Pinhome

Tips Properti

Tips Mengatasi Ruangan Rumah yang Terlalu Terang

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 28 April 2019 ∙ 3 menit membaca

Ruangan di rumah yang mendapatkan cahaya matahari tentunya akan membuat ruangan tersebut menjadi sehat. Hal tersebut karena sinar matahari dapat membunuh bakteri-bakteri yang tersebar di ruangan yang ada di dalam rumah dan mencegah munculnya jamur. Namun jika intensitas dari sinar matahari terlalu besar, justru akan mengganggu penghuni rumah dan mencipatkan ruangan rumah yang terlalu terang.

Sinar matahari yang masuk dalam ruangan sangat menyilaukan bagi mata, terutama sinar matahari yang masuk adalah sinar matahari pada sore hari. Selain menyilaukan, kondisi rumah akan menjadi terlalu hangat dan membuat penghuninya merasa gerah. Apabila kamar di rumah Anda terlalu terang dengan adanya sinar matahari, maka tips-tips di bawah ini dapat dilakukan untuk mengatasinya, antara lain :

Pasang Kerai Pada Jendela

Saat sinar matahari sedang terik, sebaiknya Anda menutup kamar dengan menggunakan kerai. Anda dapat menggunakan kerai yang terbuat dari bahan bambu atau dari kayu. Pilih kerai dengan warna-warna cerah agar tampak lebih indah. Meskipun ruangan ditutup dengan kerai, namun sinar matahari juga tetap dapat masuk melalui celah pada kerai sehingga ruangan tetap menjadi sehat.

Hindari Cat Dinding dengan Warna Putih

Jangan mewarnai semua dinding kamar Anda dengan warna putih, karena warna putih memiliki sifat yang dapat merefleksikan cahaya. Hindari juga pemilihan cat dinding yang berwarna gelap seperti hitam dan ungu tua, karena kedua warna tersebut dapat menyerap panas dan akan membuat ruangan menjadi lebih gerah.

Tambahkan Tanaman Rambat di Dinding Luar

Agar kamar tidak terlalu terang dengan sinar matahari, Anda dapat menambahkan tanaman rambat yang diletakkan di dinding luar kamar. Tanaman rambat akan melapisi dinding luar kamar, sehingga dapat mencegah sinar matahari masuk ke kamar secara langsung. Sebaiknya cek kondisi tanaman setiap dua minggu sekali agar akar tanaman tidak merusak dinding Anda.

Jangan Menyalakan AC di Siang Hari

AC yang terkena panas dari sinar matahari akan membuat kompresor pada AC bekerja lebih keras. Hal tersebut menyebabkan AC tidak awet dan listrik di rumah Anda menjadi lebih boros. Jika merasa panas di siang hari, sebaiknya Anda menggunakan kipas angin. Buka jendela kamar Anda sedikit saja lalu nyalakan kipas angin, cara tersebut akan mengeluarkan hawa panas yang ada di dalam kamar.

Pilih Hanya Satu Kaca yang Tirainya Terbuka

Sebaiknya hanya ada satu kaca yang tirainya terbuka di kamar Anda. Hal tersebut memudahkan sinar matahari menyinari kamar, dan jendela lain dapat ditutup dengan tirai yang tipis.

Nah itulah tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan ruangan yang terlalu terang akibat sinar matahari di rumah Anda. Semoga bermanfaat.


Bagi Pins yang sedang bingung mencari rumah yang tepat, ayo temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel