Kamus Istilah Properti

Depot

istilah properti

Depot

Depot adalah ruangan yang dijadikan sebagai tempat penyimpanan barang-barang.

Jika Anda memiliki banyak barang yang tidak bisa disimpan di rumah, maka Anda bisa simpan di depot ini. Selain jadi tempat penyimpanan, tempat ini juga bisa jadi lokasi berjualan. Untuk tujuan ini ah, depot  dibangun terpisah bangunan utama.

Apa Saja Manfaat Depot?

Setiap bangunan pastinya punya manfaat yang berbeda-beda, begitu juga depot. Apa saja manfaatnya? Simak dibawah ini!

Tempat Berjualan

Berjualan di dalam rumah akan sangat repot. Mengapa? Karena barang dagangan Anda bisa berantakan dan tercampur dengan perabot rumah. Tetapi, jika Anda berjualan di depot, Anda tidak akan repot. Rumah Anda akan tetap rapi dan tidak terganggu, karena tempat ini biasanya terpisah lokasinya. Anda bisa berjualan kebutuhan sehari-hari di depot kecil depan rumah Anda.

Tempat Penyimpanan Barang

Selain jadi tempat berjualan, depot juga dapat jadi tempat untuk menyimpan barang-barang atau gudang. Untuk barang yang disimpan di tempat ini, bisa Anda kondisikan tergantung luas lokasi. Jika bangunan tidak terlalu luas, Anda bisa memanfaatkannya menjadi tempat menyimpan barang dagangan atau perabotan rumah yang sudah tidak terpakai. Jika luas tempatnya lebih besar, Anda bisa jadikan depot sebagai gudang menyimpan barang logistik.

Inilah 2 Keuntungan Mempunyai Depot!

Memang tidak semua masyarakat punya depot, tetapi memiliki depot banyak keuntungannya, lho! Apa saja? Berikut 2 keuntungan memiliki depot di rumah Anda.

Barang Tertata Rapi

Memiliki depot membuat barang jadi lebih tertata rapi. Tidak percaya? Sebelum Anda memiliki depot, mungkin Anda kerepotan menata barang-barang yang ada di rumah. Apalagi jika barang-barang tersebut sudah tidak terpakai lagi. 

Tentunya, tumpukan barang membuat rumah Anda terlihat sumpek. Jika Anda memiliki depot, rumah Anda tidak akan berantakan lagi. Sebab barang-barang yang tidak dipakai bisa Anda simpan di tempat ini.

Memperoleh Penghasilan Tambahan

Memiliki depot bisa menambah pendapatan Anda perbulan. Bagaimana caranya? Karena selain jadi lokasi penyimpanan barang, depot juga dapat dijadikan tempat berjualan. Untuk Anda yang ingin mendapat penghasilan tambahan, bangunlah tempat ini di dekat rumah. Depot bisa dijadikan sebagai toko kelontong kecil yang menjual sembako atau menjual makanan dan minuman yang sudah jadi. 

Tips Jitu Membangun Depot 

Membangun sebuah tempat tidak boleh sembarangan. Jika dibangun tanpa kaidah yang baik, desain depot Anda bisa tidak efektif. Pergerakan dalam depot bisa menghambat fungsi dari depot itu sendiri. Agar depot Anda fungsional, ikuti beberapa tips berikut ini!

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sebelum Anda membangun sesuatu, carilah tahu dulu keinginan Anda terhadap bangunan tersebut. Untuk depot, jika Anda ingin menjadikan depot sebagai penyimpanan saja, maka, desain bangunan Anda tidak perlu yang terlalu rumit. 

Depot sebagai gudang hanya memerlukan dinding, lantai, dan atap tanpa perlu sekat. Sedangkan, jika Anda ingin menjadikan depot Anda sebagai tempat berjualan, Anda perlu memikirkan adanya ruang lain. Selain, kamar mandi, tentunya Anda perlu memperhitungkan tempat menaruh rak, etalase, kursi, dan meja.

Pilih Lokasi Pembangunan Yang Tepat

Hal lain yang sebaiknya tidak luput dari pemikiran Anda adalah lokasi pembangunan. Lokasi pembangunan depot sebaiknya tidak terlalu jauh dari rumah Anda. Selain mempertimbangkan faktor keamanan, Anda bisa mencapai depot Anda dengan berjalan kaki saja. Namun, jangan membangun depot terlalu dekat dengan rumah Anda. Karena lokasi yang terlalu dekat dapat mengurangi privasi rumah dan membuat para penghuni tidak nyaman.

Trik Jitu Merawat Depot 

Mempunyai Depot pastinya akan sangat membantu pemilik rumah. Agar tempat dapat berfungsi seperti pertama kali dibangun, maka Anda harus merawat depot Anda dengan baik. Merawat tempat ini tidak sesulit merawat rumah. Berikut tips jitu merawat depot agar tetap bagus dan bersih

Pastikan Sirkulasi Udara Selalu Lancar

Sebagai pemilik tempat, Anda harus memastikan sirkulasi udara depot Anda tidak terhambat. Udara yang pengap dapat mengakibatkan tumbuhnya jamur dan lumut. Barang yang disimpan di tempat ini dapat rusak jika terkena jamur dan lumut. 

Agar sirkulasi udaranya baik, simplenya, Anda tinggal buka saja pintu dan jendela di tempat tersebut. Jangan lupa beri ruang untuk exhaust dan lubang untuk cahaya matahari masuk.

Rutin Bersihkan Lantai

Jangan lupa, bersihkan lantai depot Anda secara rutin. Membersihkan lantai adalah kegiatan wajib, sebab kuman dan bakteri akan menempel di lantai kalau tidak pernah dibersihkan. Depot yang bersih membuat pembeli betah berbelanja di depot Anda.

Itu tadi pembahasan tentang depot. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. 

Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang! Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Aileen Velishya

Editor: Achlisia