Pinhome

Jangan Panik! Ini Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail ∙ 9 November 2021 ∙ 4 menit membaca

Cara mengatasi ular masuk ke rumah – Memiliki hunian dengan view alam yang masih asri dengan rerindangan pohon tentu sangat menyenangkan.

Selain dapat meredakan stress setelah aktifitas sehari-hari yang melelahkan, rumah di ruang terbuka yang masih asri bisa jadi daya tarik tersendiri untuk penghuninya.

Lingkungan yang asri, udara sejuk, dengan belukar serta pepohonan rindang tentu sangat baik untuk tubuh dan jiwa. Tetapi diluar keindahan tersebut sebenarnya masih ada hal lain yang patut diwaspadai.

Baca Juga: Tips Mengatasi Ruangan yang Terlalu Terang

Salah satunya, masuknya binatang liar seperti serangga, hewan melata, atau bahkan hewan-hewan liar yang menghuni lingkungan sekitar rumah tempat tinggal tersebut.

Ular adalah salah satu hewan yang sangat ditakuti bila sampai masuk ke dalam rumah. Selain karena sifat alami ular yang sangat agresif dan mudah menyerang, bisa ular juga adalah sisi lain yang jelas tak boleh diremehkan.

Artikel kali ini akan membahas tentang cara mengatasi ular masuk ke rumah, serta bagaimana cara mencegah ular masuk ke rumah.

Baca juga: Cara Mengatasi Genteng Bocor Saat Musim Hujan

Cara Mengatasi Ular Masuk Ke Rumah

cara mengatasi ular masuk rumah
(Shutterstock)

1. Tutup Saluran Air Dengan Kawat Berlubang

Secara alamiah hewan liar sangat menghindari kontak dengan manusia, termasuk ular. Bila sampai ular masuk kedalam rumah, tentu ada sebab tertentu yang menyebabkan hewan tersebut musti kontak dengan manusia.

Kondisi alam seperti banjir bisa menyebabkan hewan tersebut terbawa arus air hingga sampai ke lingkungan dekat rumah. Apalagi bila lingkungan rumah masih banyak dikelilingi dengan ruang terbuka hijau, tentu saja sangat memungkinkan untuk hewan liar seperti ular.

Untuk cara mencegah ular masuk ke rumah, kamu bisa mulai dari upaya pencegahan seperti menutup saluran air dengan kawat berlubang. Dengan begitu, hewan liar berukuran bessar seperti ular tidak mungkin bisa masuk ke rumahmu.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Saluran Paralon Mampet

2. Gunakan Kawat Kassa Untuk Menutup Saluran Air

Saluran pipa pembuangan adalah bagian yang sangat rentan untuk mudah dimasuki oleh hewan liar seperti ular, tikus serta serangga. Gunakan kawat kassa pada saat instalasi ini bisa mencegah hewan semacam ular masuk ke rumah.

Ukuran lubang kawat kassa bisa beragam, konsultasikan dengan ahli bangunan untuk ini. Semakin kecil lubang kawat kassa, maka semakin aman juga untuk mencegah masuknya hewan lain seperti kelabang, cacing, kalajengking, dan sebagainya.

Namun, perlu diingat jika lubang terlalu kecil juga bisa saja menyebabkan saluran air yang mampet.

Baca juga: Cara Mengatasi Toilet Mampet di Rumah

2. Gunakan Garam Kasar

Secara turun temurun, menaburkan garam kasar di beberapa bagian rumah yang rentan dan berpotensi menjadi tempat bersembunyi hewan-hewan seperti ular bisa juga dicoba.

Taburkan di beberapa sudut yang memungkinkan jadi tempat favorit ular untuk sembunyi, bagian pojokan rumah, gudang, atau tempat yang lembab dan gelap bisa juga ditaburi di bagian sudut temboknya.

Baca juga: Cara Mengusir Tikus di Rumah dengan Tuntas

3. Hubungi Pengendali Hama

Meski sudah melakukan dua cara diatas, ular kemungkinan masih bisa datang karena satu atau lain hal, terbawa tabung LPG yang lama disimpan di depo misalnya, atau kondisi alamiah bencana seperti banjir.

Jika dijumpai jangan panik, hindari kontak secara langsung atau membuat si hewan kaget. Selanjutnya hubungi pengendali hama atau profesional yang ahli dalam penanganan tentang hal semacam itu.

Ular dan hewan liar adalah bagian alami dari kehidupan di alam ini. Ada baiknya untuk menghindari membunuh hewan tersebut bila terlanjur masuk ke dalam rumah.

Seperti dijelaskan diatas, pengendali hama profesional bisa jadi alternatif untuk mengendalikan atau menganulir gangguan dari hewan semacam itu.

Baca juga: 8 Jenis Hama Tanaman Hias dan Cara Mencegahnya

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara mengatasi ular masuk ke rumah yang perlu kamu ketahui. Sebagai tahapan awal, tentu kamu harus melakukan upaya pencegahan dengan menutup saluran air dengan kawat berlubang maupun kassa.

Namun, jika ular sudah masuk rumah kamu bisa memanfaatkan garam dapur, atau jika di rasa sudah berbahaya kamu bisa langsung menghubungi pengendali hama. 

Intinya, kamu tidak boleh panik saat menghadapi ular yang masuk ke rumah. Karena jika ular merasa terancam, ia justru akan mengeluarkan bisa atau racunnya yang mungkin akan sangat berbagaya. Sekian ulasan kali ini, semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Edukasi
Edukasi Contoh Surat Keterangan Belum Menikah dan Cara Membuatnya

Surat keterangan belum menikah kerap diajukan sebagai salah satu dokumen ketika mengurus suatu hal,

Kamar Tidur
Kamar Tidur 7 Rekomendasi Furniture Untuk Kamar Korea Modern 

Drama Korea semakin digemari dan juga mempengaruhi selera masyarakatnya. Apalagi tak jarang ditunju

Kamar Tidur
Kamar Tidur Keunggulan dan Ide Desain Ranjang Besi Minimalis

Ranjang besi minimalis bisa jadi pilihan alternatif untuk tempat tidur kayu. Rangka besinya kuat da

Kecantikan
Kecantikan 16 Model Rambut Pria French Crop

Model rambut pria french crop merupakan salah satu jenis potongan rambut pendek pria yang menekanka

Uncategorized

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia