Kamus Istilah Properti

Biaya Provisi

istilah properti

Biaya Provisi

Biaya provisi adalah komponen biaya tambahan saat pengajuan kredit di bank yang dibebankan kepada debitur.

Apa Itu Biaya Provisi?

biaya provisi
(Clix Capital)

Ketika mengajukan pinjaman seperti KPR, ada beberapa komponen biaya yang dibebankan kepada debitur, salah satunya biaya provisi. Di dalam KBBI, provisi adalah biaya, upah, atau imbalan.

Sederhananya, biaya ini dibayarkan di luar jumlah pinjaman oleh peminjam kepada bank sebagai imbalan atas jasa yang dilakukan oleh pihak bank. Misalnya jasa ketikan pinjaman saat disetujui oleh bank, sebagai upah karena sudah menyetujui pinjaman, atau biaya administrasi lainnya. 

Besarannya bervariasi pada masing-masing bank. Tetapi, umumnya sebesar 1% dari total pinjaman KPR dan harus dibayarkan sebelum kredit dijalankan.

Selain KPR, biaya provisi juga muncul pada jenis pinjaman lain, seperti Kredit Tanpa Agunan maupun Kredit Multi Guna.  

Namun, pada artikel kali ini kita akan fokus membahas biaya provisi KPR, ya, Pins! 

Syarat Pengenaan Biaya Provisi KPR

biaya provisi KPR
(iProperty)

Untuk lebih memahami terkait provisi untuk KPR, Pins bisa melihat syarat pengenaannya sebagai berikut:

Dibayarkan Satu Kali Saat Awal Pengajuan

Seperti yang sudah dijelaskan, Pins yang mengajukan KPR wajib membayar biaya tambahan satu ini. Biaya tambahan ini dibayarkan kepada bank hanya sekali, yaitu ketika awal pengajuan. Lebih tepatnya, setelah permohonan KPR-mu disetujui pihak bank, dana yang diterima otomatis terpotong. 

Bisa dibilang, provisi adalah biaya administrasi ketika awal pinjaman yang dibayar satu kali secara tunai sebelum akad kredit dilakukan. 

Besarannya Tidak Terlalu Besar

Sifat provisi sebagai komponen dana tambahan pada KPR, maka persentase jumlah dananya memang cenderung lebih kecil. Pada pinjaman KPR, bank biasanya mematok di kisaran 0,5% sampai 3,5% dari jumlah pinjaman yang disetujui. 

Penentuan persentase ini bervariasi di tiap bank. Namun, rata-rata pada pinjaman KPR hanya berkisar yaitu 1% saja. 

Digunakan Sebagai Jasa untuk Bank   

Provisi berbeda dengan biaya administrasi yang umumnya dibayarkan sebelum proses pengurusan KPR dilakukan. Biaya administrasi biasanya sudah dipatok sesuai dengan keperluan bank dalam mengurus dokumen dan proses pengajuan KPR.

Sementara biaya provisi dibayarkan sebagai jasa untuk pihak bank karena sudah mengurus KPR kita sampai disetujui. Penggunaannya untuk komisi marketing, biaya fotokopi, dan sebagainya.

Daftar Biaya Provisi KPR di Berbagai Bank 

(Sobha Limited)

Setiap bank memiliki aturan tersendiri terkait persentase provisi. Berikut ini daftar tarif provisi dari berbagai bank di Indonesia untuk Pins jadikan referensi ketika mengajukan pinjaman: 

Provisi KPR Subsidi

Dibandingkan jenis KPR konvensional, biaya subsidi untuk KPR Subsidi lebih rendah. Bank yang menawarkan produk KPR Bersubsidi, seperti Bank Mandiri dan BTN, membebankan biaya tambahan ini sebesar 0,5% dari total pinjaman yang disetujui.

Provisi Bank Mandiri 

Untuk produk Mandiri KPR, debitur diharuskan membayar provisi sebesar 1% dari pinjaman yang sudah disetujui. Pinjaman ini merupakan KPR yang ditujukan untuk nasabah yang akan membeli rumah, apartemen, ruko, perumahan. 

Provisi Bank BCA 

Biaya tambahan BCA tergantung dari durasi peminjaman yang dilakukan dengan persentase 1% dari total pinjaman yang disetujui. Saat ini produk KPR BCA ada KPR BCA Fix and Cap. Layanan pinjaman ini bisa untuk rumah, baik baru maupun bekas.  

Provisi Bank BRI

Pada produk KPR-nya, Bank BRI menetapkan aturan provisi sebesar 1% dari nilai pinjaman yang disetujui. Tetapi, untuk pinjaman lainnya seperti kredit kendaraan bermotor, Bank BRI menjadikannya gratis biaya tambahan. 

Provisi BTN 

KPR menjadi produk unggulan yang dimiliki oleh Bank BTN. Besaran komponen provisi KPR dari Bank BTN berkisar antara 0,5% sampai 1%. Untuk produk KPR BTN Subsidi dan BP2BT, besarannya 0,5%. Sementara untuk KPR BTN Mikro, besaran biaya tambahannya yaitu 1% dari total pinjaman yang disetujui.

Provisi BNI

Selanjutnya bank BNI yang juga membebankan 1% provisi untuk produk pinjaman KPR. Produk bernama BNI Griya digunakan untuk pembelian rumah, apartemen, ruko, renovasi rumah, atau take over properti lainnya dengan total kredit hingga Rp20 miliar. 

Cara Menghitung Biaya Provisi

biaya provisi
(Forbes)

Perhitungan provisi sebenarnya sangatlah mudah. Walaupun persentasenya bervariasi, tetapi perhitungannya tetaplah sama. 

Sebagai ilustrasi, berikut ini cara menghitung biaya provisi: 

Pins mengajukan produk BNI Griya di Kota Bekasi, Jawa Barat. Pinjaman yang disetujui adalah Rp300 juta. Sesuai syaratnya, BNI menetapkan persentase provisi sebesar 1%. Berikut ini perhitungannya:

  • Jumlah pinjaman yang disetujui: Rp300.000.000
  • Provisi: 1%
  • Biaya provisi yang dibayarkan: 1% x Rp300.0000.000 = Rp3.000.000

Jadi, sebelum akad, Pins harus membayarkan Rp3 juta secara tunai sebagai provisi. 

Gratis Biaya Provisi, Ini Syaratnya 

Ketika mengajukan pinjaman, sejumlah developer memasukan gimmick pemasaran gratis berbagai biaya, termasuk provisi. Memang, hampir setiap bank membebankan provisi sebagai komponen tarif tambahan ketika pengajuan kredit.

Tetapi ada satu kondisi di mana komponen provisi ini menjadi gratis. Berikut ini cara mendapatkan gratis provisi saat mengajukan pinjaman, seperti KPR: 

  • Beberapa bank memberikan gratis provisi pada produk tertentu dan dalam periode waktu tertentu juga. Maka dari itu, Pins harus selalu update berita dari pihak bank pinjaman kredit yang sudah dipilih. 
  • Jika Pins sudah memiliki pekerjaan tetap, biasanya akan lebih mudah dalam mendapatkan gratis provisi dari pihak bank asalkan mengajukannya. 
  • Pebisnis juga bisa mendapatkan gratis provisi, dengan syarat penghasilan di atas Rp3 juta sesuai ketentuan pihak bank. 
  • Standar penerima gratis provisi adalah sekitar 21 – 51 tahun. Jadi. jangan harap mendapatkan biaya ini jika sudah memasuki usia pensiun ketika mengajukan kredit. 
  • Meskipun tidak bisa gratis, ada beberapa bank yang menghadirkan promo potongan biaya ini dengan syarat tertentu. Lagi-lagi, Pins harus update informasi. 

Jika Pins tak mau ketinggalan informasi terkait promosi ini, maka bisa mengikuti seluruh akun media sosial bank yang dituju. Selain itu, Pins juga bisa follow akun media sosial Pinhome juga. Sebab, Pinhome selalu memberikan update terkini jika ada promosi tertentu. 


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.