Kamus Istilah Properti

Application Form

istilah properti

Application Form

Application form adalah formulir yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang seseorang. 

Apa Itu Application Form?

(iaspaper.net)

Application form adalah formulir  yang digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang seseorang. 

Dalam asuransi, formulir aplikasi adalah formulir permohonan atau surat permintaan pertanggungan yang harus diisi lengkap dan ditandatangani calon pemegang polis.

Sementara itu, formulir aplikasi juga dibutuhkan ketika proses pengajuan kredit, seperti Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Formulir aplikasi ini menjadi bukti permohonan yang harus diisi oleh nasabah dan/atau calon nasabah untuk mengumpulkan informasi yang dibutuhkan oleh Bank.

Di dalam formulir aplikasi berisi beberapa poin yang harus diisi seperti identitas diri. Setelah mengisi form tersebut, maka kita harus segera mengembalikannya kepada petugas bank.  

Jenis-Jenis Application Form 

(kompas.com)

Dalam penerapannya, ada beberapa jenis form, diantaranya:  

  • Job Application Form: Formulir yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari pelamar kerja. Informasi yang dikumpulkan dapat mencakup: ketersediaan pekerjaan, bukti status pekerjaan resmi, persyaratan gaji, dan riwayat pekerjaan sebelumnya.
  • Form Keanggotaan. Jenis formulir ini memungkinkan klub atau organisasi kesempatan untuk memberikan calon anggota cara untuk meminta izin masuk. Pemohon anggota mungkin diminta untuk memberikan informasi seperti riwayat pekerjaan, kontak darurat, anggota keluarga, dan referensi.
  • Form Bank: Jenis formulir ini diperlukan ketika Anda hendak mengajukan produk bank, seperti membuka rekening tabungan.
  • Form rent. Jenis formulir ini memungkinkan pemilik properti mempertimbangkan kualifikasi calon penyewa. Aplikasi memberi wewenang kepada pemilik untuk memverifikasi informasi yang diberikan. Ini biasanya mencakup otorisasi untuk mengizinkan pemilik properti memeriksa riwayat kredit pemohon, status pekerjaan, riwayat sewa, dan pemeriksaan latar belakang kriminal.
  • Form Pengajuan Kredit. Jenis formulir ini digunakan untuk mengajukan kredit dengan pemberi pinjaman. Informasi yang diberikan digunakan untuk membantu menentukan status pekerjaan peminjam, riwayat kredit, dan kemampuan membayar kembali pinjaman.

Manfaat Application Form 

Application Form
(Freepik)

Application form sangat berguna ketika Anda mendaftar atau membuka akun atau sejenisnya yang memerlukan data diri. Jika tidak mengisi formulir, perusahaan atau pihak organisasi tidak akan bisa memproses permintaan atau aplikasi kita

Dengan mengisi form maka proses pencatatan data menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, dengan mengisi form tentu untuk mendapatkan suatu informasi tertentu yang diperlukan oleh suatu instansi dari diri Anda.

Misalnya, dengan mengisi form ketika mengajukan KPR, maka pihak bank akan mudah mengidentifikasi alamat, nomor telepon, hingga data pekerjaan Anda. Hal ini tentu akan sangat berguna untuk proses analisa dan survey nantinya. 

Tips Mengisi Application Form Saat Mengajukan KPR 

Application Form
(imarticuslearning.weebly.com)

Application form KPR dibutuhkan ketika Anda hendak mengajukan kredit kepemilikan rumah impian Anda. Proses pengisian formulir ini menjadi langkah awal sekaligus sebagai penentu apakah permohonan Anda nantinya dikabulkan atau tidak.

Untuk itu, Anda sebaiknya teliti saat mengisi formulir. Yuk simak tips mengisi formulir berikut ini: 

Pilih Jenis Application Form

Biasanya, pihak bank menyediakan formulir pengajuan KPR dalam dua jenis yaitu hardcopy dan e-form. E-form adalah formulir aplikasi yang bisa Anda isi secara online. Umumnya bisa Anda peroleh di situs perbankan masing-masing. Keunggulannya tentu lebih simple dan menghemat waktu. 

Sementara itu, formulir hardcopy berupa isian kertas yang bisa Anda dapatkan dengan langsung mendatangi kantor cabang. Ini diperlukan bagi nasabah yang kesulitan menjangkau akses internet atau jika ingin mengisi langsung di hadapan pihak bank sehingga jika ada pertanyaan bisa langsung bertanya. 

Isi Data yang Diminta dengan Lengkap 

Sebagian besar aplikasi pinjaman dimulai dengan hal-hal mendasar seperti data diri, data pekerjaan, hingga penghasilan Anda setiap bulannya. 

Sebaiknya, Anda mengisi data yang diminta selengkap-lengkapnya dan jujur. Sebab, nantinya isian formulir tersebut akan menjadi informasi awal pihak bank saat hendak melakukan survei. 

Teliti 

Ketelitian sangat diperlukan saat melakukan pengisian form, terutama berkaitan dengan pinjam-meminjam. Biasanya di akhir aplikasi Anda akan ada kesepakatan mengenai biaya yang terkait dengan pinjaman, dan bagian dari catatan yang berlaku hanya untuk situasi peminjaman Anda. 

Jangan asal menyetujuinya, sebaiknya baca dengan teliti baru Anda menandatangani formulir.

Lakukan Double Check

Pastikan untuk memeriksa dua kali dan tiga kali bahwa Anda telah mengisi setiap pertanyaan dan kotak centang yang diperlukan pada aplikasi. 

Jika ada yang hilang saat aplikasi sampai ke penjamin emisi pinjaman bank, aplikasi Anda kemungkinan akan ditunda selama dua hingga tiga minggu lagi.

Jangan Ragu Bertanya

Jika ada hal yang tidak ada mengerti, jangan pernah ragu dan malu untuk bertanya pada pihak bank. Hal ini untuk menghindari kesalahan ketika proses pengisian formulir.

Setelah proses mengisi form selesai, jangan lupa juga untuk menanyakan prosedur selanjutnya termasuk berapa lama formulir pengajuan KPR Anda akan diproses. 

Demikian informasi mengenai application form yang dapat Pinhome sampaikan. Semoga bermanfaat, ya!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.