BlogPemilik PropertiDesain HunianIkuti 9 Cara Pasang Kabel Otomatis Jet Pump
0
0

Ikuti 9 Cara Pasang Kabel Otomatis Jet Pump

Dipublikasikan oleh Aileen Velishya dan Diperbarui oleh Voni Wijayanti

Apr 5, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
cara-pasang-kabel-otomatis-jet-pumptop-right-banner

Saat ini telah banyak rumah-rumah yang menggunakan jet pump otomatis. Pompa air ini digunakan untuk memompa air agar bisa disalurkan ke kamar mandi untuk kebutuhan mandi, cuci dan kakus di rumah. Terlebih saat ini telah banyak pompa air otomatis dengan teknologi yang modern. Apakah Pins sudah tahu cara pasang kabel otomatis jet pump?

Pada dasarnya jet pump ini bekerja secara otomatis dengan pressure switch. Dengan bantuan pompa air otomatis ini, kamu jadi lebih mudah mendapatkan air tanpa harus bersusah payah menimba seperti zaman dulu. Sayangnya banyak yang tidak tahu cara pemasangan jet pump otomatis ini. Padahal pemasangannya tidak serumit yang dibayangkan oleh banyak orang lho! Berikut cara pasang kabel otomatis jet pump yang bisa kamu ikuti sendiri di rumah.

Fungsi dan Cara Kerja Pompa Air Otomatis

(Pinterest)

Dengan menggunakan pompa air otomatis, tentu banyak rumah yang sangat terbantu. Terlebih air adalah kebutuhan primer yang sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari. Hanya saja penggunaan pompa air ini agak merepotkan karena Pins jadi harus menyalakan saklar setiap kali ingin mengisi penampungan air. Hal ini berbeda jika kamu menggunakan PDAM yang hanya perlu memutar air kran saja.

Secara umum, prinsip kerja jet pump otomatis ini adalah dengan menggunakan saklar. Kerja saklar ini berfungsi untuk memutus dan menghubungkan kabel positif dari aliran listrik menuju pompa air. Ketika aliran listrik terputus, maka pompa air otomatis ini akan mati. Begitu juga ketika aliran listrik terhubung, jet pump otomatis ini akan menyala dan menyalurkan air.

Baca juga:

Jenis-Jenis Pompa Air Otomatis

(Pinterest)

Di pasaran terdapat dua jenis pompa air otomatis yang banyak dipasang di rumah-rumah, yaitu pompa air otomatis pada jet pump dan tandon. 

Saklar Otomatis Jet Pump

Pada pompa air otomatis dengan saklar di jet pump, saklar ini bekerja dengan mendeteksi tekanan air. Ketika kran air dibuka, maka tekanan air akan berkurang sehingga pompa air menyala dan otomatis akan mendorong air mengalir melalui pipa ke tandon atau bak mandi. Kemudian jika kran air ditutup, tentu hal ini akan meningkatkan tekanan air sehingga mesin pompa air akan otomatis mati dengan sendirinya.

Jadi daya hisap pompa air otomatis ini bekerja sesuai dengan tekanan air pada ruang impeller. Jadi ketika tekanan air naik, komponen platina terbuka dan memutus arus listrik sehingga mesin pompa air akan mati.

Kelebihan dari menggunakan jenis pompa air yang satu ini adalah kamu jadi tidak perlu menggunakan tandon air. Hanya saja pada jenis pompa air ini mengonsumsi listrik yang cukup besar jika kamu menyalakan air berkali-kali melalui kran air.

Saklar Otomatis Tandon Air

Jenis pompa air otomatis yang satu ini bekerja dengan menggunakan prinsip ketinggian atau volume air. Saklar ini terpasang pada pelampung yang terdapat di dalam tandon air. Jadi, ketika air di dalam tandon sudah hampir habis, pelampung akan turun dan menarik saklar otomatis sehingga mesin pompa akan tersambung dengan aliran listrik. Hal ini membuat mesin air menyala secara otomatis dan mengisi air ke dalam tandon.

Kemudian jika tandon air sudah terisi penuh, maka pelampung akan ikut naik dan melepas tarikan pada saklar otomatis sehingga memutus aliran listrik ke mesin air. Hal ini akan membuat mesin pompa air ini mati dan berhenti mendorong air.

Kelebihan dari penggunaan jenis jet pump yang satu ini adalah kamu akan lebih berhemat menggunakan air. Karena saklar akan secara otomatis menyambungkan dan memutus aliran listrik saat air habis dan penuh.

Baca juga: Tips Memilih Pompa Air Di Rumah

Cara Pasang Kabel Otomatis Jet Pump

(Pinterest)

Cara memasang kabel otomatis jet pump ini tidaklah sulit. Hanya saja pastikan bahwa kamu memiliki daya listrik rumah yang cukup dengan daya listrik pada jet pump yang akan kamu gunakan. Berikut cara pasang kabel otomatis jet pump yang bisa kamu lakukan sendiri.

  • Hal pertama yang harus kamu lakukan dalam memasang kabel pompa air otomatis ini adalah dengan menyambungkan kabel listrik positif ke salah satu terminal saklar otomatis. 
  • Selanjutnya, kamu harus menyambungkan kabel listrik negatif ke arah kabel pompa air di sisi lain. 
  • Jika sudah, Pins bisa menyambungkan terminal kabel saklar ke salah satu kabel pompa air.
  • Jangan lupa untuk membungkus sambungan kabel ini dengan lakban supaya tidak ada kabel yang terekspos dan beresiko membahayakan kamu dan keluarga, Karena hal ini bisa menyebabkan orang tersetrum hingga korsleting listrik.
  • Langkah selanjutnya dalam cara pasang kabel otomatis pompa air adalah dengan memasangkan kabel grounding ke mesin pompa air yang menuju tanah.
  • Jika terdapat saklar otomatis pada pompa air, maka buka salah satu sekrup kran air sebelum memasang saklar. 
  • Jika pompa air tidak menyala, maka putar sekrup hingga mesin air menyala.
  • Setelah mesin air berhasil menyala, maka tutup kembali kran air. 
  • Lalu jangan lupa untuk memasang pelampung sesuai dengan ketinggian tandon atau penampungan air.

Itulah fungsi, cara kerja, jenis-jenis dan cara pasang kabel otomatis jet pump yang bisa menambah pengetahuan kamu dan dipraktekan di rumah. Semoga bermanfaat!


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download