Kamus Istilah Properti

Vitrase

istilah properti

Vitrase

Vitrase adalah tirai berbahan kain halus yang umum digunakan untuk mempercantik jendela. 

Apa itu Vitrase

Vitrase
(Pixabay)

Vitrase adalah tirai berbahan kain halus yang umum digunakan untuk mempercantik jendela. Sementara itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, vitrase adalah kain tipis, tembus pandang, digunakan sebagai gorden. 

Vitrase terbuat dari bahan yang ringan dan tipis. Bahan yang digunakan untuk membuat vitrase adalah renda, kain parasut sutra, organdi, nilon, nilon polyester, katun tipis dan kain sintetis. Pada umumnya, vitrase dipasang untuk melapisi gorden. Penggunaan vitrase lebih untuk mempercantik tampilan rumah, sebab kainnya lebih tipis.

Mengenal Material Vitrase 

Vitrase
(MaxPixel)

Vitrase umumnya terbuat dari bahan atau kain yang lebih tipis. Berikut beberapa material yang biasa digunakan untuk membuat vitrase. 

Kain Muslin

Kain muslin adalah kain yang berbahan katun halus. Dalam pembuatan vitrase, biasanya dipilih kain muslin yang tipis. 

Kain Lace

Kain lace memiliki sifat elastis dan materialnya berbentuk seperti jaring. Umumnya, kain lace dipakai untuk membuat dress atau pakaian wanita. Berkat motifnya yang cantik, kain lace cocok digunakan untuk membuat vitrase. Pengguna vitrase bermaterial lace akan membuat jendela lebih cantik. 

Kain Voile

Kain voile terbuat dari campuran kain katun dan linen. Kain voile memiliki tekstur yang lembut, sehingga sering digunakan untuk membuat jilbab (selain vitrase). Kain voile sering keliru dengan kain muslin, tetapi keduanya berbeda. Kain voile memiliki tenunan yang lebih rapat, sehingga efeknya ringan dan mengembang. 

Kain Organdi 

Kain organdi juga dikenal dengan nama kain kaca. Kain organdi terbuat dari serat nilon dan polyester. Tekstur kain ini cukup kaku dan mengilat, sehingga mudah kusut jika digunakan untuk membuat vitrase. 

Fungsi Vitrase pada Interior Rumah 

Vitrase
(Pixabay)

Vitrase memiliki beberapa fungsi dalam interior rumah. Berikut uraiannya. 

Menghalau Sinar Matahari

Vitrase dapat digunakan untuk mengurangi atau menghalau silau matahari yang masuk ke dalam ruangan. Meski begitu, penggunaan vitrase tidak membuat ruangan menjadi gelap. Sebab, kainnya cukup tipis dan halus. 

Mempercantik Interior rumah

Vitrase dapat menjadi pilihan jika Pins ingin mempercantik ruangan. Khususnya di area jendela atau pintu. Vitrase memiliki beberapa bentuk dan motif yang berbeda, sehingga pemilihannya bisa disesuaikan dengan tema rumah. 

Vitrase cocok menjadi pendukung tampilan gorden agar lebih cantik dan elegan. Penggunaannya bisa membuat ruangan lebih indah.

Penyamar Interior Rumah

Vitrase dapat membuat interior rumah terlihat lebih samar jika dilihat dari luar. Secara tidak langsung, hal tersebut dapat membuat privasi Pins terjaga. 

Pembatas Ruangan

Vitrase juga dapat difungsikan sebagai pembatas atau sekat ruangan. Penggunaanya mirip seperti gorden, tetapi vitrase lebih tembus pandang. 

Pelapis Gorden

Fungsi utama vitrase sebetulnya adalan pelapis gorden. Penggunaan vitrase pada gorden dapat membuat area dalam rumah lebih gelap. Beberapa orang, bahkan kerap membuka gorden tanpa membuka vitrase. Hal ini umum dilakukan untuk menghalau cahaya yang masuk. 

Tips Memilih Vitrase untuk Interior Rumah

Vitrase
(Pixabay)

Berikut tips memilih vitrase yang sesuai dengan kebutuhan rumah:

  1. Sesuikan warna dan motif vitrase dengan gorden atau tirai yang digunakan di rumah; 
  2. Gunakanlah vitrase dengan tekstur yang tipis dan lembut agar dapat menyaring udara dengan baik; 
  3. Sebelum membeli, pastikan Pins sudah mengukur panjang dan lebar jendela agar besaran vitrase pas dan sesuai; 
  4. Belilah vitrase dengan motif yang sama agar tampilan serasi.
  5. Pilihlah vitrase yang serasi dengan gorden dan konsep rumahmu. Hindari membeli vitrase yang terlalu ramai karena dapat membuat ruangan tampak penuh; 
  6. Pilihlah vitrase dengan warna yang sesuai nuansa ruangan;
  7. Jika masih ragu, kamu bisa membeli contoh kain vitrase terlebih dulu; 
  8. Jika ingin vitrase yang berbeda dan benar-benar pas sesuai ruangan, kamu bisa menjahitnya sendiri dari bahan kain.

Tips Merawat Vitrase agar Tidak Cepat Rusak dan Kotor 

Vitrase
(Pixabay)

Vitrase harus sering dibersihkan agar tidak kotor, berdebu, dan menguning. Pasalnya, kain vitrase cukup tipis dan lembut. 

Berikut cara merawat vitrase supaya tahan lama dan tidak cepat rusak: 

  1. Vitrase harus rutin divakum agar bebas dari debu dan kotoran. Lakukan proses vakum tersebut minimal satu kali dalam seminggu; 
  2. Sebelum dicuci, cobalah untuk mengelap vitrase terlebih dulu menggunakan kain basah untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel;
  3. Vitrase polos dapat dicuci dengan mesin cuci supaya praktis. Sementara itu, vitrase bermotif sebaiknya dicuci manual menggunakan tangan. Sebab, motifnya bisa rusak jika dicuci menggunakan mesin cuci;
  4. Rendam vitrase yang kotor dan mulai menguning menggunakan oxy powder atau campuran baking soda, cuka, dan lemon;
  5. Pencucian dan perendaman vitrase dapat menggunakan air hangat, agar lebih efektif untuk membersihkan nodanya;
  6. Setelah dicuci, pastikan vitrase dijemur hingga kering. Cara menjemurnya yakni dengan digantung seperti menggantung gorden, agar tidak ada lipatan pada kainnya; 
  7. Jangan lupa pula untuk mencuci besi atau tiang yang digunakan untuk menggantung vitrase. Hal ini perlu dilakukan agar tiang tidak berkarat dan membekas di vitrasenya.

Selain beberapa hal di atas, penting untuk mengetahui material vitrase yang digunakan. Sebab, masing-masing bahan atau kain membutuhkan metode perawatan yang berbeda. Jadi, perlakuan atau perawatannya pun bisa jadi berbeda pula. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.