BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Memilih Karpet Kamar Tidur yang Tepat
0
0

Cara Memilih Karpet Kamar Tidur yang Tepat

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 30, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Karpet kamar tidur memiliki banyak pilihan ukuran, motif hingga bahan. Tidak hanya sebagai dekorasi kamar tidur, ini bahkan meningkatkan kenyamanan penghuninya. Harga karpet kamar tidur ada yang ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah. Apalagi karpet yang produksinya keseluruhan menggunakan tangan akan jauh lebih mahal.

Gunakan aplikasi Pinhome untuk menemukan Rumah Ekslusif yang kamu dambakan. Lewat fitur pencariannya tersedia ragam properti mulai dari rumah bekas di Mojokerto hingga perumahan di Jagakarsa seperti Vasa Jagakarsa atau hunian dekat Pusat Grosir Solo.

Manfaat Karpet Kamar Tidur

karpet kamar tidur dengan kaca dan kursi diatasnya
Source : Shutterstock

Karpet tidak hanya difungsikan menambah nilai estetik interior ruangan saja. Manfaat lain dari karpet selain dekorasi dan gaya bisa Pins simak sebagai berikut:

1. Peningkatan Kualitas Udara

Karpet mampu meningkatkan kualitas udara sebuah ruangan. Ada beberapa karpet yang dirancang khusus sebagai penyaring udara. Selain itu juga mampu difungsikan untuk memusnahkan debu dan partikel lain di udara.

Berdasarkan penelitian menyatakan pengidap alergi atau asma menunjukan kemajuan. Khususnya bagi ruangan yang memakai karpet di rumah.

2. Memperkecil Dampak Jatuh

Bahan karpet yang lembut mampu mengurangi dampak jatuh. Direkomendasikan karpet lantai kamar tidur yang juga menyatu dengan ranjang balita. Ketika anak berlari akan melindungi buah hati dari permukaan licin. Anakpun tidak akan mudah jatuh saat berjalan sendiri.

3. Meredam Kebisingan

Ruangan yang bising bisa dari luar hunian maupun dari dalam rumah, misalnya ketika menyalakan radio maupun TV. Penggunaan karpet kamar tidur nyatanya mampu meredam suara. Ketika menginjak karpet lebih kecil tingkat bisingnya daripada lantai yang permukaannya keras. 

4. Membumikan Ruangan

Tak sedikit yang berpendapat bahwa adanya karpet kamar tidur mampu membumikan ruangan. Apalagi furniture tertentu akan semakin cantik dengan adanya karpet. Tanpa adanya karpet maka furniture akan terasa seperti mengambang di ruangan.

Karpet lantai kamar tidur difungsikan pula sebagai tempat istirahat tubuh dan energi. Menurut Fengshui adanya karpet bisa memperlambat energi buruk mengalir ke rumah.

5. Menghangatkan dan Kenyamanan

Karpet memiliki permukaan yang lembut, membuat berbaring atau duduk di atasnya lebih nyaman dibandingkan keramik yang keras. Dampaknya bagi kaki bisa menghilangkan sebagian tekanan dari tubuh.

Saat suhu sedang dingin maka kaki terasa lebih hangat jika berpijak di atas karpet. Apalagi bila ruangan dibangun di bawah tanah, lantai akan terasa lebih dingin.

Baca juga:

Cara Memilih Karpet Kamar Tidur yang Tepat

karpet kamar tidur dengan bed cover di atasnya
Source : Shutterstock

Untuk menentukan karpet yang tepat perlu memperhatikan bahan yang digunakan. Selain itu pertimbangkan pula poin-poin di bawah ini:

1. Sesuaikan Ukuran Dengan Penempatannya

Karpet yang terlalu besar akan membuat ruangan terasa penuh begitupun sebaliknya. Ukuran karpet perlu mempertimbangkan penempatannya. Misalnya saja ukuran 200 x 150 cm akan cocok untuk karpet kamar tidur.

Apabila ingin meletakan furniture di atasnya, beri jarak di sekitar meja agar mudah bergerak. Jarak sekitar meja sekitar 70 cm dan coba buat ukuran karpet tidak lebih dari 75 % dari lantai yang kosong. Tujuannya agar tidak mudah mendominasi ruangan tersebut.

2. Pertimbangkan Pengguna Karpet

Bila ingin mendekorasi kamar tidur anak, pilih karpet yang kedap suara. Produk yang lebut biasanya mampu meredam suara. Sementara jika memiliki hewan peliharaan pilih saja karpet antinoda.

3. Pilih Desain dan Warna

Perhatikan warna interior ruangan dan kesan yang ingin ditunjukkan. Bentuk karpet kamar tidur bisa persegi panjang karena cocok untuk semua jenis ruangan.

Baca juga: 12 Motif dan Warna Karpet Lantai Plastik yang Bagus

Macam-macam Bahan Karpet Kamar Tidur

karpet kamar tidur bermotif garis-garis abu-abu dan hitam
Source : Shutterstock

Bahan karpet ada banyak sekali dan perawatannya tergantung material yang digunakan. Adapun jenis karpet untuk kamar tidur yang bisa Pins gunakan adalah sebagai berikut:

1. Busa Polypom

Busa polypom sangat nyaman untuk dipijak. Apalagi permukaannya berupa bintik anti selip. Materialnya tidak mudah kempes saat digunakan dan dapat mengembang dengan cepat jika dijemur.

Dalam perawatannya tidak perlu direndam terlalu lama, Pins bisa mencucinya secara manual. Produk busa polypom rata-rata memiliki ketebalan 2 cm sehingga empuk ketika duduk di atasnya.

2. Microfiber

Ciri bahan ini adalah lembut dan menyerap air. Umumnya dipakai untuk aksen di area sofa serta mudah untuk dicuci secara manual maupun memakai mesin cuci. Microfiber mampu menyerap softener dengan cepat dan menyimpan wanginya tahan lama.

Selain itu jenis karpet untuk kamar tidur ini sifatnya hypoallergenic atau anti alergi. Bahan sangat aman untuk anak kecil atau pemilik kulit sensitif.

3. Nilon

Nilon terkenal ringan namun kuat serta tahan akan berbagai jenis noda. Walaupun terkena noda cara membersihkannya tinggal dilap dengan tisu maupun kain lap. Teskturnya tidak terlalu halus dan sedikit kaku. 

4. Karpet Lipat Microsatin

Keunggulan dari karpet lipat microsatin adalah mudah dibawa kemana-mana. Karpet bisa ditekuk sekecil mungkin dan bisa dipasang sebagai alas bermain maupun kamar bayi. Untuk dipakai saat liburanpun tidak memakan banyak tempat.

Karpet microsatin memiliki karakteristik halus dan adem. Jenis karpet untuk kamar tidur ini sangat nyaman untuk dipijak.

5. Bulu Rasfur

Apabila kamar tidur Pins memakai AC maka lebih baik gunakan karpet berbahan bulu rasfur. Harganya memang lebih mahal dibandingkan material lainnya. Seratnya lumayan tipis dan biasa dipakai untuk bahan boneka, tas maupun bantal.

Semakin tebal bulunya maka akan terasa semakin hangat karpetnya. Bulu rasfur nyaman diduduki maupun untuk tidur. Cara perawatannya cukup memakai vacuum cleaner untuk menyedot debu yang bersembunyi di celah seratnya.

6. Permadani

Bagi kamar yang memiliki konsep Mediteranian maupun mewah dapat mencoba karpet permadani. Kesan elegan pada ruangan langsung terpancar dari detail motifnya.

Permukaannya sangat halus dan empuk ketika berjalan di atasnya. Ukurannya ada yang kecil bahkan selebar satu ruangan. Bobotnya lumayan berat karena tebal dan bahkan bisa dipasang untuk ruang tamu.

Karpet kamar tidur ada yang memakai bahan nilon, microfiber hingga bulu rasfur. Dalam pemilihan karpet biasanya memperhatikan ukuran ruangan serta ketebalannya agar meredam suara dengan baik.

Baca juga: Jenis & Cara Memilih Gorden Kamar Tidur Menurut Para Ahli

5 Contoh Karpet yang Tepat Untuk Kamar Tidur

Desain karpet yang tepat bagi kamar tidurmu bisa pula disimak dalam referensi berikut ini. Ada yang motifnya penuh dengan ukuran, garis-garis hingga polos sebagai berikut:

1. Karpet Bentuk Lingkaran

(

Bentuk karpet ini lingkaran berbeda dengan yang umumnya di pasaran dengan bentuk persegi atau persegi panjang. Bahannya dari microfiber yang lembut dan tahan air. Cocok sebagai pijakan tepat di bawah kasur dengan lantai kayu yang senada dengan warna karpetnya.

2. Karpet Pola Geometri

Source : Rumah Mebel

Desain karpet ini cenderung terdiri atas garis-garis atau pola geometris. Untuk memperjelas polanya biasanya hanya mengandalkan dua pilihan warna saja.

3. Karpet Monokrom

Source : Blibli

Perpaduan warna hitam putih seakan tak lekang oleh waktu. Karpet monokrom sering dipilih untuk mengisi kamar tidur dengan konsep minimalis, elegan dan modern.

4. Karpet Persia

Source : Desain Cafe

Ciri dari karpet Persia adalah menggunakan motif yang beragam dan terkenal mahal namun mewah. Warnanya didominasi lebih dari dua jenis warna yang menyemarakan desainnya.

5. Karpet Runner Rugs

Source : Amazonaws

Karpet runner rugs tidak terlalu lebar namun memanjang. Selain bisa jadi pijakan dekat kamar tidur dapat pula difungsikan sebagai area sholat di kamar tidur.

Bagaimana menarik bukan bahan dan contih karpet kamar tidur di atas? Perhatikan luas ruangan agar ukuran karpet sesuai yang dibutuhkan dan cocok untuk interior ruangan tersebut.

Source Feature Image: Shutterstock


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download