BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal
0
0

Cara Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan dan Diperbarui oleh Syahya Rembulan

Mar 31, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Ukuran kamar tidur idealtop-right-banner

Memiliki ukuran kamar tidur ideal adalah impian semua orang. Kamar tidur yang nyaman akan membuat Pins bisa tidur dengan nyenyak dan mendapatkan kualitas tidur yang maksimal. Namun jika ingin membuat ruang tidur senyaman mungkin, tentunya Pins harus mengubah desain atau posisi barang-barang yang ada di kamar.

Artinya Pins harus mendekor ulang kamar kembali. Pada dasarnya, mendesain kamar tidur sendiri adalah pekerjaan yang menyenangkan bagi sebagian orang. Membuat ukuran kamar tidur ideal harus dengan perencanaan yang matang.

Namun tentunya ini memang bukan sesuatu yang mudah, karena membutuhkan banyak pertimbangannya. Seperti menentukan ukuran kamar tidur standar dan sebagainya. Selain itu, ukuran kamar juga mempengaruhi kebutuhan ruangan serta fungsi dari kamar tidur itu sendiri.

Bagi Pins yang masih bingung bagaimana menentukan ukuran kamar tidur ideal. Di sini Pinhome akan memberikan beberapa tips yang bisa Pins ikuti sebagai referensi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Perumahan di Bali Bergaya Resort

Cara Menentukan Ukuran Kamar Tidur Ideal

Ukuran kamar tidur ideal
Source : Pexels

Ada dua cara menentukan ukuran kamar tidur ideal untuk Pins, di antaranya:

Ukuran Kamar Tidur Ideal Sesuai Standar

Pada dasarnya ukuran kamar tidur ideal bersifat relatif, tergantung berapa besar dimensi furniture yang dibutuhkan. Tentu berbagai funiture yang ada di dalam kamar harus memiliki jarak agar penghuni bisa bergerak dengan leluasa.

Apalagi di dalam kamar banyak perabotan seperti kasur, lemari pakaian, meja rias, dan perabotan lainnya. Berikut ini ukuran kamar tidur standar yang umum digunakan:

  • Untuk kamar tidur utama, idealnya memiliki luas minimal 11,15 m2 dan memiliki panjang sisi terpendek kira-kira 2,85 m bersih dari dinding ke dinding lain.
  • Sedangkan untuk kamar tidur anak, idealnya memiliki ruang tidur dengan luas 7,43 m2 dan memiliki panjang sisi paling pendek 2,50 m dari dinding ke dinding.
  • Apabila rumah yang memiliki kamar tidur pembantu, sebaiknya menyediakan ruangan sekitar 5-6 m2 dengan panjang sisi paling tidak 2 m bersih dari dinding ke dinding.

Ukuran kamar tidur ideal di atas didasarkan dari kebutuhan ruang gerak penghuni yang beraktivitas selama di ruang tidur tersebut. Ada beberapa pertimbangan yang mungkin masih disesuaikan dengan ukuran kamar.

Misalnya adanya perabotan yang akan dipakai dalam kamar, ukuran perabotan tersebut kira-kira 100 cm. Sedangkan tempat tidur ada yang memiliki lebar mulai dari 90 cm, 100 cm, 150, hingga 200 cm.

Baca juga:

Ukuran Kamar Tidur Berdasarkan Fungsi

Ukuran kamar tidur ideal
Source : Pexels

Selain itu, fungsi dari kamar juga sering dijadikan pertimbangan untuk menentukan ukuran kamar tidur. Beberapa orang lebih menyukai kamar tidur hanya sebagai tempat istirahat. Beberapa lagi ada yang menyukai kamar tidur multifungsi sehingga bisa dijadikan tempat istirahat dan melakukan aktivitas lainnya seperti bekerja atau belajar.

Hal ini tentu akan mempengaruhi ukuran kamar. Kamar yang hanya dijadikan tempat istirahat bisa dibuat lebih kecil. Sedangkan jika Pins ingin membuat kamar tidur multifungsi, Pins harus bisa menyediakan space yang sedikit lebih besar.

Itulah 2 cara menentukan ukuran kamar ideal. Sebaiknya perencanaan untuk membuat kamar yang ideal harus direncanakan dengan tepat agar fungsi dari kamar itu terpenuhi dengan baik dan Pins nyaman ketika menggunakannya.

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek properti pilihan kami Dinaya Garden City dan temukan keunggulan, fasilitas menarik dan promo menguntungkan lainnya cuma di Pinhome! Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download