Kamus Istilah Properti

Eklektik

istilah properti

Eklektik

Eklektik adalah gaya desain dan arsitektur yang menggabungkan beberapa unsur gaya pada era yang berbeda menjadi satu kesatuan yang baru.

Apa Itu Eklektik?

eklektik
Decor Aid

Istilah desain eklektik atau eclectic merujuk pada penggabungan lebih dari satu gaya desain dari berbagai era. Meskipun gaya tercampur, kesan yang ditampilkan pada arsitektur eklektik adalah unik dan indah serta tidak berantakan. 

Desain eklektik pada arsitektur dan desain dapat diaplikasikan pada berbagai elemen mulai dari struktur bangunan, furnitur, aksesoris, hingga ornamen dari berbagai gaya yang berbeda menjadi satu kesatuan utuh pada suatu ruangan. 

Penerapannya bisa dengan cara menggabungkan unsur gaya klasik sebagai elemen dasar dengan gaya yang lebih modern, atau bisa juga menggunakan elemen etnik atau gaya dari negara lain, hingga penggabungan elemen bernuansa sejarah. Tujuannya untuk menciptakan sesuatu yang lebih otentik, baru, dan belum pernah ada sebelumnya.  

Dari sisi estetika, gaya eclectic akan lebih menonjolkan gaya masa lampau di mana di dalamnya terdapat berbagai unsur arsitektur, seperti Victorian, Gotic, dan Rococo. Namun, secara luas, eclectic tidak selalu menggabungkan, melainkan bisa juga menerapkan satu gaya yang sengaja dibedakan dari konsep aslinya.

Sejarah dan Perkembangan Desain Eklektik

Dilihat dari sejarahnya, eklektik adalah desain yang muncul mulai dari pada akhir abad ke-19 ketika para arsitek di masa itu ingin mencari gaya baru yang belum pernah dilihat sebelumnya. Kekuatan utama dari eklektis adalah penciptaan desain yang original, bukan nostalgia pada gaya lama. 

Hal ini dimulai ketika Eropa dan Amerika Serikat mengalami Revolusi Industri besar-besaran, yang telah menampilkan berbagai material baru pada gaya arsitektur dan konstruksi seperti kaca, besi cor, hingga baja.

Namun, di masa tersebut tidak ada petunjuk bagaimana cara memakai material tersebut. Alhasil, para arsitek tersebut mencari inspirasi dari penggunaan gaya arsitektur di masa sebelumnya. Dari sinilah tercipta eclectic design

Di abad ke-20, gaya ini marak digunakan pada desain rumah sebagai simbol dari kekayaan dan kemakmuran pemiliknya. Artinya, jika rumah tersebut semakin mewah, maka derajat kebangsawanannya pun semakin tinggi.   

Ciri dan Karakteristik Desain Eklektik

eklektik
(Houzz)

Sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai bagaimana gaya eclectic tercipta. Sejatinya, gaya ini dibuat dengan mencampur dan mencocokkan beberapa jenis dekorasi rumah menjadi satu tema yang lebih terarah.

Meski demikian, sebagai panduan buat Pins yang ingin menciptakan gaya eklektik sendiri, simak beberapa karakteristiknya: 

Gaya Klasik dan Modern dalam Satu Desain 

Karakteristik gaya eklektik adalah menyatukan periode waktu yang berbeda menjadi satu ruang yang dibuat dengan indah. 

Pins bisa menciptakannya dengan penerapan berbagai dekorasi aksesoris dengan bentuk, warna dan motif yang unik dari gaya klasik dan modern sehingga menciptakan nilai artistik tersendiri. 

Dekorasi Tak Terduga

Meskipun segala sesuatu mungkin ada tempatnya, Pins akan sering menemukan sentuhan tak terduga di rumah bergaya eclectic eklektik. Pikirkan batang yang digunakan sebagai meja kopi atau bangku kosong di bar sarapan.

Karena premis ini, banyak yang salah mengartikan gaya eklektik sebagai cara dekorasi apa pun, tetapi gaya eklektik yang sebenarnya sebenarnya sangat terarah dan dipikirkan dengan matang. Tampilannya bukan hanya tentang menyatukan sesuatu, tetapi menggabungkan gaya dekorasi dengan cara yang sepenuhnya disengaja.  

Penggunaan Perabotan yang Praktis dan Fungsional 

Soal furnitur, rumah eklektik cenderung memakai furniture yang mengutamakan fungsionalitas tanpa mengesampingkan nilai dan sisi estetika. Konsep interior eklektik ini akan menggabungkan perabotan vintage dan modern seperti meja antik yang ditaruh di samping sofa lembut yang modern. 

Kemudian, bahan-bahan yang dipakai pada desain rumah eklektik adalah besi, kain bordiran, satin dan beludru.

Adanya Motif Ethic atau Barang Seni 

Berikutnya ciri khas dari desain rumah eklektik adalah penggunaan barang-barang seni dan motif etchic seperti lukisan, furnitur dengan ukiran bergaya klasik, hingga dinding bertekstur yang dihiasi dengan wallpaper, tirai atau sticker yang dekoratif. 

Pins bisa menambahkan ukiran pada tangga, atau menambah bingkai cermin bernuansa etniknya yang disandingkan dengan furnitur modern di sekitarnya. Motif geometris seperti vertikal, zigzag, horizontal ataupun lingkaran pada sejumlah elemen seperti karpet dan sofa juga banyak ditemukan pada rumah eklektik. 

Pemakaian Warna-warna Cerah 

Karakter perpaduan warna-warna seolah bertabrakan dari furnitur atau warna cat rumah menjadi salah satu ciri khas rumah eclectic. Gaya bertabrakan inilah menampilkan gaya baru yaitu gaya eklektik. Tak lupa, tambahkan aksen netral sehingga terlihat harmonis, mewah, sekaligus ceria. 

Meskipun, terjadi perpaduan warna dari berbagai elemen, pastikan Pins tetap hanya memilih satu warna inti dari elemen warna cerah pada desain rumah eklektik. Tujuannya agar tidak terkesan berantakan dan bisa membuat tampilan ruangan lebih seimbang.

Material dan Desain Atap dan Lantai

Bagian lantai rumah bergaya eklektik memiliki karakter khusus agar tampilan jadi lebih ceria dan elegan. Pada lantai, material yang digunakan adalah kayu solid, ubin, parket, maupun laminate. Tak jarang, lantai akan dilapisi karpet bermotif bunga-bunga. 

Lalu, bagian atap rumah eclectic memakai material semen dengan tambahan lampu kristal bergaya kontemporer.   

Focal Point Unik 

Agar tidak terkesan berantakan, rumah eclectic akan menonjolkan focal point yang berasal dari berbagai elemen. Misalnya, penempatan karya seni berupa lukisan, foto berbingkai klasik, hingga sebuah jam dinding besar bergaya vintage.

Pins bisa mencari tahu sendiri apa yang menjadi fokus pada desain eklektik di runmahmu saat mengatur tata letak ruangan. 

Ide Desain Rumah Eklektik

Konsep desain rumah eklektik adalah dengan penggabungan elemen modern hingga klasik, serta perpaduan dari gaya khas berbagai negara.

Jika Pins sedang mencari inspirasi, simak 5 idenya berikut ini. 

Ruangan Cantik Bergaya Modern Rustic

eklektik
(Modsy)

Modern Rustic merupakan gaya eklektik yang memadukan gaya mid-century modern, rustic, dan boho. Hasilnya adalah tampilan yang sangat chic dan juga unik. Ruang ini memiliki suasana yang bersih dan memberikan kesan yang luas. 

Untuk mendapatkan tampilan rustic modern ini , ada baiknya Pins memulai dengan furnitur modern mid-century dan memadukannya dengan material rustic dan tekstur alami. 

Minimalist Boho yang Menghasilkan Kesan Tenang 

eklektik
(Modsy)

Seperti namanya, gaya minimalis boho berada di sisi yang lebih minimalis dari gaya eklektik. Perpaduan ini menghasilkan ruang yang terasa nyaman dan tenang. Dengan minimalis boho, Pins akan melihat palet warna yang diredam, menampilkan berbagai macam warna netral, dengan sentuhan warna gurun pasir. 

Gaya ini juga menampilkan banyak bahan dan sentuhan alami. Sementara ruang ini memiliki banyak pola, palet warna yang diredam membuatnya tidak terasa berlebihan.   

Eklektik Glam yang Berani dan Elegan  

eklektik
(Modsy)

Glam eklektik memadukan berbagai gaya furnitur mulai dari tradisional, modern, minimal, dan glam. Tampilan ini memberikan kesan yang berani, dalam jumlah yang tepat dari over-the-top sambil tetap berakar pada pengaruh tradisionalnya. 

Salah satu kunci dari desain ini adalah tekstur, seperti kulit, beludru, marmer, goni, dan banyak lagi. Perpaduan tekstur dan bahan ini memberikan kontras tinggi-rendah yang merupakan kunci tampilan ini.   

Tampilan yang Manis pada Rumah Bergaya Boho Tropis

eklektik
(Modsy)

Gaya boho tropis bersemangat dan unik sehingga menampilkan gaya eklektik yang lebih maksimal. Seperti yang Pins lihat, ada banyak hal yang terjadi dalam tampilan ini, dengan perpaduan gaya, bahan, warna, dan pola furnitur yang keras. 

Elemen kunci gaya boho tropis adalah warna yang berani. Misalnya, pada dinding, furnitur, bantal, ditambah permadani serta kursi gantung. 

Rumah Abad Pertengahan di Masa Modern

eklektik
(Modsy)

Saat Pins menggabungkan modern dan eklektik abad pertengahan, maka menghasilkan kesan yang lebih playful dan sedikit edgier daripada interior. 

Gaya eclectic satu Ini terlihat sempurna bagi mereka yang menyukai suasana ruang yang terasa sedikit lebih pribadi tetapi unik.  Dengan gaya ini, Pins bisa memakai garis desain Modern Abad Pertengahan yang bersih dan tak lekang oleh waktu.    


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.