8 Model Plafon Kamar Tidur Terbaru Unik & Cantik

Dipublikasikan oleh Nur Dwi Ratnasari ∙ 19 September 2022 ∙ 5 menit membaca

Model plafon kamar tidur terbaru ada banyak sekali. Material plafon ada yang dari metal, GRC, gypsum, PVC, kayu dan lainnya. Setiap bahannya memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing.

Mengetahui ragam model plafon akan membantu Pins menentukan mana yang paling baik untuk kebutuhanmu. Sebelum memahami modelnya ketahui dulu manfaat plafon berikut ini :

Manfaat Plafon

(Shutterstock)

Manfaat dari plafon bisa dilihat dari segi fungsional dan estetika. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Segi Fungsional

Plafon dapat membuat ruangan jadi lebih kedap suara. Ruangan tanpa plafon bisa menyebarkan suara dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Privasi akan kurang terjaga.

Selain itu adanya plafon melindungi lantai dari kebocoran langsung. Jika atap bocor dan hujan tiba maka tetesan hujan tidak langsung membasahi lantai. 

Selain itu letak kebocorannya bisa diidentifikasi dengan cepat karena adanya penanda kebocoran di plafon. 

Plafon mampu melindungi lantai dari kotoran hewat dan tempat memasang soket lampu maupun antena. Pins dapat pula menggunakannya sebagai gudang penyimpanan jika lahan terbatas.

Segi Estetika

Dari sisi estetika, plafon bisa menjadi penghias ruangan. Selain itu mampu menunjang keindahan interior agar mendukung konsep yang Pins usung.

Penambahan ukiran atau motif plafon dapat meningkatkan kesan epik ruangan. Selain itu varian beragam dari motif dan polosan.

Plafon mampu menyembunyikan elemen instalasi kelistrikan hunian. Langit hunian akan lebih bersih dan rapi. Fungsinya juga sebagai penutup rangka atap rumah.

Baca juga : Mudah! Ini Cara Memasang Lampu LED Strip di Plafon Rumah!

7 Model Plafon Kamar Tidur

Model plafon dulunya hanya terbagi atas dua jenis yakni up ceiling dan drop ceiling. Kini modelnya sangat banyak bahkan unik sehingga menambah estetika langit-langit.

Up Ceiling

(Shutterstock)

Plafon up ceiling merupakan bentuk plafon yang terangkat ke atas. Fungsinya adalah agar ruangan tersebut terasa lebih lapang. Jenis plafon ini sering dipakai untuk konsep ruangan minimalis.

Penerangannya menggunakan LED strips atau downlight LED yang ditanamkan di plafon. Pencahayaannya berada di permukaan lebih rendah agar pantulannya lebih lembut.

Up ceiling sering disebut dengan istilah plafon bertingkat. Penggunaan material plafon lebih beragam daripada model drop ceiling.

Drop Ceiling

(Shutterstock)

Drop ceiling adalah plafon yang bagian sekunder dibuat menggantung tepat di bawah struktur langit utama. Jenis ini disebut juga dengan istilah plafon gantung. Ada rongga yang dimanfaatkan untuk beberapa keperluan.

Diantaranya sebagai peletakan indirect lighting sehingga aksen pencahayaan dalam ruangan tersebut menjadi lebih menarik. Apalagi ditambahkan lampu LED yang lebih ramah lingkungan dan energi.

Plafon drop ceiling memberikan efek akustik dan mampu menyeram suara dengan baik. Dari segi visual unik karena permainan kontur yang ditampilkan lebih aktraktif. 

Bentuknya ada yang berupa ukiran dan meliuk-liuk. Plafon seperti ini sering memakai material gypsum. Tujuannya membuat seolah-olah mengambang dengan rancangan khusus.

Trapesium

(Pexels)

Untuk kamar tidur yang berada di bagian loteng umumnya plafon akan mengikuti bentuk atap. Seperti pada gambar diatas mirip bangun trapesium. Atap memakai bahan kayu yang mudah mengikuti berbagai bentuk yang dikehendaki.

Bagian plafon dilengkapi dengan lampu gantung yang rendah. Warna plafon dan lantai dibuat senada sementara furniture menggunakan warna yang kontras.

Baca juga : 8 Model plafon kayu untuk rumah, bikin hunian jadi aesthetic!

Pinggiran Melengkung

(Homedit)

Bila umumnya plafon berbentuk datar namun bisa pula Pins desain melengkung. Apalagi jika luas kamar tidur hanya 3×3 meter saja. Buat plafon pada salah satu pinggirannya melengkung.

Saat dilihat sekilas akan menciptakan efek seperti bentuk kanopi. Cocok sekali untuk kamar tidur dengan gaya industrial. 

Beri lampu gantung dengan lapisan emas agar kesan metalnya lebih terasa. Ditambah warna plafon cenderung abu-abu mirip logam.

Kotak / Balok

(Shutterstock)

Apabila furniture kamar tidur tak terlalu banyak maka bisa memperkaya dekorasi atap. Pins bisa memakai model plafon kotak atau balok dengan lampu downlight LED yang ditanam pada plafon.

Bentuk kotak terlihat sederhana namun terlihat elegan karena dibuat bertingkat. Desainnya terasa lebih berdimensi, apalagi dengan warna putih agar ruangan terasa lebih lega.

Asimetris

(Unsplash)

Pins juga bisa menggunakan model asimetris untuk plafon kamar tidur. Biasanya menggunakan material GRC agar menghadirkan aksentuasi yang dinamis.

Ruangan dicat dengan warna terang termasuk bagian palfon. Warna netral seperti putih sering menjadi pilihan utama. Cahaya dari lampu dapat memantul dan menyebar dengan baik ke seluruh ruangan tersebut.

Baca juga : 10 Bahan Plafon Rumah, Lengkap Kelebihan dan Kekurangannya!

Sekaligus Headboard

(Teahub)

Ada pula plafon yang didesain menjadi headboard ranjang. Plafon dibentuk datar dan langsung menyambung hingga ke dinding dimana diletakan kasur.

Fungsi headboard sendiri adalah menjaga posisi bantal ketika Pins tidur. Selain itu mampu mencegah noda pada dinding. Sandaran tempat tidur mampu dijadikan penyimpanan barang berharga.

Manfaat lainnya adalah menjadi topangan punggung ergonomik. Khususnya jika Pins hobi membaca buku di kasur. Saat duduk bagian punggung akan lebih nyaman saat bersender di headboard.

Modelnya unik dan mampu difungsikan sebagai dekorasi dinding yang cantik. Warna antara headboard dan plavon bisa senada ataupun kontras. Tergantung dari gaya interior yang diinginkan.

Model plafon kamar tidur terbaru diatas bisa membantu Pins mempercantit interior ruangan. Selain model plafon perhatikan pula pemilihan warna cat dan bahan plafon sendiri.


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Teknik Sipil
Teknik Sipil Daftar Harga Pintu Kaca Tempered Glass, Yuk Cek!

Ingin pakai pintu kaca untuk membuat rumah tampak mewah? Pintu kaca memang dapat membuat kesan mewa

Berita Pinhome
Berita Pinhome 4 Manfaat Penting Business Process Outsourcing (BPO) bagi Perusahaan

Untuk meningkatkan produktivitas dan mengurangi biaya dalam waktu panjang, sejumlah pemilik bisnis

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Interior Kantor Estetik Namun Tetap Nyaman & Produktif

Interior kantor yang estetik akan menambah semangat kerja karyawannya. Selain itu dapat menarik per

Ruang Tamu
Ruang Tamu Trik Akali Ruang Tamu Apartemen Kecil Agar Lebih Lapang

Lahan untuk tempat tinggal semakin terbatas. Jika luas rumah tidak terlalu besar maka harus pintar

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Kenali Ragam Tata Ruang Kantor & Plus Minusnya

Tata ruang kantor harus memperhatikan ergonomis dan kenyamanan karyawan. Saat bekerja karyawan meng

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia