Kamus Istilah Properti

Boulevard

istilah properti

Boulevard

Boulevard adalah sebuah jalan besar, biasanya jalan utama yang umumnya berada pada sebuah kompleks perumahan. 

Apa itu Boulevard?

(Archfy)

Boulevard adalah sebuah jalan besar, biasanya jalan utama yang umumnya berada pada sebuah kompleks perumahan. 

Boulevard berasal dari bahasa Perancis yang memiliki arti sejenis jalan raya yang mengelilingi pusat kota mengikuti garis tembok kota tua atau bekas tembok kota. Istilah boulevard pertama diperkenalkan dalam bahasa Prancis pada tahun 1435 sebagai boloard dan sejak itu berubah menjadi boulevard. 

Di Amerika, istilah boulevard biasanya ditujukan perumahan mewah. Sementara untuk untuk kompleks perumahan biasa disebut drive. 

Adapun di Indonesia, boulevard disebut juga Adimarga. Terdapat beberapa boulevard yang populer di Indonesia seperti Boulevard Kelapa Gading, Boulevard Palem Raya, hingga Boulevard Gajah Mada. 

Ciri-ciri Boulevard 

(housing-property)

Boulevard memiliki sejumlah kriteria dan ciri khas, diantaranya:

  • Berada di jalur utama dan cenderung ramai. 
  • Lajur yang lebar. 
  • Biasanya dibelah oleh median di tengah jalan.
  • Jalan kecil di setiap tepiannya digunakan sebagai lajur lambat, sarana parkir, jalur sepeda, dan pejalan kaki.
  • Jalan besar yang berada sepanjang tepinya ditumbuhi pepohonan dan tanaman pembatas. 

Pada kawasan boulevard yang lebih besar dan sibuk biasanya memiliki median jalan. Median jalan berfungsi sebagai bagian bangunan jalan yang secara fisik memisahkan dua jalur lalu lintas yang berlawanan arah. 

Kelebihan Rumah yang Berada di Boulevard 

(CASA Indonesia)

Memiliki hunian di area boulevard punya berbagai keuntungan. Berikut ini diantaranya: 

Mudah dalam Akses dan Fasilitas Umum 

Keuntungan yang paling akan terasa saat memiliki rumah boulevard adalah mudahnya akses dan tersedianya fasilitas umum. Pins tidak perlu berjalan jauh atau berkendara lama untuk menemukan terminal, sekolah, halte bus, kendaraan, dan lainnya.

Bahkan, mungkin hanya dengan menyeberang jalan fasilitas umum yang dibutuhkan pun sudah bisa ditemukan. Jadi lebih hemat waktu dan tenaga, bukan? 

Nilai Investasi yang Tinggi 

Bukan lagi rahasia kalau rumah yang berada di lokasi strategis dengan akses yang mudah seperti berada di area boulevard memiliki harga jual yang lebih mahal. 

Selain itu, harga juga akan semakin tinggi kalau rumah telah direnovasi dan memiliki beberapa fasilitas pendukung lainnya. 

Prospek Bisnis yang Menarik

Memiliki rumah di area boulevard adalah peluang menarik untuk berbisnis. Sebab, dalam sebuah area komplek, rumah boulevard berada di lokasi utama yang sangat strategis.

Pins bisa mencoba berbisnis berbagai macam seperti laundry, coffee shop, hingga minimarket. Saat memutuskan menjadi rumah sebagai tempat berbisnis, pastikan punya area parkir agar tidak membuat jalan depan rumah menjadi macet, ya! 

Bermanfaat dalam Keadaan Darurat 

Keuntungan memiliki rumah boulevard juga akan terasa jika Pins dihadapkan pada keadaan darurat. Bayangnya saat terjadi hal darurat seperti ada anggota keluarga yang sakit atau kebakaran, maka Pins akan mudah mendapat pertolongan. 

Hal ini tentu akan sulit jika punya rumah yang ada di dalam gang. Proses penanganan situasi  darurat akan lebih merepotkan. 

Kekurangan Rumah di Boulevard

Selain kelebihannya, punya rumah di area boulevard juga punya kekurangan, berikut ini diantaranya:  

  • Berada di pinggir jalan rentan dengan polusi udara dan debu. 
  • Lebih bising karena banyaknya kendaraan dan orang-orang yang berlalu lalang. 
  • Rentan terkena kecelakaan sehingga jika memiliki anak kecil, harus lebih waspada mengawasi mereka bermain di luar rumah. 

Tips Nyaman Tanpa Bising Saat Tinggal di Area Boulevard

(lennar.com)

Untuk mengatasi kekurangan dari rumah boulevard, Pins bisa menyiasatinya dengan beberapa cara berikut ini: 

Pilih Pagar yang Tepat dan Kokoh 

Selain sebagai hanya sebagai pembatas antara antara rumah dan lingkungan disekitarnya, pada rumah boulevard maupun yang berada di jalan raya, pagar punya fungsi lainnya. Salah satunya mengurangi debu yang massif masuk ke rumah dari jalan raya.

Pilihlah desain pagar yang rapat untuk melindungi rumah dari debu dan suara bising. Selain itu, pastikan pagar juga kuat dan kokoh. Tujuannya untuk menghindari masalah kendaraan yang sedang melintas seperti rem blong.  

Menambahkan Tanaman Rambat di Area Pagar

Kebisingan menjadi masalah utama memiliki rumah di area boulevard. Tapi Anda bisa menyiasatinya dengan membuat peredam alami dari tanaman rambat. 

Anda bisa menanam tanaman rambat di bagian pagar. Tidak hanya memperindah bagian depan rumah, tanaman rambat juga bisa menjadi penghalang bagi suara dan debu untuk masuk ke dalam rumah.  

Area Taman di Depan Rumah 

Agar rumah bebas dari polusi, Pins bisa menambah tanam di depan rumah. Tak perlu berukuran besar, taman ini bisa berupa ruang tambahan yang berada di depan rumah. Tujuannya untuk menghindari polusi yang masuk ke rumah.  

Pins juga bisa mengganti paving block dengan tanaman rumput yang tidak rata, fungsinya untuk menahan bising suara dan debu agar tidak bersarang di rumah Anda.

Jangan lupa untuk rutin menyiram area luar rumah setiap sore hari agar dbeu tidak mengumpul dan terbang masuk ke dalam rumah. Siram bagian jalanan yang berjarak 1 meter dari pagar dan area lain seperti pagar dan teras. 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.