Pinhome

Lifestyle

Cara Jaga Anak Aman di Dapur

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Dapur memiliki fungsi yang sangat penting didalam rumah, dari dapur makanan untuk seluruh keluarga tersaji setiap harinya. Tak hanya itu, beberapa dapur memang sengaja untuk disetting tunggal dan menjadi satu dengan fungsi sebagai ruang makan. Ini berarti bahwa seluruh anggota keluarga bisa saja berkumpul, apabila sebuah dapur memiliki settingan semacam ini.

Untuk itu, ada hal yang perlu diwaspadai. Menginggat tentunya anak-anak juga akan berada disana, terlebih banyak benda yang menjadi peralatan standar untuk sebuah dapur juga berbahaya untuk anak. Peralatan seperti, kompor, microwave hingga yang lebih berbahaya seperti pisau misalnya juga ada disana. Semua benda ini tentu bisa mengakibatkan anak terluka apabila sampai bersentuhan. Untuk itu, ada baiknya agar senantias menjaga agar anak aman di dapur. Mau tahu caranya? Simak dalam ulasan tips kali ini.

ruang dapur

Perhatikan Peletakan Tabung Gas, Hindarkan Pisau Dari Jangkauan, Berikan Anak Edukasi Yang Jelas Dan Tegas

Anak adalah mahluk yang sangat peka dan penuh rasa ingin tahu. Untuk itu, menjaga anak yang paling tepat agar terhindar dari berbagai hal yang tak diinginkan saat berada di dapur harus dimulai dari edukasi. Dengan cara ini, anak juga akan mengenali benda-benda yang berbahaya dan bisa mencelakai tapi punya fungsi penting serta berguna untuk kehidupan manusia, selain itu tentu tindakan preventif tetap harus dijalankan. Apa saja? Ini dia rangkumannya.

Kembalikan Peralatan Selesai Digunakan

Kecelakaan dimulai dari kelalaian. Ini adalah prinsip utama bagi siapa saja yang mengutamakan faktor keamanan, termasuk di dapur rumah sendiri. salah satu cara terbaik adalah senantiasa disiplin dalam menggunakan segala peralatan memasak, apalagi yang bersifat tajam seperti misalnya pisau. Dengan demikian juga termasuk menjauhkan anak dari bahaya saat berada di dapur.

Desain Dapur Dengan Posisi Tabung Gas Jauh Dari Jangkauan

Benda berikutnya yang harus di pahami cara pakainya dengan benar adalah tabung gas. Cara terbaik adalah dengan membuat posisi peletakan berada di luar ruangan, tetapi selang regulator tetap bisa menjangkaunya. Biasanya, dibuatkan semacam wadah tersendiri untuk penyimpanannya. Dengan cara ini pula bisa menghindarkan anak dari bahaya saat beraktifitas di dapur.

Hindarkan Anak Saat Kompor Menyala, Microwave Juga Benda Yang Bisa Menyebabkan Sengatan Panas Atau Kelistrikan

Hal lain yang bisa menyebabkan cidera saat didapur adalah bila menyalakan kompor atau microwave. Kompor bisa menyebabkan sengatan panas karena api yang menyala, sedangkan microwave memungkinan jadi penyebab sengatan listrik atau panas. Untuk itu, sangat tidak dianjurkan anak berada disekitarnya pada saat kedua benda tersebut dalam kondisi beroperasi.

Sekali lagi, anak adalah mahluk yang sangat peka dan selalu ingin bereksplorasi terhadap hal baru. Menjaga saat mereka ada di dapur agar jangan sampai celaka adalah tugas orangtua. Tetapi edukasi mesti dilakukan sedini mungkin tentang hal tersebut. Semoga artikel kali ini bermanfaat. Salam!

Tags :

Bagikan Artikel