Pinhome

Lifestyle

7 Jenis Kompor Beserta Gambar dan Kelebihannya

Dipublikasikan oleh Ramanda Salsa ∙ 7 October 2021 ∙ 5 menit membaca

Dalam hidup berumah tangga, kompor merupakan salah satu barang yang esensial. Tanpa kompor, kita akan kesulitan untuk memasak makanan. Meski ada microwave, namun banyak jenis makanan yang hanya bisa dimasak menggunakan kompor. Kompor yang paling umum digunakan dan ditemui adalah kompor gas. Selain harganya cukup terjangkau, bahan bakarnya pun mudah ditemukan di sekitar lingkungan tempat tinggal.

Pinhome – Banyaknya jenis kompor gas mungkin membuat kamu bingung memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhanmu di rumah. Setiap jenis-jenis kompor gas dibedakan berdasarkan fungsinya. Nah, supaya kamu nggak bingung, berikut akan Pinhome bahas jenis-jenis kompor gas yang bisa kamu sesuaikan dengan fungsinya. Yuk simak penjelasannya di bawah!

Baca Juga: Tips Memilih Cooker Hood Untuk Dapur Rumah

Kompor Gas Tanam

(Liputan 6)

Sekarang ini, kompor gas tanam banyak diminati oleh mereka yang menyukai desain minimalis dengan pilihan warna netral. Model tungkunya pun beragam, dalam satu kompor umumnya memuat dua tungku dengan ukuran yang berbeda sehingga membuat kita dapat memasak lebih mudah.

Material kompor gas tanam biasanya menggunakan bahan-bahan yang dapat menghantarkan panas secara merata dan konsisten. Selain itu, jenis kompor ini juga termasuk yang mudah dibersihkan dan cukup tahan lama. Bahkan ada beberapa kompor jenis ini yang memiliki fitur untuk mendeteksi kebocoran gas. Namun, kompor gas tanam ini juga memiliki kekurangan, yaitu tidak bisa diubah posisinya karena ditanam, pemasangannya yang rumit, serta berpotensi boros listrik.

Kompor Gas Komersil

(Shopee)

Kompor gas komersil hanya memiliki satu tungku dan biasanya digunakan di rumah makan atau restoran. Materialnya berasal dari besi cor, sehingga lebih kokoh dan kuat untuk menahan beban memasak yang besar dan berat. Api yang dihasilkan pun lebih besar, sehingga masakan akan lebih cepat matang dan menghemat waktu. 

Meski begitu, kompor ini tidak terlalu disarankan untuk penggunaan rumah tangga karena apinya yang sangat besar. Penggunaannya lebih cocok bila diletakkan di ruangan terbuka atau ruangan yang memiliki sirkulasi udara yang baik. 

Jenis Kompor Gas Portabel

(Ralali)

Sesuai dengan namanya, kompor gas portabel termasuk salah satu jenis kompor yang sangat ringan dan bisa dibawa kemana saja. Umumnya, kompor ini sering dibawa oleh para pendaki gunung untuk memasak sambil menikmati keindahan alam di atas gunung. Namun, kompor ini juga banyak dimiliki oleh sebagian besar keluarga karena bentuknya yang praktis dan biasanya digunakan untuk keadaan darurat. Bahan bakarnya pun cukup menggunakan gas kaleng yang mudah ditemui di berbagai toko swalayan.

Namun, beberapa kali ditemukan kebocoran klep pada jenis kompor gas ini. Oleh karena itu, kita harus benar-benar memahami spesifikasi dari kompor gas portabel untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Kompor Gas Freestanding

jenis kompor
(Product Nation)

Kompor gas freestanding adalah penggabungan antara kompor dan oven. Jenis kompor ini merupakan yang paling efisien, karena bisa memasak dan memanggang secara berbarengan. Berkat penggabungan tersebut, proses memasak menjadi lebih mudah dan praktis, sekaligus mampu mempraktikkan berbagai teknik memasak.

Kompor ini dapat lebih mudah dipasang serta memiliki fitur yang cukup lengkap tetapi harganya lebih mahal, ukurannya cukup besar, dan lebih sulit dibersihkan karena detailnya yang lebih banyak. Namun Pins jangan khawatir, kompor gas ini tetap cocok digunakan pada dapur minimalis milikmu.

Jenis Kompor Gas Dua Tungku

(Kompas)

Jenis kompor gas dua tungku merupakan kompor yang paling banyak dan paling umum ditemui di rumah-rumah. Kompor gas dua tungku biasanya berbentuk kompor meja, yang hanya perlu diletakkan di meja dapur. Dari segi harga, kompor ini relatif murah dan dapat ditemui di hampir semua toko perkakas rumah tangga. 

Kompor gas dua tungku memiliki beberapa keunggulan yaitu mudah dibersihkan, panas api stabil, hemat gas, praktis, dan hemat tempat. Dengan memiliki dua tungku, maka kompor ini dapat digunakan untuk memasak dua hidangan sekaligus sehingga dapat mempersingkat waktu memasak.

Kompor Gas Tiga Tungku

jenis kompor
(Harga Web)

Biasanya, kompor gas tiga tungku terdiri dari dua tungku besar dan satu tungku kecil. Semakin banyak tungku, maka kegiatan memasak akan semakin praktis. Beberapa produsen kompor ini juga melengkapi satu tungku dengan fitur pemanggang.

Kompor gas tiga tungku sering digunakan untuk kegiatan memasak yang lebih banyak dan cocok ditempatkan di dapur yang luas. Bila ingin menggunakan tiga tungku secara bersamaan, pastikan wajan yang digunakan memiliki ukuran yang cocok, sehingga tidak akan bersinggungan ketika digunakan berbarengan. 

Jenis Kompor Gas Empat Tungku

(OLX)

Kompor gas empat tungku umumnya digunakan oleh orang yang hobi memasak. Dengan empat tungku, memasak akan lebih singkat karena dapat memproses berbagai jenis makanan dalam satu waktu. 

Meski begitu, jenis kompor ini akan lebih banyak mengonsumsi gas apabila menggunakan empat tungku secara bersamaan. Harganya pun lebih mahal bila dibandingkan dengan jenis kompor gas yang memiliki tungku yang lebih sedikit.

Nah, selesai sudah penjelasan mengenai macam-macam kompor gas. Semoga penjelasan tersebut mampu memudahkan Pins dalam memilih jenis kompor yang sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan ukuran ruangan, budget, dan keperluan memasak. Karena sebagian besar kompor di zaman sekarang sudah memiliki berbagai fitur, pertimbangkan juga jenis kompor yang memiliki fitur keamanan tinggi. Ingat, mencegah lebih baik dari mengobati, ya!

Baca Juga: 10 Nama Alat Dapur dan Gambarnya yang Wajib Dimiliki Pemula


Temukan pilihan rumah terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini.

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!


Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel