BlogPemilik PropertiDesain HunianKetahuilah Ukuran Standar Meja Belajar yang Sesuai dengan Kebutuhan Anak
0
0

Ketahuilah Ukuran Standar Meja Belajar yang Sesuai dengan Kebutuhan Anak

Dipublikasikan oleh Aodhira Fawwaz Syah dan Diperbarui oleh Aodhira Fawwaz Syah

Jan 24, 2024

5 menit membaca

Copied to clipboard
ukuran meja belajartop-right-banner

Orang tua harus bisa mendampingi anak saat belajar agar dukungan emosional dirasakan oleh anak. Namun tidak hanya dukungan emosional, dukungan sarana prasarana juga harus dipenuhi agar anak dapat belajar dengan optimal. Salah satu fasilitas yang sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan belajar anak di rumah adalah meja belajar dengan ukuran meja belajar yang benar. Simak artikel ini untuk mengetahi ukuran meja belajar anak!

Pins coba telusuri hunian yang tidak kalah menarik dan bagus sebagai tempat tinggal barumu di jual rumah baru di Kabupaten Bogor dan di rumah bekas Kec Bandung. Apabila kamu ingin membangun rumah dengan desain milikmu sendiri, coba manfaatkan Program KPR Bank!

Baca juga: 10 Desain Tempat Tidur Tingkat Minimalis untuk Buah Hati

Ukuran Standar Meja Belajaryang Sesuai dengan Kebutuhan Anak

Masa anak-anak adalah masa emas di mana anak tumbuh. Di masa inilah orang tua harus mencurahkan kasih sayang dan dukungan agar anak mendapatkan kasih sayang yang baik serta dukungan untuk mendapatkan prestasi dalam dunia pendidikan. Hal ini tentu sangat berpengaruh terutama pada karakter dan masa depan anak. 

Sayangnya banyak orang yang tidak mengetahui ternyata terdapat ukuran meja belajar standar yang harus disesuaikan dengan kebutuhan anak. Bagi Pins yang penasaran, yuk simak penjelasannya lewat ulasan di bawah ini!

1. Ukuran Standar Meja Belajar

Source : Pinterest

Ukuran meja belajar biasanya memang sangat bervariasi. Hal ini tergantung produsen, jenis meja belajar dan juga jenis meja belajar yang disesuaikan dengan usia anak. Namun umumnya, meja belajar akan memiliki lebar 45-60 cm.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap keleluasaan anak saat belajar. Selain itu ukuran meja belajar yang terlalu kecil juga membuat anak kesulitan jika memerlukan peralatan tulis yang cukup banyak.

Tinggi ukuran standar meja belajar yang baik umumnya berukuran 46 cm. Namun perlu diketahui bahwa ini harus disesuaikan dengan usia anak. Jika anak memiliki postur tubuh yang sangat tinggi, maka tinggi meja belajar yang dibutuhkan bisa mencapai 60 cm. 

Baca juga: 15 Desain Kamar Mandi Anak Beserta Tips Mendesainnya!

2. Ukuran Meja Belajar Berdasarkan Tinggi Anak

Source : Pinterest

Pins juga harus menyesuaikan tinggi kursi dengan meja belajar. Hal ini sangat penting karena jika tinggi kursi dan meja tidak proporsional, maka anak tidak bisa belajar dengan nyaman. Tidak hanya itu, hal ini bahkan dapat berakibat pada postur tubuh anak yang terganggu di kemudian hari. 

Kursi belajar umumnya memiliki lebar 40-50 cm. Penting juga untuk memperhatikan jarak antara sandaran kursi agar tidak terlalu mundur ke belakang ataupun tegak. Selain itu, usahakan untuk memilih kursi dengan yang memberikan jarak 10-11 cm antara bagian meja dengan dudukan kursi. Ini dia ukuran meja belajar standar untuk anak.

Tinggi BadanTinggi MejaTinggi Kursi
100 cm – 115 cm46 cm26 cm
115 cm – 130 cm52 cm30 cm
130 cm – 145 cm58 cm34 cm
145 cm – 160 cm64 cm38 cm
160 cm – 175 cm70 cm42 cm
175 cm atau lebih76 cm45 cm

Tips Memilih Meja Belajar yang Baik

Source : Pinterest

Selain ukuran meja belajar, terdapat hal-hal lain yang perlu diperhatikan sebelum memilih meja belajar yang tepat untuk anak. Berikut beberapa tips memilih meja belajar yang baik untuk anak.

Baca juga: Desain Ruang Belajar Anak Dalam Kamar Agar Betah Berlama-Lama

1. Desain Meja Belajar

Meski desain meja belajar sebaiknya tidak terlalu berlebihan, namun usahakan untuk memilih desain meja belajar dengan tepian membulat pada kaki-kaki meja. Hal ini agar membuat anak tidak terlalu merasakan sakit dan mencegah terjadinya luka saat kaki anak terbentur kaki-kaki meja.

Penting juga untuk memilih ukuran meja ergonomis yang dapat disesuaikan dengan tinggi tubuh anak. Hal ini akan membuat anak lebih fokus saat belajar.

2. Kebutuhan Anak

Mempertimbangkan kebutuhan anak dapat kamu lakukan dengan memilih kursi kerja dengan lebar 40-50 cm dan jarak antara dudukan kursi dengan meja sekitar 10 cm. 

Pilihlah dudukan kursi yang empuk dengan sandaran yang nyaman. Hal ini untuk membuat kegiatan belajar anak terasa lebih nyaman. Dengan kursi belajar yang ergonomis juga dapat mencegah terjadinya kerusakan postur tubuh anak seperti bungkuk atau skoliosis.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kamar Tidur Untuk Anak Kembar Terbaik

3. Tempat

Pastikan penempatan meja belajar di kamar anak, tidak menyebabkan kamar anak menjadi sempit dan sesak. Jika area kamar anak tidak terlalu luas, disarankan untuk menempatkannya dari kejauhan orang yang berlalu lalang dan area menonton televisi agar anak tidak terganggu saat belajar.

Lalu, kamu dapat menambahkan stop kontak dan pencahayaan yang cukup untuk mendukung aktivitas belajar anak.

4. Kesukaan Anak

Pins harus memilih meja belajar yang modelnya, warnanya, dan temanya mengikuti kesukaan anak. Hal ini akan meningkatkan motivasi belajar mereka, karena sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Itulah ukuran standar meja belajar untuk anak dan tips memilih meja belajar. Semoga dengan ulasan di atas bisa membuat Pins memiliki meja belajar yang tepat untuk anak. Namun ingat untuk selalu menyesuaikan ukuran meja dan kursi belajar dengan tinggi tubuh anak. Hal ini untuk mencegah terjadinya perubahan postur tubuh akibat posisi belajar yang kurang nyaman.

Baca juga:

Feature Source Image: BricksFamily


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Cikarang Griya Pratama dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.   

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download