BlogPemilik PropertiDesain Hunian8 Model Plafon Kamar Tidur Terbaru Unik dan Cantik
0
0

8 Model Plafon Kamar Tidur Terbaru Unik dan Cantik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 4, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Model plafon kamar tidur terbaru ada banyak sekali mulai dari material metal, GRC, gypsum, PVC, kayu dan lainnya. Setiap bahannya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Dengan mengetahui model plafon kamar tidur terbaru akan membantu Pins menentukan mana yang paling baik untuk kebutuhanmu. Sebelum memahami modelnya ketahui dulu manfaat plafon berikut ini:

Manfaat Plafon

manfaat model plafon kamar tidur terbaru dengan lampu gantung
Source : Shutterstock

Manfaat dari plafon bisa dilihat dari segi fungsional dan estetika. Plafon tidak hanya cantik secara visual namun juga harus memenuhi fungsi utamanya sebagai berikut:

Segi Fungsional

Plafon dapat membuat ruangan jadi lebih kedap suara. Ruangan tanpa plafon bisa menyebarkan suara dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Privasi akan kurang terjaga.

Selain itu adanya plafon melindungi lantai dari kebocoran langsung. Jika atap bocor dan hujan tiba maka tetesan hujan tidak langsung membasahi lantai. 

Ditambah lagi letak kebocorannya bisa diidentifikasi dengan cepat karena adanya penanda kebocoran di plafon. 

Plafon mampu melindungi lantai dari kotoran hewat dan tempat memasang soket lampu maupun antena. Pins dapat pula menggunakannya sebagai gudang penyimpanan jika lahan terbatas.

Segi Estetika

Dari sisi estetika, plafon bisa menjadi penghias ruangan karena mampu menunjang keindahan interior. Penambahan ukiran atau motif plafon dapat meningkatkan kesan epik ruangan.

Selain itu varian plafon beragam dari motif dan polosan sehingga mendukung konsep gaya interior yang diusung. Plafon mampu menyembunyikan elemen instalasi kelistrikan hunian agar langit-langit lebih bersih dan rapi. Fungsinya juga sebagai penutup rangka atap rumah.

Baca juga:

7 Model Plafon Kamar Tidur Terbaru

Model plafon dulunya hanya terbagi atas dua jenis yakni up ceiling dan drop ceiling. Kini modelnya sangat banyak bahkan unik sehingga menambah estetika langit-langit.

Model Plafon Up Ceiling

model plafon kamar tidur terbaru dengan warna putih
Source : Shutterstock

Plafon up ceiling merupakan bentuk plafon yang terangkat ke atas. Fungsinya adalah agar ruangan tersebut terasa lebih lapang. Jenis plafon ini sering dipakai untuk konsep ruangan minimalis.

Penerangannya menggunakan LED strips atau downlight LED yang ditanamkan di plafon. Pencahayaannya berada di permukaan lebih rendah agar pantulannya lebih lembut.

Up ceiling sering disebut dengan istilah plafon bertingkat. Penggunaan material plafon lebih beragam daripada model drop ceiling.

Model Plafon Drop Ceiling

model plafon kamar tidur terbaru yang memantulkan gambaran ruangan di bawahnya
Source : Shutterstock

Drop ceiling adalah plafon yang bagian sekunder dibuat menggantung tepat di bawah struktur langit utama. Jenis ini disebut juga dengan istilah plafon gantung. Ada rongga yang dimanfaatkan untuk beberapa keperluan.

Di antaranya sebagai peletakan indirect lighting sehingga aksen pencahayaan dalam ruangan tersebut menjadi lebih menarik. Apalagi ditambahkan lampu LED yang lebih ramah lingkungan dan energi.

Model plafon kamar tidur terbaru inimemberikan efek akustik dan mampu menyeram suara dengan baik. Dari segi visual unik karena permainan kontur yang ditampilkan lebih aktraktif. 

Bentuknya ada yang berupa ukiran dan meliuk-liuk. Plafon seperti ini sering memakai material gypsum. Tujuannya membuat seolah-olah mengambang dengan rancangan khusus.

Model Plafon Trapesium

Source : Pexels

Untuk kamar tidur yang berada di bagian loteng umumnya plafon akan mengikuti bentuk atap. Seperti pada gambar diatas mirip bangun trapesium. Atap memakai bahan kayu yang mudah mengikuti berbagai bentuk yang dikehendaki.

Bagian plafon dilengkapi dengan lampu gantung yang rendah. Warna plafon dan lantai dibuat senada sementara furniture menggunakan warna yang kontras.

Baca juga:

Model Plafon Pinggiran Melengkung

model plafon kamar tidur terbaru yang melengkung
Source : Homedit

Bila umumnya plafon berbentuk datar namun bisa pula Pins desain melengkung. Apalagi jika luas kamar tidur hanya 3×3 meter saja. Buat plafon pada salah satu pinggirannya melengkung.

Saat dilihat sekilas akan menciptakan efek seperti bentuk kanopi. Cocok sekali untuk kamar tidur dengan gaya industrial. 

Beri lampu gantung dengan lapisan emas agar kesan metalnya lebih terasa. Ditambah warna plafon cenderung abu-abu mirip logam.

Model Plafon Kotak / Balok

model plafon kamar tidur terbaru dengan lampu gantung
Source : Shutterstock

Apabila furniture kamar tidur tak terlalu banyak maka bisa memperkaya dekorasi atap. Pins bisa memakai model plafon kotak atau balok dengan lampu downlight LED yang ditanam pada plafon.

Bentuk kotak terlihat sederhana namun terlihat elegan karena dibuat bertingkat. Desainnya terasa lebih berdimensi, apalagi dengan warna putih agar ruangan terasa lebih lega.

Model Plafon Geometris

model plafon kamar tidur terbaru dengan motif seperti susunan batu bata
Source : Unsplash

Pins juga bisa menggunakan model plafon kamar tidur terbaru ini dengan motif seperti susunan batu bata. Biasanya menggunakan material GRC agar menghadirkan aksentuasi yang dinamis.

Ruangan dicat dengan warna terang termasuk bagian palfon. Warna netral seperti putih sering menjadi pilihan utama. Cahaya dari lampu dapat memantul dan menyebar dengan baik ke seluruh ruangan tersebut.

Baca juga:

Model Plafon Headboard

model plafon kamar tidur terbaru yang menyambung dengan dinding
Source : Teahub

Ada pula plafon yang didesain menjadi headboard ranjang. Plafon dibentuk datar dan langsung menyambung hingga ke dinding di mana diletakan kasur.

Fungsi headboard sendiri adalah menjaga posisi bantal ketika Pins tidur. Selain itu mampu mencegah noda pada dinding. Sandaran tempat tidur mampu dijadikan penyimpanan barang berharga.

Manfaat lainnya adalah menjadi topangan punggung ergonomik. Khususnya jika Pins hobi membaca buku di kasur. Saat duduk bagian punggung akan lebih nyaman saat bersender di headboard.

Modelnya unik dan mampu difungsikan sebagai dekorasi dinding yang cantik. Warna antara headboard dan plavon bisa senada ataupun kontras. Tergantung dari gaya interior yang diinginkan.

Model plafon kamar tidur terbaru diatas bisa membantu Pins mempercantit interior ruangan. Selain model plafon perhatikan pula pemilihan warna cat dan bahan plafon sendiri.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Source Feature Image: Unsplash

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download