Kamus Istilah Properti

Demplot

istilah properti

Demplot

Demplot (demonstration plot) adalah aktivitas penyuluhan pertanian di suatu wilayah dengan cara memperkenalkan dan memperagakan.

Apa itu demplot?

(Pertanian)

Demplot (demonstration plot) adalah aktivitas penyuluhan pertanian di suatu wilayah dengan cara memperkenalkan dan memperagakan. Tujuan dari pengupayaan aktivitas ini biasanya akan disesuaikan dengan kebutuhan dari suatu wilayah ataupun program yang direncanakan dan dirancang oleh pemerintahan yang diwakili oleh Dinas Pertanian.

Dalam acara penyuluhan, biasanya pihak penyuluh akan memperkenalkan keterampilan, varietas, teknologi, dan pupuk yang bisa dimanfaatkan dalam aktivitas pertanian. Upaya seperti ini dianggap sebagai cara tercepat untuk mentransfer informasi, keahlian dan produk yang dibawa oleh penyuluh.

Beberapa program yang direncanakan oleh pemerintah terkait dengan aktivitas ini punya hubungan yang kuat dengan tingkat produksi bahan-bahan pangan. Diharapkan dengan adanya upaya demonstrasi yang dilakukan akan terjadi peningkatan baik secara kualitas maupun kuantitas produksi.

Umumnya aktivitas penyuluhan ini akan dilakukan di daerah yang punya basis pertanian kuat. Akan tetapi, tidak menutup kemungkinan juga penyelenggaraannya diadakan di daerah-daerah yang memiliki potensi pertanian namun masih belum dimanfaatkan dengan maksimal.

Siapa penyelenggara demplot?

(Kemitraan Lanskap)

Seperti yang disinggung pada bagian sebelumnya, penyelenggara upaya demonstrasi ini biasanya dilakukan oleh Dinas Pertanian. Akan tetapi, ada kemungkinan juga aktivitas ini diadakan oleh komunitas, badan, atau instansi yang punya kepentingan dan minat dalam sektor pertanian. Beberapa komunitas, badan, atau instansi yang dimaksud antara lain kelompok tani, organisasi kemanusiaan, institusi pendidikan, maupun perusahaan-perusahaan produk pertanian.

Informasi yang didapatkan dalam penyuluhan

(Bisnis)

Dalam aktivitas sosialisasi yang dilakukan melalui penyuluhan, banyak informasi, pengetahuan, dan keterampilan yang bisa didapatkan oleh para pesertanya. Pada dasarnya, para pelaku di sektor pertanian membutuhkan cara yang paling presisi untuk membudidayakan tanaman, produk-produk serta teknologi pertanian yang tepat guna, dan manajemen lahan yang sesuai dengan kondisi.

Salah satu contoh informasi yang dibagikan dalam acara penyuluhan adalah penggunaan pupuk. Petani diberikan informasi bagaimana cara menggunakan pupuk dengan presisi, dalam artian penggunan pupuk dengan tepat. Apabila terlalu banyak digunakan, biaya untuk pembelian pupuk dapat menaikkan ongkos produksi dari petani. Sedangkan, jika terlalu sedikit, hasil dari budidaya yang dilakukan kualitasnya tidak akan maksimal.

Contoh lain dari informasi yang disampaikan dalam sebuah acara demonstration plot adalah pemanfaatan lahan rumah untuk membudidayakan tanaman-tanaman yang memiliki permintaan pasar tinggi. Beberapa wilayah yang rumah-rumah penduduknya memiliki pekarangan cukup luas, ternyata masih belum dimanfaatkan dengan maksimal. Adanya informasi ini diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dari petani.

Contoh program penyuluhan

(Detik)

Setiap program penyuluhan boleh jadi mempunyai susunan acara yang berbeda satu dengan yang lain. Susunan acara akan sangat bergantung dengan pihak penyelenggara dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Pada bagian ini, akan dibagikan salah satu contoh program penyuluhan dari aktivitas demonstration plot untuk para pelaku pertanian. Program penyuluhan yang dimaksud adalah sebagai berikut:

MetodeSasaran penyuluhanOutput yang dikehendaki
Rapat atau pertemuan bersamaMassaKesadaran minat
SeminarMassaKesadaran minat
Pemutaran materi videoMassaKesadaran minat
Diskusi dengan kelompok taniKelompok kecilPeragaan atau percobaan secara langsung
Temu karya antar kelompok taniKelompokPeragaan atau percobaan secara langsung
Demonstrasi atau praktek materiKelompok kecilPeragaan atau percobaan secara langsung
Kunjungan ke tiap-tiap rumahIndividu Pengadopsian materi
Kunjungan ke usaha taniIndividuPengadopsian materi
Hubungan melalui sambungan teleponIndividuPengadopsian materi

Tujuan diadakannya demplot

(Republika)

Dari pelaksanaan penyuluhan dengan cara demonstration plot, hasil yang diharapkan adalah para petani dapat mengadopsi informasi, teknologi, ilmu, dan keterampilan yang sudah diperagakan dalam susunan acara. Dengan disampaikannya informasi dalam susunan acara, keluaran yang diharapkan dari pengadopsian adalah hasil produksi pertanian di wilayah tersebut yang makin membaik.

Penyelenggara juga ada kemungkinan untuk mengajak para petani mengadopsi varietas atau produk-produk tani yang digunakan sebagai bahan dan alat peraga. Hal ini sangat bergantung dengan intensi dari pihak penyelenggara mengadakan acara tersebut.

Permasalahan-permasalahan yang coba diatasi lewat demplot

(Gencil)

Penggunaan beberapa produk pupuk dan anti hama yang sudah lama diaplikasikan di lahan-lahan pertanian Indonesia ternyata cukup membawa masalah. Jika dilihat statistik produksinya, lahan-lahan yang menggunakan produk-produk yang dimaksud produktivitasnya menurun dari waktu ke waktu. Hal ini dikarenakan beberapa produk tersebut ternyata mempunyai efek yang merusak pada tanah.

Beberapa penyuluhan yang diselenggarakan mempunyai target untuk mengatasi permasalahan tersebut. Dalam program penyuluhan, petani diberikan informasi mengenai cara mengolah lahan-lahan yang sudah terlanjur rusak dan mencoba mengajak untuk menggunakan produk-produk yang lebih aman untuk tanah.

Persebaran virus COVID-19 yang berlangsung sejak tahun 2020 silam juga berimbas pada sektor pertanian. Tingkat produktivitas petani cenderung menurun, namun permintaan di pasar akan komoditas pangan dari sektor pertanian masih tinggi. Maka dari itu Dinas Pertanian menyelenggarakan acara-acara demplot untuk menjawab permasalahan produksi di masa pandemi.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.