Pinhome

Uncategorized

Penggunaan Baking Soda Untuk Membersihkan Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Penggunaan baking soda biasanya hanya untuk mengembangkan kue, namun ternyata baking soda juga memiliki manfaat lain yaitu dapat membersihkan rumah Anda. Baking soda sendiri merupakan bahan-bahan yang terdiri dari bahan kimia dengan nama lain natrium biokarbonat. Baking soda juga memiliki sifat aktif dari zat-zat yang terkandung dalam baking soda. Zat-zat tersebut juga dapat mengangkat kotoran pada perabotan di rumah Anda.

Berikut ini merupakan hal-hal yang dapat dilakukan menggunakan baking soda, antara lain :

Membersihkan Microwave

Microwave digunakan untuk memanaskan makanan, dan biasanya setelah digunakan ada sisa makanan yang menempel pada dinding microwave. Menggunakan baking soda akan memudahkan untuk mengangkat sisa makanan yang menempel pada microwave. Anda dapat memasukan 1 sdm baking soda dalam mangkuk berisi air, lalu panaskan dalam microwave selama 1 sampai 2 menit. Matikan microwave dan siapkan lap untuk menyeka bagian dalam dari microwave.

Menghilangkan Bau dalam Kulkas

Aroma dalam kulkas terkadang sangat tidak sedap, karena ada beraneka makanan yang ada di dalam kulkas yang tertutup dan tidak ada udara. Cara mengurangi bau tersebut adalah dengan meletakkan baking soda pada wadah terbuka dalam kulkas. Baking soda akan menjaga kesegaran makanan dan minuman Anda agar tidak tercampur dengan bau yang tidak sedap dalam kulkas.

Membersihkan Toilet

Selain berguna untuk membersihkan microwave, baking soda juga dapat digunakan untuk membersihkan toilet di rumah Anda. Langsung taburkan saja sedikit baking soda dalam toilet, kemudian sikat secara merata. Hasilnya akan membuat kamar mandi Anda menjadi bersih.

Memadamkan Api

Apabila terjadi kebakaran ringan saat memasak, Anda tidak perlu khawatir. Baking soda dapat memadamkan api tersebut secara cepat hanya dengan menuangkan baking soda ke sumber api, api akan segera padam. Baking soda bila dipanaskan akan memproduksi gas karbondioksida yang mengurangi jumlah oksigen yang dibutuhkan api, sehingga baking soda tersebut dapat memadamkan api.

Menghilangkan Noda Membandel pada Pakaian

Jika pakaian Anda terdapat noda yang membandel, dapat dibersihkan dengan baking soda. Campurkan ¼ gelas baking soda dan deterjen dalam mesin cuci. Noda membandel pun akan hilang.

Membersihkan Buah dan Sayur

Baking soda juga dapat menghilangkan kuman yang terdapat pada buah dan sayur. Tambahkan 2 sdm baking soda pada mangkuk yang diisi air, lalu masukan buah dan sayur.

Membersihkan Saluran Air

Jika saluran air di rumah tersumbat, Anda dapat menggunakan baking soda untuk mengurangi penyumbatan. Taburkan segelas baking soda dan satu botol besar air panas dalam saluran pembuangan.

Itulah ulasan mengenai manfaat lain dari baking soda selain untuk mengembangkan roti, selamat mencoba.

Tags :

Bagikan Artikel