BlogPemilik PropertiDesain HunianHarga Kabel Listrik Rumah Per Meter, Terlengkap! 
0
0

Harga Kabel Listrik Rumah Per Meter, Terlengkap! 

Dipublikasikan oleh  

Mei 2, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
harga kabel listrik per metertop-right-banner

Setiap rumah pasti membutuhkan listrik untuk kebutuhan sehari-hari seperti lampu, AC, perangkat elektronik, dan masih banyak lagi. Untuk itu kabel listrik sangat dibutuhkan dalam pembangunan rumah.

Kabel listrik sendiri memiliki banyak jenis dan fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan. Nah, kira-kira berapa saja harga kabel listrik tersebut per meter-nya? Yuk, langsung saja simak berbagai jenis kabel listrik dan harganya berikut ini! 

Daftar Harga Berbagai Jenis Kabel Listrik

Berikut ini daftar dan harga jenis kabel listrik yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan kamu. 

Kabel Listrik NYA

cariilmu.com

Jenis kabel listrik NYA ini merupakan kabel listrik yang biasa digunakan untuk perlistrikan rumah tangga. Kabel ini ukurannya sekitar 1,5 mm hingga 2,5 mm. Kabel intinya berupa kabel tunggal dengan bahan pelapis PVC berwarna merah, biru, dan hitam. 

Kabel ini terbilang memiliki lapisan yang tipis, sehingga mudah robek dan tidak tahan air. Oleh sebab itu, tidak cocok untuk instalasi dekat air atau dalam air. Nah, harga kabel listrik NYA per 100 meter-nya sekitar Rp 145.000 hingga Rp 350.000 

Baca juga: Anggaran Biaya Instalasi Listrik Rumah

Harga Kabel Listrik NYY

Selanjutnya ada kabel listrik NYY. Dalam satu kabel NYY ini terdapat tiga sampai empat material tembaga yang menghantarkan listrik lalu ditutup menggunakan PVC. Jenis kabel ini sangat aman ditanam di dalam tanah karena bahan PVC di luarnya tebal dan kuat. 

Kabel jenis ini juga sangat tahan terhadap air. Namun, ada baiknya menambahkan isolasi pipa tambahan untuk perlindungan tambahan. Apalagi untuk aliran listrik yang bertegangan tinggi. Harga kabel listrik jenis ini per 50 meternya sekitar Rp 325.000 hingga Rp 550.000 

Kabel Listrik NYM

tptumetro.com

Jenis kabel listrik selanjutnya ada kabel listrik NYM. Bentuk kabelnya terdiri dari tiga atau empat tembaga penghantar listrik yang diisolasi menggunakan PVC dua lapis. 

Kabel jenis ini jauh lebih aman, karena isolasinya yang kuat. Kabel jenis ini juga aman dipakai di lingkungan basah dan kering. Namun, tidak dapat ditanam di dalam listrik. Kabel listrik ini biasanya digunakan untuk instalasi hunian atau gedung. 

Harga kabel listrik NYM per 50 meternya adalah Rp 250.000 sampai Rp 415.000 

Baca juga: Harga Kabel Listrik Rumah Per Meter, Terlengkap! 

Kabel Listrik NYAF

Butuh kabel rumah yang memiliki fleksibilitas tinggi? Kabel NYAF cocok untuk jadi pilihannya. Kabel ini bisa digunakan pada berbagai jenis sudut rumah. Jenis kabel ini diisolasi menggunakan PVC yang aman.

Kabel ini bisa dipakai di lingkungan kering saja, ya. Ada baiknya kabel ini juga tidak langsung terkena pengaruh cuaca, misalnya teriknya panas dan hujan. Harga kabel jenis ini per 100 meter sekitar Rp 130.000 sampai Rp 280.000

Baca juga: 12 Jenis Kabel Listrik untuk Instalasi Rumah

Kabel Listrik NYMHYO

skemaku.com

Selanjutnya ada kabel listrik NYMHYO. Kabel jenis ini terdiri dari dua inti serabut. Kamu biasanya akan melihat kabel ini pada peralatan elektronik rumah tangga. Tegangan yang dialirkan pada jenis kabel ini pun merupakan tegangan rendah, seperti soundsystem dan lainnya. 

Harga jenis kabel ini per 50 meternya sekitar Rp 90.000 sampai Rp 250.000 

Kabel Listrik NYMHY

Masih ada beberapa jenis kabel listrik lagi yang bisa jadi pilihan, yaitu kabel listrik NYMHY. Kabel jenis ini paling mudah dibedakan, yaitu berwarna putih. Kabel jenis ini terdiri dari inti serabut yang diisolasi menggunakan PVC. 

Biasanya kabel jenis ini cocok dipakai pada daya listrik 900 watt ke bawah. Hal itu karena kelebihan dari kabel ini adalah tidak mudah patah memiliki fleksibilitas yang tinggi. Untuk harga jenis kabel listrik ini per 50 meternya sekitar Rp 140.000 sampai Rp 375.000

Kabel Listrik NYYHY

Nah, kebalikan dari kabel listrik NYMHY, kabel NYYHY memiliki ciri khas berwarna hitam. Kabel ini terdiri dari tiga sampai empat serabut tembaga yang diisolasi dengan bahan PVC hitam yang tebal. 

Sama seperti kabel NYMHY, kabel jenis ini memiliki fleksibilitas yang tinggi. Untuk harga jenis kabel listrik ini per 100 meternya adalah sekitar Rp 939.000.

Baca juga: Tagihan Listrik Membengkak? Ini 11 Cara Menghemat Listrik di Rumah!

Kabel Listrik Barecore

tokopedia.com

Terakhir ada kabel Bare Core atau kabel BC. Kabel jenis ini cukup unik karena tidak menggunakan lapisan isolator. Meskipun begitu ada baiknya kamu menambahkan pipa PVC sebagai pelindung kabel. 

Nah, kabel ini biasa digunakan di gedung atau rumah sebagai penangkal petir atau menghantarkan listrik petir ke area isolator. Nah untuk harganya, jenis kabel listrik ini dibanderol sekitar Rp 19 ribu per meternya. 

Nah, itu tadi beberapa jenis kabel listrik untuk hunian kamu yang bisa jadi referensi sesuai kebutuhan. Untuk harganya biasa dijual per 50 meter hingga 100 meter. Kamu bisa menanyakan pada ahlinya untuk menentukan kabel listrik yang paling tepat untuk kebutuhanmu, ya. Pastikan juga meminta bantuan ahli untuk memasangnya supaya tetap aman. 

Baca juga: 5 Posisi Saklar Listrik yang Benar dan Cara Memasangnya


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download