Harga lebih mahal: Penerapan atap ini akan membutuhkan aspek teknis yang lebih rumit dibanding dengan plafon standar. Maka dari itu, ongkos yang dikeluarkan akan lebih tinggi.

Drop ceiling bisa menjadi salah satu pilihan atap jika kamu ingin memberikan tampilan estetis tambahan pada sebuah ruangan. Plafon ini juga cocok untuk diterapkan pada area seperti ruang meeting, studio musik, dan ruangan-ruangan lain yang membutuhkan peredaman suara.

Penjelasan tadi merupakan penutup dari artikel yang membahas secara khusus tentang plafon drop ceiling. Semoga informasi yang sudah disampaikan dapat membantumu ya, Pins. Sampai jumpa di artikel Glossary Pinhome.id berikutnya!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!
Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.