Pinhome

Lifestyle

Cara Mengatasi WC Mampet Tanpa Jasa Penyedot

Dipublikasikan oleh Iko ∙ 11 June 2021 ∙ 5 menit membaca

Mengalami Water Closet (WC) mampet di rumah memang sering menjadi masalah dalam rumah tangga. Hal tersebut akan menjadi masalah yang serius bila tidak ditangani secara cepat. Timbulnya bau tidak sedap sampai air yang terkadang meluap sering menyengsarakan penghuni. Untuk itu, kita perlu pengetahuan dini akan cara mengatasi wc mampet sebelum bergegas memanggil jasa penyedot wc.

Pinhome – Wc yang menjadi tempat pembuangan air besar maupun kecil manusia memiliki intensitas pemakaian per harinya yang dapat dikatakan cukup besar. Ini yang menjadikan pentingnya informasi mengenai cara mengatasi wc mampet agar dapat dilakukan penyedotan secara berkala. Kebersihannya pun harus selalu dijaga. Hal tersebut dikarenakan kamar mandi menjadi salah satu ruang dalam rumah yang menyimpan banyak bakteri tak sehat di dalamnya.

Baca Juga: Daftar Inspirasi Desain Kamar Mandi Mewah Minimalis

(Unsplash)

Sebelum kamu memutuskan untuk memanggil jasa penyedot, Pinhome akan memberikan beberapa tips menarik cara mengatasi wc mampet dengan cara yang terbilang mudah. Ini akan menghentikan sementara hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga dapat membantu kamu yang sedang kesulitan ya!

Baca Juga: Pilihan Model Karpet Kamar Mandi Anti Licin

Penggunaan Garam

Cara mengatasi wc mampet dengan garam menjadi cara paling pertama dipilih oleh sebagian penghuni karena sebagian besar penghuni memilikinya. Tidak hanya itu garam pun merupakan salah satu bumbu masak yang harganya masih terjangkau. Nah, untuk kamu yang sedang kesulitan dengan wc, kamu bisa memulainya dari menaburkan sekitar dua bungkus garam kasar pada wc dan diamkan selama dua jam lebih. Setelah itu, panaskan air kira-kira satu liter sampai mendidih, dan tuangkan setelah dua jam pada lubang wc.

Mengapa garam? Garam mempunyai senyawa yang mampu mengaktifkan sel mikroorganisme yang dapat membusukan bahan-bahan tertentu salah satunya adalah kotoran menjadi gas semata. Maka dari itu, tidak heran cara mengatasi wc mampet dengan garam menjadi pertolongan pertama yang mudah dilakukan oleh para penghuni.

Penggunaan Soda Api Maupun Soda Kue

Selain menggunakan garam, kamu juga bisa menggunakan soda api atau kue. Berikut ini penjelasan tentang fungsi kedua soda tersebut untuk memperlancar aliran WC.

Soda Kue

Selain cara mengatasi wc mampet dengan garam, ada cara lain yang juga menjadi andalan para ibu-ibu rumah tangga, yaitu soda kue. Soda kue dan pencampuran cuka juga bisa dijadikan pembersih alami yang mudah. Mulailah dari melakukan takaran perbandingan untuk kedua bahan yang sama dan juga mempersiapkan air mendidih secukupnya. 

Setelahnya, caranya pun sama dengan garam, masukan adonan secara bersamaan dan tunggu bereaksi pada wc. Setelah terdengar suara desis dari pencampuran adonan, Pins bisa menuangkan air mendidih yang sudah disiapkan untuk membilas lubang wc. Lakukan secara berkala sampai wc tidak mampet lagi. 

Soda Api

Berbeda dengan soda kue yang tergolong aman dalam penggunaannya. Soda api memerlukan pengaman ekstra agar tidak menimbulkan bahaya bagi kulit. Namun, soda api dapat menjadi pilihan yang tepat untuk wc mampet yang membandel dibanding cara mengatasi wc mampet dengan garam. Soda api mampu menimbulkan gelembung pada air yang dapat menghancurkan penyumbatan.

Langkahnya mudah, Pins hanya perlu mengetahui cara mengatasi wc jongkok mampet dengan pengaplikasian soda api secukupnya dalam wc. Gunakan sarung tangan berbahan karet, pelindung mata, masker dan juga membuka seluruh akses udara dalam kamar mandi. Seperti pintu kamar mandi maupun jendela. Bila wc masih mampet, bisa lakukan kembali dengan menunggu kurang lebih 8 jam. Baiknya malam hari sembari kamu beristirahat, dan esok harinya bilas dan lihat perkembangannya.

Penggunaan Sabun Cuci Piring

(Unsplash)

Selanjutnya ada salah satu cara menarik yang aman yaitu penggunaan sabun cuci piring dengan air panas. Cara mengatasi wc jongkok mampet dengan cara ini tergolong mudah dan menimbulkan bau harum pada kamar mandi. Caranya adalah sediakan satu cangkir sabun cuci piring serta air panas dalam jumlah cukup. Tuangkan sabun cair pada lubang wc, diamkan beberapa menit. Sabun cuci piring disini membantu melicinkan pipa-pipa yang tersumbat. Setelahnya, tuangkan air panas dalam wc dan tekan tombol flush pada wc duduk atau tuang air keran sebanyak banyaknya pada wc jongkok. Salah satu hal lagi yang perlu Pins ingat, jangan lupa siapkan handuk atau lap disekitar wc untuk mencegah air banjir ke bagian lainnya dalam kamar mandi.

Penggunaan Gantungan Baju Kawat

Cara terakhir ini menjadi cara yang paling sederhana dari cara mengatasi wc jongkok mampet maupun jenis wc duduk yang tersumbat. Namun, cara ini menjadi cara yang termudah untuk penyumbatan yang tidak terlalu dalam. Caranya adalah pertama bentuklah gantungan baju menjadi lurus. Kedua, coba bungkus ujung kawat yang tajam dengan kain yang tidak terpakai, selotip bagiannya dan buatlah merekat dengan gantungan baju.

Masukan ujung gantungan baju dan sudah terlapisi dengan kain pada lubang wc dan doronglah yang menjadi penyebab wc tersumbat. Setelahnya bilas dengan air bersih atau tekan tombol flush pada wc duduk duduk untuk mengetahui apakah sudah lancar atau masih ada yang tersumbat.

Nah, bagaimana Pins? Ternyata cara mengatasi wc jongkok mampet maupun wc duduk mudah sekali bukan? Bila wc masih mampet juga dengan beberapa cara di atas, barulah kamu memakai jasa penyedot wc. Itu artinya ada masalah dalam saluran septic tank milik mu, maupun kapasitas penampungan yang sudah penuh. Selamat mencoba! 


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Kamu Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Kamu kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Koordinator: Ramanda Salsa

Editor: Iko

Tags :

Bagikan Artikel