Kamus Istilah Properti

Ekuitas

istilah properti

Ekuitas

Ekuitas adalah kekayaan bersih dari suatu perusahaan yang menjadi hak dari seorang pemilik perusahaan yang berasal dari aset perusahaan tersebut. Jumlah ekuitas didapatkan jika perusahaan telah memenuhi semua kewajibannya dalam neraca terbayarkan.

Apa Itu Ekuitas?

(Lifepal.co.id)

Secara Bahasa ekuitas merupakan kekayaan bersih dari suatu perusahaan dan harta tersebut menjadi milik dari seorang pemilik perusahaan. Dari mana harta itu berasal? Ekuitas didapatkan dari jumlah pendapatan bersih perusahaan setelah membayarkan semua kewajibannya.

Dalam ilmu ekonomi, ekuitas merupakan suatu hak pemilik akan aset perusahaannya setelah dikurangi liabilitas dalam neraca. Dapat juga diartikan sebagai kekayaan entitas bisnis atau modal perusahaan (Ekuitas = Aset – Liabilitas).

Sejumlah uang yang telah didapatkan dari hasil ekuitas ini akan dikembalikan kepada pemegang saham perusahaan, setelah dikurangi hutang dan kewajiban. Istilah ini didapatkan dari kata equity atau equity of ownership dengan arti kekayaan bersih perusahaan.

Berdasarkan standar dari akuntansi keuangan (PSAK No.21), istilah ini diartikan sebagai bagian hak pemilik dari suatu perusahaan. Dihitung berdasarkan selisih dari aset dan kewajiban, serta bukan bagian dari nilai jual perusahaan. Asal dari equity itu sendiri berdasarkan investasi pemilik dan hasil usaha perusahaan. Selain itu juga akan mengalami pengurangan karena adanya penarikan Kembali penyertaan oleh pemilik, kerugian, ataupun keuntungan.

Baca Juga:

Pengertian Ekuitas Menurut Para Ahli

Equity tidak hanya dapat diartikan secara istilah dan Bahasa saja, berikut pengertiannya menurut para ahli:

  • Freddy Samuel Kawatu

Ekuitas yaitu salah satu pos utama dalam neraca pemerintah daerah, diluar dari kewajiban dan aset.

  • Bachtiar dan Nurfadila

Ekuitas adalah modal perusahaan yaitu hak residu aset perusahaan telah dikurangi kewajiban. Bisa juga diartikan sebagai suatu sumber dana perusahaan yang berasal dari pemegang saham atau pemilik perusahaan, juga laba yang diperoleh perusahaan.

Jenis-Jenis Ekuitas

(Detik.com)

Kekayaan bersih perusahaan atau equity dibagi menjadi beberapa jenis, dengan nilai yang bisa digunakan untuk perhitungan dan analisis keuangan. Berikut beberapa jenis ekuitas:

1. Ekuitas Pemegang Saham

Merupakan nilai dari total aset yang akan dikembalikan kepada pemegang saham jika telah terlikuidasi serta kewajiban perusahaan terbayarkan. Bisa juga dijadikan sebagai factor penentu atas kondisi keuangan perusahaan dan nilai dari perusahaan itu sendiri.

2. Ekuitas Pemilik Perusahaan

Memiliki arti yang mirip dengan equity pemegang saham, namun keuntungan dari jenis ini akan diambil berdasarkan semua bidang usaha yang ada. Termasuk semua keuntungan yang tidak ada dalam bursa efek.

3. Pembiayaan Ekuitas

Terjadinya pembiayaan yaitu jika perusahaan berhasil dan memiliki prospek yang menjanjikan, namun belum mendatangkan profit. Maka, Langkah untuk mengatasinya adalah dengan mencari modal. Cara melakukannya yaitu dengan menjual saham yang ada kepada investor lain untuk pengembangan usaha.

4. Ekuitas Rumah

Jenis ini menjadi salah satu bagian dari nilai kepemilikan dari pemilik rumah tersebut, bisa juga disebut sebagai nilai rumah. Menjadi salah satu cara untuk menilai sebuah rumah dengan mengurangi nilai hipoteknya. Jenis equity ini sangat penting, khususnya bagi mereka yang ingin menjual ataupun membeli rumah.

5. Ekuitas Merek

Merupakan suatu nilai dari merek yang mengacu pada sebuah perusahaan. Mengacu pada emosi dan tanggapan yang beredar di masyarakat pada saat mendengar atau melihat suatu merek. Selain itu, hal ini juga berkaitan dengan brand awareness dari suatu perusahaan, jika memiliki nilai yang tinggi maka ekuitasnya akan semakin meningkat.

Ketiga jenis ekuitas diatas akan menjadi patokan dari terciptanya kesetiaan konsumen terhadap suatu brand (Brand Loyalty). Konsumen yang setia tentu akan sering membeli produk tersebut, semakin banyak konsumen maka nilai dari brand tersebut semakin melejit.

Baca Juga:

Unsur – Unsur Ekuitas

(Konsultanku.co.id)

Untuk menghindari terjadinya defisit di perusahaan, maka nilai dari equity harus lebih besar dari liabilitas, berikut beberapa unsurnya:

1. Modal yang Disetorkan

Merupakan sejumlah uang yang disetorkan atau ditanamkan oleh pemilik perusahaan sebagai pemegang saham. Terbagi menjadi dua yaitu modal saham dan disagio saham atau selisih dari nilai setoran dan jumlah nilai saham.

2. Keuntungan yang Tidak Dibagi

Unsur ini bisa disebut sebagai keuntungan yang ditahan, berasal dari keuntungan bersih perusahaan yang tidak diambil oleh pemilik atau pemegang saham. Adapun keputusan untuk dibagikan atau tidaknya dilakukan oleh pemilik perusahaan.

3. Modal dari Penilaian Kembali

Pada dasarnya perhitungan ulang dari nilai aset perusahaan sering dilakukan oleh suatu perusahaan. Jika pada saat dilakukan perhitungan ulang terdapat penyesuaian nilai aset, maka selisihnya akan mengubah neraca yang ada. Itulah yang menjadi dasar dari penilaian Kembali, contohnya adalah aset tanah perusahaan.

4. Modal Hibah atau Sumbangan

Pertambahan nilai aset setelah liabilitas tentu akan meningkatkan nilai dari equity itu sendiri. Tidak terkecuali jika perusahaan mendapatkan modal yang berasal dari hibah atau sumbangan, yang merupakan penambahan modal dengan bertambahnya aset ataupun belanja modal.

5. Modal Lainnya

Setiap perusahaan pastinya memiliki berbagai cara untuk mendapatkan penambahan modal. Maka dari itu, biasanya modal bisa didapatkan dengan melakukan cadangan penurunan harga, pelunasan obligasi, ekspansi, dan lain sebagainya.

Mengapa Ekuitas Penting?

Nilai dari equity yang dimiliki perusahaan merupakan cermin dari nilai buku perusahaan itu sendiri. Merupakan salah satu factor yang dapat menentukan harga saham dari perusahaan tersebut. Namun, banyak juga perusahaan yang memiliki nilai saham yang lebih tinggi dari equityyang dimilikinya. Seorang pengusaha juga wajib memahami dasar-dasar ini, yang dapat membuat investor yakin bahwa perusahaan tersebut memiliki prospek yang baik di masa depan. Selaku pemilik perusahaan juga dapat mengetahui besaran nilai saham dan aset yang dimilikinya.

Baca Juga:

Featured Image Source: IDX Channel

Editor: Voni Sri Wijayanti


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. Cek pilihan rumah di Kota Bogor terbaik dari Pinhome!

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.