BlogPemilik PropertiDesain HunianBerapa Usia Ekonomis Perabot Rumah Tangga? Cek Rentang Pemakaiannya Di Sini!
0
0

Berapa Usia Ekonomis Perabot Rumah Tangga? Cek Rentang Pemakaiannya Di Sini!

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra

Apr 5, 2023

8 menit membaca

Copied to clipboard
usia ekonomis perabot rumah tanggatop-right-banner

Siapa sangka ternyata perabot rumah memiliki masa pakai yang harus diketahui oleh pemakainya. Usia ekonomis perabot rumah tangga umumnya tidak langsung diinformasikan secara langsung. Bahkan, alat yang sama namun berbeda merek pun bisa memiliki usia ekonomis yang sedikit berbeda. 

Mengetahui usia ekonomis perabot rumah tangga adalah hal penting. Ini berkaitan dengan keamanan saat menggunakan alat tersebut.

Dalam ulasan ini, kita akan mengetahui usia ekonomis 10 perabot rumah tangga yang mungkin ada di rumah Pins saat ini. Namun sebelumnya, mari simak keuntungan mengetahui masa pakai sebuah perabot.

Baca juga: 7 Manfaat Baking Soda Untuk Membersihkan Perabotan Rumah

Keuntungan Memahami Masa Pakai Perabot Rumah

masa pakai perabot rumah
Source : Freepik

Pins, ketika kamu membeli makanan pasti akan mengecek bagian tanggal kedaluwarsa, bukan? Tujuan utama mengetahui tanggal kedaluwarsa ini untuk menghindari keracunan makanan.

Ini juga berlaku untuk perabot rumah. Ada bahaya yang mengintai jika kamu tidak mengetahui usia atau masa pakai alat. Berikut keuntungan jika kamu memahami usia pakai perabot rumah tangga:

Mengantisipasi Kerugian Biaya Perbaikan yang Tinggi

Pernahkah kamu melakukan servis pada alat elektronik? Biasanya biaya servis untuk kondisi kerusakan yang terlalu parah bisa melebihi harga beli perabot tersebut.

Kerusakan pada sebuah perabot umumnya disebabkan karena usia perabot tersebut yang sudah tua. Teknologi mesin memiliki usia ekonomis sehingga dalam beberapa tahun perlu diganti dengan yang baru.

Dengan mengetahui usia ekonomis barang, kamu bisa menghindari kerugian biaya perbaikan yang tinggi, Pins.

Menghindari Kecelakaan Atau Insiden

Pernahkah kamu mendengar berita kebakaran disebabkan selang gas yang bocor?

Kondisi ini dipicu oleh kualitas dan kondisi selang gas yang sudah usang. Agar bisa mengantisipasi atau menghindari kecelakaan, maka kamu harus mengetahui usia ekonomis barang tersebut. 

Membantu Kamu Tahu Kapan Harus Beli Perabot Baru

Masih berkaitan dengan poin di atas, tujuan dari mengetahui usia ekonomis barang adalah menghindari kecelakaan. Hal ini mengarahkan kita untuk tahu kapan harus mengganti atau membeli perabot baru. 

Baca juga: Tips Menghindari Perabotan Rumah Berjamur

Usia Ekonomis Perabot Rumah Tangga dan Tips Merawatnya

usia ekonomis perabot rumah tangga
Source : Pinhome

Setelah kamu memahami apa saja fungsi dari mengetahui usia ekonomis perabot rumah, mari kita simak berapa lama sih, sebuah perabot bertahan untuk digunakan? Cek juga tips merawat perabot rumah di bawah ini!

Tempat Tidur Spring Bed

usia ekonomis spring bed
Source : Freepik

Spring bed ternyata mempunyai usia ekonomis 7-8 tahun saja. Hal ini mungkin mengacu pada kondisi per pada kasur dan juga busa yang ada di dalamnya. 

Ketika kasur spring bed sudah melewati usia ekonomis, umumnya akan berdampak pada kenyamanan saat digunakan. Bisa saja per kasur menjorok ke luar dengan merobek permukaan kasur. 

Selain itu elastisitas kasur pun tidak lagi prima. Alhasil, jika kamu tetap menggunakan kasur tersebut, maka kualitas tidur akan menurun. 

Untuk menjaga kualitas spring bed, kamu bisa melakukan penggantian bed cover, sprei dan vakum pada permukaan kasur. ya Pins!

Baca juga: Tips Mendesain Kamar Tidur Multifungsi

Air Conditioner (AC)

usia ekonomis perabot rumah tangga AC
Source : Sharp Indonesia

Air Conditioner atau AC merupakan salah satu perabot elektronik yang mempunyai fungsi mendinginkan ruangan. Di zaman sekarang, AC yang dijual di pasaran dibekali dengan fitur seperti filter anti bakteri dan virus sehingga bisa menghasilkan udara yang lebih sehat ketika digunakan. 

Untuk menjaga kualitas fitur tersebut, kamu perlu melakukan servis AC secara berkala. Pins tidak harus menunggu sampai AC rusak jika ingin melakukan servis. Kamu bisa melakukan servis 1-2 kali dalam sebulan. 

Biaya pengecekan atau maintenance AC biasanya lebih murah dibandingkan perbaikan AC. Menjaga kualitas AC pun bisa dilakukan dengan mengisi freon segera setelah kamu merasa AC kehabisan pendingin.

Baca juga: Total Biaya Pasang AC Rumah, Plus Info Harga Perawatannya!

Kulkas

usia ekonomis Kulkas
Source : Freepik

Siapa sih yang tidak suka minuman dingin dan segar? Pasti kamu semua menyukai minuman yang segar kan Pins?

Kulkas menjadi alat rumah tangga yang bisa memenuhi kebutuhan minuman dingin. Kamu cukup meletakkan air minum di dalam kulkas dan diamkan dalam beberapa menit, maka voila, minuman dingin jadi deh!

Tapi tahukah kamu bahwa kulkas mempunyai usia ekonomis 9-10 tahun saja. Walau demikian, kamu bisa menjaga kualitas kulkas dengan membersihkannya setiap satu kali dalam seminggu atau dua minggu.

Hindari mengisi kulkas dengan makanan atau minuman yang masih panas. Selain itu selalu tutup rapat kulkas setelah digunakan untuk menjaga performa alat pendingin tersebut.

Baca juga: Daftar Harga Kulkas Sharp 2 Pintu Terbaik, Dijamin Awet!

Kompor Gas, Regulator Dan Selang Gas

usia ekonomis perabot rumah tangga kompor gas
Source : Freepik

Kompor gas, selang dan regulator adalah komponen yang mendukung aktivitas di dapur. Tanpa mereka, kita akan kesulitan untuk memasak makanan.

Ketika menggunakan komponen kompor tersebut kita harus berhati-hati. Pengecekan kualitas kompor secara berkala, selang, dan regulator bisa menjaga kita dari hal-hal yang tidak diinginkan.

Kompor gas, selang dan regulator memiliki usia ekonomis 2 tahun. Walau pun memiliki usia yang sebentar, kamu juga harus menjaga kualitasnya dengan membersihkan sela-sela kompor, mengganti selang dan regulator mudah lepas jika terjadi kebocoran.

Baca juga: 10 Merek Kompor Gas Tanam yang Bisa Melengkapi Dapur Modern Milikmu!

Meja Makan

usia ekonomis  meja makan
Source : Freepik

Siapa sangka bahwa meja makan pun mempunyai usia ekonomis lho, Pins. Usia pakai meja makan cukup lama yaitu 15-20 tahun. Meski masa pakai meja makan cukup lama, namun kamu bisa mempertahankan kualitasnya dengan melakukan hal berikut:

  • Bersihkan meja dengan rutin. Apabila berbahan kayu, pastikan kamu mengelap hingga bersih dari minyak dan debu yang menempel di kayu.
  • Hindari meletakkan barang berat yang tidak selayaknya berada di atas meja makan seperti alat pertukangan dan lain-lain.
  • Gunakan taplak meja sebagai alas untuk melindungi permukaan meja.
  • Cat ulang meja makan jika warnanya telah pudar. 
  • Hindari duduk di atas meja makan untuk menghindari beban yang terlalu berat.
usia ekonomis perabot rumah tangga
Source : Pinhome

Kursi Ruang Tamu

usia ekonomis kursi ruang tamu
Source : Freepik

Kursi ruang tamu mempunyai fungsi yang cukup signifikan dalam sebuah hunian. Salah satunya adalah sebagai tempat menjamu tamu yang datang ke rumah.

Jenis kursi yang satu ini memiliki usia ekonomis 7-15 tahun, cukup lama bukan?

Untuk memastikan kursi di ruang tamu tetap awet, pastikan untuk tidak berlompatan di atasnya. Bersihkan sofa dan kursi secara rutin agar tidak menumpuk debu.

Baca juga: Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis Untuk Rumah Kecil Agar Terlihat Lebih Luas

Meja Belajar

Source : Freepik

Meja belajar menjadi salah satu perlengkapan penting di rumah. Umumnya meja ini digunakan untuk mengerjakan tugas dan bekerja.

Usia ekonomis perabot rumah tangga satu ini antara 15-20 tahun, hampir sama dengan meja makan.

Pastikan kamu selalu merawatnya dan tidak meletakan barang berat di atasnya. Hindari juga menaruh minuman panas di atas permukaan meja, karena itu akan melunturkan cat meja.

Baca juga: 10 Merk Cat Kayu Terbaik Tahan Lama Untuk Perabotanmu

Peralatan Masak

Source : Freepik

Peralatan masak memiliki waktu pakai yang sebentar yakni sekitar 3-5 tahun. Hal ini wajar karena Pins menggunakan alat masak hampir setiap hari.

Agar peralatan masak tetap terjaga kualitasnya, pastikan untuk mencuci bersih setelah digunakan. Jika terdapat bekas atau noda hitam, hilangkan noda tersebut agar alat masak tetap kuat.

Baca juga: 11 Model Kitchen Set Mewah dengan Desain Minimalis

Kabel Listrik SNI

Source : Freepik

Kabel listrik SNI seperti di atas tentu akan kita temui di hampir setiap rumah. Fungsinya sangat esensial dalam mendukung aktivitas kelistrikan kita di rumah.

Usia kabel listrik ini cukup panjang karena bisa dipakai dalam jangka waktu 25-30 tahun. Namun, usahakan untuk meletakkannya jauh dari sumber api dan air.

Usahakan area sekitar colokan tetap kering dan bersih. Apabila kamu berniat untuk pergi dalam jangka waktu lama, pastikan juga kamu sudah mencabut colokan ya Pins.

Baca juga: Ikuti 9 Cara Pasang Kabel Otomatis Jet Pump

Lampu Bohlam LED

Source : Freepik

Lampu bohlam LED bisa menjadi opsi bagi kamu yang ingin memasang sumber penerangan di rumah. Lampu ini biasanya berusia 2-3 tahun. Agar performa lampu tetap terjaga, pastikan untuk menggunakan lampu sesuai kebutuhan dan pilihlah yang berstandar SNI.

Itulah beberapa perabot rumah dengan usia ekonomis serta tips merawatnya. Semoga berguna ya Pins!


Editor: Nurchalimah

Desain infografis oleh: Creative Team Pinhome


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download