Pinhome

  • Blog
  • Lifestyle
  • Tetap Asri dan Nyaman dengan Desain Rumah Mungil

Lifestyle

Tetap Asri dan Nyaman dengan Desain Rumah Mungil

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Ketebatasan lahan dan finansial sering kali membuat Anda harus berpikir keras ketika ingin mendesain rumah tinggal. Sebab dengan keterbatasan tersebut, rumah tetap harus mampu menghadirkan kenyamanan bagi para penghuninya. Kenyamanan memang menjadi prioritas utama ketika seseorang mendesain rumah tinggal. Meskipun demikian, kenyamanan sebuah rumah tidak harus mensyaratkan rumah yang berukuran luas dan mewah. Rumah mungil pun akan menjadi asri dan nyaman ditempati bila Anda mampu mendesainnya dengan baik.

Selama ini rumah mungil memang identik dengan kesan sempit, kaku, dan pengap. Anggapan ini sebenarnya tidak selamanya tepat. Rumah mungil akan terasa lapang dan nyaman jika interior rumah ditata dengan tepat. Agar rumah mungil menjadi hunian yang nyaman serta asri, tips berikut ini bisa Anda pertimbangkan:

Pertama, pemilihan warna. Pilihlah warna-warna yang cerah sehingga bisa menimbulkan kesan lapang dan melegakan.

Kedua, penataan interior. Anda dapat mensiasati keterbatasan ukuran ruang dengan cara berikut ini:

desain rumah mungil
Rumah mungil : calfinder.com

Gunakan furnitur yang bentuknya simpel dan ukurannya tidak terlalu besar. Sesuaikan ukuran furnitur dengan ruangan yang ditempati. Pilihlah furnitur yang berbentuk organik dan memiliki garis-garis dinamis sehingga menimbulkan kelembutan dan kenyamanan namun tetap fungsional. Ada baiknya Anda memilih pelapis furnitur yang bermotif polos;

  1. Biarkan ruangan dalam kondisi terbuka. Untuk membedakan fungsi ruang, Anda bisa membuat plafond  dan lantai dengan ketinggian yang berbeda;
  2. Lengkapilah dinding rumah dengan bukaan besar sehingga ruangan terasa lebih luas;
  3. Memaksimalkan tempat penyimpanan. Agar barang-barang tersimpan rapi, Anda bisa membuat rak-rak penyimpanan di kolong tempat tidur, di bawah wastafel, atau di bawah meja makan dan meja keluarga.

Manfaatkan sudut-sudut rumah untuk digunakan sebagai rak buku. Selain itu celah-celah rumah seperti area bawah tangga, di atas plafond, maupun garasi merupakan ruangan yang bisa Anda manfaatkan untuk menaruh rak-rak penyimpanan. Bila Anda ingin membuat rak penyimpanan terlihat praktis, Anda bisa menggunakan rak tanam. Hanya saja rak tanam bersifat permanen sehingga Anda harus mempertimbangkan dengan cermat ukurannya sesuai dengan barang yang hendak Anda taruh di dalamnya.

Bagikan Artikel