BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Daftar Perlengkapan Kamar Tidur Untuk Bayi
0
0

7 Daftar Perlengkapan Kamar Tidur Untuk Bayi

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas dan Diperbarui oleh Nur Dwi Ratnasari

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Menyambut buah hati hadir ke dunia merupakan momen penting bagi setiap keluarga. Tak hanya perlu menyiapkan mental saja namun Pins juga wajib memenuhi semua yang ada di daftar perlengkapan kamar tidur bayi Pins.

Apalagi bayi yang baru lahir perlu mendapatkan perhatian ekstra. Daftar perlengkapan kamar tidur tentu haru bisa dicicil jauh-jauh hari sebelum kelahirannya. Adapun yang perlu disiapkan pada kamar tidurnya diantaranya adalah sebagai berikut:

Tempat Tidur Bayi

Daftar perlengkapn kamar tidur
Source : Shutterstock

Tempat tidur bayi harus memenuhi SNI yakni terbuat dari kayu. Bagian alasanya minimal berukuran 40 cm dari permukaan lantai. Sementara panjang minimal sekitar 100 cm dengan lebar 65 cm.

Posisi box bayi tidak bergoyang sehingga saat diletakan bayinya bisa pada permukaan datar. Bagian kisi-kisi memiliki jarak maksimal 85 cm dan tidak tajam. 

Jika Pins membeli tempat tidur ini dari luar negeri perhatikan standar keamanan negara asalnya. Misalnya pada produk box bayi dari Jepang akan tertera tanda PSC dan SG sebagai standar keamanan.

Pins bisa pula menambahkan kelambu pada tempat tidur bayi. Fungsi kelambu adalah menghadang serangga masuk ke box seperti nyamuk dan lainnya. Bayi bisa terlelap dengan nyenyak dan aman.

Perlengkapan Mandi

Daftar perlengkapan kamar tidur
Source : Shutterstock

Daftar perlengkapan kamar tidur bayi selanjutnya adalah perlengkapan mandi. Dalam mencari perlengkapan mandi, Pins wajib mencari bahan yang sesuai kulit bayi Pins. Beberapa anak terlahir dengan kulit sensitif sehingga alergi pada bahan tertentu.

Peralatan mandi harus aman dan nyaman agar menjaga keselamatan bayi. Bayi dengan kulit sensitif harus memakai bahan yang terbebas dari zat adiktif berbahaya.

Beberapa perlengkapan mandi yang dibutuhkan anak umumnya sabun, shampo, handuk, sisir dan beberapa mainan. Fungsi mainan ini untuk menciptakan suasana menyenangkan saat mandi.

Apalagi dengan semakin bertumbuh besar buah hati maka ia akan aktif bergerak. Begitupun ketika saat ia hendak dimandikan.

Baca juga: Desain Kamar Tidur Bayi Yang Lucu Namun Tetap Nyaman

Botol Susu

daftar perlengkapan kamar mandi
Source : Shutterstock

Tidak semua bayi bisa langsung memperoleh ASI dari ibunya. Beberapa anak mendapatkan makanan dari susu formula. Sebagai alat bantu minumnya maka digunakan botol susu. Itulah kenapa botol susu wajib masuk ke dalam daftar perlengkapan kamar tidur bayi Pins.

Kini banyak tersedia botol susu dan dot dengan berbagai model. Pilih botol susu sesuai dengan usia bayi. Pemilihan botol susu yang tepat mampu mencegah bayi tersedak.

Ada 4 pilihan material yang biasa dipakai sebagai botol susu. Bahan kaca memiliki kelebihan mudah dibersihkan dan disterilkan. Plastik memiliki berat yang ringan sehingga aman dibawa kemana-mana.

Jika membutuhkan botol tahan panas dan retak bisa memilih tritan. Sementara bahan yang lembut dan nyaman dipegang umumnya memakai bahan silikon. Ukuran dot sendiri terbagi atas SS-S untuk bayi kurang dari 3 bulan.

Jika bayi berusia 3-6 bulan maka ukuran dot adalah M dengan kapasitas 160-200 ml. Ukuran L untuk bayi lebih dari 6 bulan berkapasitas 200-220 ml.

Baca juga: 14 Dekorasi Kamar Tidur

Sprei

Daftar perlengkapan kamar tidur
Source : Shutterstock

Daftar perlengkapan kamar tidur yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah sprei. Alas tidur yang nyaman bisa membuat bayi lebih nyenyak. Ukuran sprei disesuaikan dengan box bayi.

Jika kurang dari satu tahun maka ukuran spreinya compact. Gunakan bahan yang tahan air atau waterproof. Bayi akan mudah mengotori alas tidur karena susu tumpah, air liur, keringat hingga mengompol.

Perhatikan bahan sprei setidaknya harus lembut, empuk dan halus. Bahan nilon dan poliester unggul karena mudah kering. Bahan katun memberikan sentuhan yang lembut.

Baca juga: 15 Desain Kamar Bayi Mewah untuk Buah Hati

Baby Stroller

Baby Stroller
Source : Shutterstock

Baby stroller digunakan untuk mempermudah membawa bayi ketika ia terjaga. Kereta bayi ini bisa digunakan untuk anak hingga usia 3-4 tahun. Hal yang perlu diperhatikan saat membeli kereta bayi diantaranya adalah :

  • Pilih stroller dengan roda depan dan belakang yang mudah berputar. Tujuannya akan mempermudah membelokkan stroller memakai satu tangan
  • Pastikan bagian kursinya bisa disesuaikan hingga posisi hampir berbaring serta ada tempat menaruh kaki
  • Kereta dorong perlu memiliki kanopi yang mudah dibongkar pasang. Fungsinya melindungi bayi dari sinar matahari, hujan hingga angin
  • bagian pegangan dapat disesuaikan dengan tinggi badan orang yang mendorongnya. 
  • Perhatikan batas berat badan, ketahanan sabuk pengaman dan remnya sebagai salah satu pengaman.

Baca juga: 15 Desain Kamar Tidur Mezzanine

Popok dan Perintilannya

Popok perintilannya
Source : Shutterstock

Dalam memilih popok jangan hanya asal menyerap saja. Kondisi kulit bayi menjadi faktor penentu utama. Menurut Advances in Wound Care menyatakan bahwa kondisi kulit bayi dipengaruhi oleh lamanya kehamilan.

Bahan nyaman serta kelembutan menjadi poin utama dalam memilih popok. Daya serap tinggi dan anti bocor merupakan faktor pemilihan popok berkualitas.

Pada dasarnya untuk memastikan seberapa cepat popok menyerap air bisa memakai air hangat dan tisu toilet. Tuang air hangat pada popol kemudian pakai tisu toilet untuk menyeka permukaannya.

Bila popok bisa kering selama 12 jam maka daya serapnya tinggi. Sesuaikan ukuran popok dengan usia dan berat bayi.

Baca juga: Cara Dekorasi Kamar Bayi Baru Lahir

Kabinet Obat

kabinet obat
Source : Shutterstock

Terakhir ada kabinet obat yang perlu disediakan dalam kamar tidur bayi. Ada beberapa obat yang wajib ada di kotak obat diantaranya adalah :

  • Obat batuk yang diberikan untuk bayi usia 4-6 bulan
  • Krim ruam popok yang mengandung zinc oxide sehingga menenangkan kulit iritasi
  • Nasal aspirator bila buah hati mengalami hidung mampet
  • Minyak telon dan bedak

Itulah beberapa daftar perlengkapan kamar tidur untuk bayi baik baru lahir hingga tumbuh kembangnya. Pilih produk yang aman dan berkualitas agar meningkatkan kenyamanan buah hati.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok untuk Kamar Tidur


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Perumahan Ruko Mariposa Solo Baru dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download