Kamus Istilah Properti

Architrave

istilah properti

Architrave

Architrave adalah ornamen yang dipasang di sekitar pintu, dan jendela. Di Indonesia, bagian ini umum disebut lis kusen atau casing moulding.

Apa itu architrave?

(Sam Mouldings)

Architrave (arkitraf) adalah sebuah ornamen yang dipasang di sekitar kusen pintu atau jendela. Di Indonesia, bagian ini umum disebut dengan nama lis kusen atau casing moulding. Dengan mengaplikasikannya di sekitar kusen pintu atau jendela, ornamen ini akan memberikan kesan kokoh, elegan, dan tegas.

Apa yang disebut sebagai dengan arkitraf melingkupi lis yang mengelilingi kusen baik secara vertikal maupun horizontal. Arkitraf juga digunakan sebagai penyebutan teknik produksi benda ini, baik yang dibuat dengan cara diukir, dicetak atau menggunakan cara lain.

Ketika ditelisik lebih jauh, kata arkitraf punya kata induk yang berasal dari bahasa Yunani, yakni epistylon. Epistylon (dalam bahasa Inggris: epistyle) merupakan nama yang digunakan untuk menyebut bagian bingkai pintu. Bangsa Yunani kuno menggunakan epistylon sebagai penyambung antara pilar yang digunakan sebagai penyangga bangunan. Bagian ini dulunya dibuat menggunakan teknik cetakan. Keberadaan bagian ini juga memperkuat karakter pada suatu bangunan.

Perubahan architrave dari masa ke masa

(Alibaba)

Seperti yang disinggung dalam bagian sebelumnya, pada masa Yunani kuno architrave dibuat dari bahan plester dengan menggunakan teknik cetak. Perubahan terjadi ketika memasuki era Victoria. Arkitraf tidak lagi menggunakan plester, namun memakai bahan kayu. Alasannya, material kayu dinilai punya karakter yang lebih cocok saat dipakai sebagai struktur suportif daripada plester.

Selain ditempatkan di bagian eksterior bangunan, arkitraf kayu juga cocok dipakai untuk mempercantik area interior. Dari sini, setiap periode kemudian mempunyai bentuk atau desain arkitrafnya sendiri-sendiri. Periode yang dimaksud antara lain adalah era Elizabeth, era Edward, dan tentunya era Victoria.

Tujuan penggunaan arkitraf

(The Victorian Emporium)

Ada beberapa tujuan penggunaan arkitraf yang diaplikasikan pada pintu maupun jendela. Manfaat-manfaat yang dimaksud akan dijabarkan pada bagian berikut.

  • Pengaplikasian architrave bisa menjadi bingkai yang memisahkan antara bagian pintu atau jendela dengan ruangan secara keseluruhan.
  • Banyaknya model arkitraf yang ada di pasaran saat ini bisa disesuaikan dan memperkuat konsep, gaya, maupun karakter yang kita inginkan.

Model-model arkitraf

(Sam Mouldings)

Secara garis besar, kita dapat membagi model arkitraf menjadi dua yakni arkitraf klasik dan arkitraf modern. Untuk mengetahui seperti apa ciri-ciri dan kegunaannya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Model Klasik

Arkitraf model klasik mempunyai karakter yakni keberadaan objek pola, desain, atau ornamen pada permukaannya. Selain itu, ukuran arkitraf ini biasanya lebih besar karena hiasan yang ada di bagian permukaan perlu untuk ditonjolkan.

Model ini cocok dipasang di rumah yang membutuhkan ornamen berkarakter tegas, elegan dan klasik. Karena dibuat dengan lekuk-lekuk yang detail, kita perlu waktu yang lebih untuk membersihkan bagian ini.

Arkitraf gaya modern

Arkitraf boleh jadi mewakili gaya hidup atau karakter yang menjadi ‘semangat’ dari sebuah zaman. Saat ini, tidak sedikit orang yang menyukai hal-hal yang sifatnya simpel dan minimalis. Kesan tersebutlah yang kemudian tercermin pada bentuk dari arkitraf-arkitraf bergaya modern.

Desain dari arkitraf modern jauh dari ornamen yang dibuat intens, sehingga kita akan dengan mudah untuk membersihkan bagian ini. Meskipun mewakili semangat zaman, bukan berarti arkitraf klasik kehilangan peminatnya lewat adanya akritraf bergaya modern.

Cara memasang architrave

(W Howard)

Setelah mengetahui penjelasan simpel mengenai apa itu architrave sampai model-modelnya, pada bagian ini kami akan memberikan informasi tentang cara pemasangannya. Informasi ini akan cocok untuk kamu yang sedang berencana membangun atau merenovasi rumah.

Menyesuaikan dengan tema atau konsep

Sudah terbayang seperti apa tema atau konsep rumah atau ruangan yang memerlukan arkitraf? Jika sudah, maka kita perlu menyelaraskan tema atau konsep tersebut dengan model arkitraf yang akan kita pilih. Setidaknya kita membaginya menjadi dua potongan besar, apakah konsep yang kita usung dekat dengan gaya klasik atau lebih bertemakan modern minimalis?

Pemasangan arkitraf

Setelah memilih dan membeli arkitraf, maka hal selanjutnya yang perlu kita perhatikan adalah pemasangannya. Lebih baik, arkitraf diaplikasikan pada kusen dengan ukuran kayu 5/11 atau 6/15. Kita juga bisa memilih sisi mana yang akan dipasang ornamen ini. Apakah di bagian dalam saja, bagian luar saja, atau malah keduanya.

Untuk mengaplikasikan arkitraf, peralatan yang dibutuhkan antara lain gergaji dan nail gun (paku dan palu). Gergaji kita gunakan untuk memotong arkitraf sesuai dengan ukuran pintu atau jendela. Sedangkan nail gun dipakai untuk memaku arkitraf pada kusen.

Agar lebih rapi, kita bisa menggunakan lem sebagai perekat arkitraf pada permukaan kusen. Dengan begitu, kemungkinan untuk pengaplikasian arkitraf berposisi miring dapat kita minimalkan.

Penjelasan di atas menjadi akhir dari artikel yang membahas secara khusus mengenai architrave. Barang tersebut memang terlihat sepele. Namun ketika diaplikasikan, kita akan mendapatkan kesan yang berbeda oleh keberadaannya.

Semoga informasi yang telah disampaikan bermanfaat untuk kamu ya, Pins! Sampai jumpa di artikel Glossary selanjutnya.


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.