Kamus Istilah Properti

Kalsiboard

istilah properti

Kalsiboard

Plafon adalah salah satu bagian rumah yang sangat penting, terutama dalam menjaga rumah agar tetap sejuk. Ya, fungsi plafon yang bisa mencegah suhu terlalu panas atau dingin masuk ke dalam rumah menjadikannya hal yang sangat penting sehingga tidak bisa sembarangan dalam memilih plafon untuk rumah. Maka dari itu penting untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kalsiboard sebelum memakainya.

Pinhome – Tidak hanya untuk mencegah terjadinya perubahan suhu ekstrem di dalam rumah, plafon juga digunakan untuk menutupi rangka atap sehingga mempercantik tampilan dalam rumah. Salah satu jenis plafon yang sering digunakan adalah kalsiboard. Mungkin banyak dari Pins yang masih belum mengetahui plafon jenis apakah ini, serta kelebihan dan kekurangan kalsiboard ini. Oleh karena itu, yuk simak penjelasannya lewat ulasan di bawah ini!

Baca Juga:

Mengenal Apa Itu Kalsiboard

kelebihan dan kekurangan kalsiboard

(UD Harga Bangunan)

Kalsiboard adalah plafon rumah yang terbuat dari papan. Material dari plafon ini adalah campuran pasir silika, semen dan serat selulosa yang kemudian dicampur dan diproses dengan temperatur tinggi sehingga jenis plafon ini dikenal akan kekuatannya. Sebenarnya, papan ini cukup banyak jenisnya, mulai dari jenis plafon untuk dinding, partisi dan masih banyak lagi. Tentunya ukuran ini disesuaikan dengan jenis dan fungsinya.

Baca juga:

Kelebihan Kalsiboard

(Ilmu Proyek)

Setelah mengenal plafon yang satu ini, selanjutnya Pinhome ingin mengajak kamu untuk lebih mengenal apa saja kelebihan dari plafon ini. Berikut daftar dari kelebihan yang plafon yang satu ini.

Lentur dan Mudah Dibentuk

Kelebihan plafon jenis ini yang pertama adalah lentur dan sangat mudah dibentuk. Bahkan plafon ini bisa digunakan pada bangun yang memiliki bentuk melengkung. Mungkin sebagian dari Pins khawatir kalau plafon bisa patah atau pecah jika digunakan untuk bangunan melengkung. Namun tenang! Karena plafon yang satu ini memiliki kekuatan yang sudah teruji.

Pemasangan yang Mudah

kelebihan dan kekurangan kalsiboard
(Arafuru)

Hal kedua yang disenangi dari plafon jenis ini adalah pemasangannya yang mudah. Hal ini karena sisi plafon lebih tipis sehingga memudahkan saat proses pemasangan. Selain itu pada sisi sambungan plafon memiliki permukaan yang sama rata sehingga mudah tersambung antara satu plafon dengan plafon lainnya meski dipasang dengan tanpa kompon.

Baca Juga:

Anti Rayap

Jika pada plafon kayu biasa nya Pins khawatir akan rayap, berbeda dengan penggunaan plafon jenis. Plafon ini memiliki keunggulan anti rayap sehingga Pins tidak perly khawatir. Bahkan material yang digunakan pada plafon memiliki sifat anti lapuk dan anti karat sehingga kamu tidak perlu memberikan perawatan ekstra pada plafon ini. 

Untuk membersihkannya, kamu hanya perlu mengelap plafon menggunakan sapu plafon atau jika terdapat noda air Pins bisa mengamplas plafon hingga halus.

Tidak Mudah Terbakar

(99.co)

Selain memiliki sifat anti rayap, anti karat dan anti lapuk, plafon ini juga tidak mudah terbakar sehingga dapat memperkecil risiko kebakaran. Hal ini karena daya tahan material plafon yang sangat kuat, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membakar plafon. Tentu hal ini bisa menjadi kelebihan yang menjadi pertimbangan kamu untuk menggunakan jenis plafon ini sebagai plafon di rumah.

Baca Juga:

Ramah Lingkungan

Hal lain yang bisa menjadi pertimbangan kamu dalam menggunakan plafon ini adalah karena plafon ini cukup ramah lingkungan. Mengapa? Karena plafon jenis ini tidak mengandung asbes sehingga tidak akan menyebabkan gangguan kesehatan terutama bagi sistem pernapasan anggota keluarga di rumah.

Kekurangan Kalsiboard

kelebihan dan kekurangan kalsiboard

(Kalsi)

Jika sebelumnya kita telah berbicara mengenai kelebihan plafon yang satu ini, maka kali ini kita akan masuk ke dalam pembahasan apa saja kekurangan dari plafon jenis ini. Apa saja itu? Simak penjelasannya di bawah ini.

Tidak Tahan Air

Meski plafon yang satu ini tahan terhadap serangan rayap, anti karat atau anti lapuk, sayangnya plafon ini tidak tahan terhadap air. Permukaan plafon dapat berubah warna atau menjadi kotor jika terkena air secara terus menerus. Oleh karena itu saat musim hujan tiba, Pins harus mulai memeriksa atap agar tidak terjadi kebocoran sehingga atap ini dapat awet dan tahan lama terutama ketika musim hujan datang.

Dapat Menyusut

kelebihan dan kekurangan kalsiboard
(Anekabangunan)

Hal lain yang harus jadi pertimbangan kamu sebelum menggunakan kalsiboard sebagai plafon adalah kemungkinan menyusutnya plafon terutama saat musim kemarau. Ukuran plafon ini bisa menyusut jika plafon mengalami suhu terlalu panas. Bahkan plafon bisa mengalami keretakan jika cuaca terlalu panas. 

Hal ini karena pori-pori plafon dapat mengecil sehingga pelan-pelan plafon akan mengalami keretakan. Kamu bisa mengatasi risiko menyusut atau keretakan plafon dengan penggunaan AC (Air Conditioner) yang bisa membuat suhu udara di ruangan lebih sejuk.

Baca Juga:

Harga yang Tidak Murah

Hal terakhir yang harus menjadi pertimbangan kamu sebelum menggunakan plafon ini adalah harganya yang cukup mahal. Jika Pins memiliki budget yang tidak terlalu besar, hal ini harus menjadi pertimbangan. Pins bisa mengeluarkan biaya sekitar 57-65 ribu rupiah untuk satu lembar ukuran plafon 1,2 x 2,4 m.

Itulah informasi mengenai apa itu kalsiboard serta kelebihan dan kekurangan dari plafon jenis ini. Semoga dengan informasi di atas bisa menambah pengetahuan kamu tentang plafon yang satu ini dan membuat kamu menentukan penggunaan plafon yang tepat untuk di rumah dengan sangat matang.

Baca Juga:


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.