BlogLifestyleKesehatanCara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah
0
0

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah

Dipublikasikan oleh Rizko Fatra dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Des 22, 2022

7 menit membaca

Copied to clipboard
bekas jerawattop-right-banner

Cara menghilangkan bekas jerawat sering kali jadi pikiran utama Pins yang sedang mendambakan kulit mulus. Banyak hal yang bisa memicu Pins berjerawat hingga meninggalkan bekas yang sulit dihilangkan meski sudah menggunakan produk perawatan kulit yang memiliki klaim ampuh menghilangkan bekas jerawat dalam waktu singkat.

Pinhome – Alih-alih salah langkah dalam menentukan cara menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya kenali dulu beberapa penyebab munculnya jerawat, Pins. Untuk diketahui bahwa jerawat tidak hanya muncul pada area wajah saja tapi juga berisiko timbul di bagian tubuh lain, seperti leher, kulit kepala, pantat, hingga punggung.

Baca Juga: 4 Foundation Sariayu Untuk Kulit Berjerawat

Penyebab jerawat

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah
Source : Freepik

Tak bisa disamaratakan, penyebab munculnya jerawat pada setiap orang akan berbeda-beda pemicunya, Pins. Jerawat terbentuk saat pori-pori kulit tersumbat oleh minyak, kulit mati, atau bakteri yang menempel di permukaan kulit wajah.

6 Produk Viva Untuk Kulit Berminyak Dan Jerawat

Lantas, lewat pori-pori atau lubang pada folikel, kelenjar minyak mengeluarkan sebum yang bergerak ke permukaan wajah. Sebetulnya, sebum bisa menjaga kulit tetap lembut, namun jika berlebihan akan memicu munculnya jerawat.

Selain proses terjadinya jerawat di atas, Ini dia penyebab jerawat yang umumnya muncul di bagian wajah:

  • Penumpukan sel kulit mati
  • Bakteri yang bersarang pada pori-pori
  • Kelebihan produksi minyak
  • Pengaruh hormonal, bisa saja sedang masuk masa pubertas atau kehamilan
  • Sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu
  • Diet tinggi gula seperti roti dan keripik kentang
  • Genetik atau orangtua memang sering berjerawat

Jenis jerawat

Jerawat lekat dengan ciri-cirinya yang berbentuk benjolan kecil, berwarna merah, terkadang berisi nanah, atau sekadar bintik kecil. Nah, siapa sangka kalau jenis jerawat memiliki nama tersendiri beserta kriteria dan bentuknya, Pins.

Baca Juga: 12 Toner Untuk Kulit Berjerawat

  • Papula: Jenis jerawat papula ditandai dengan adanya benjolan merah muda hingga merah yang menimbulkan rasa sakit ketika disentuh
  • Pustula: Mirip dengan jerawat papula, jerawat pustula ditandai dengan munculnya benjolan dasar merah dan ujungnya putih dan terasa sakit saat disentuh. Jerawat ini muncul karena peradangan.
  • Nodul: Termasuk ke dalam jerawat yang perlu ditangani secara serius. Jerawat nodul terjadi karena adanya peradangan hingga membentuk lesi yang padat dan besar serta terasa nyeri. Berpotensi meninggalkan bekas jerawat yang sulit hilang.
  • Kistik: Jerawat kistik disebut-sebut sebagai jerawat yang paling sulit diobati. Jerawat kistik yang juga disebut dengan jerawat batu ini berukuran besar, meradang, berisi nanah, dan menimbulkan rasa nyeri. Jika pecah, berpotensi menginfeksi kulit sekitarnya.
  • Komedo hitam (Blackheads): Berbeda dengan komedo putih, komedo hitam disebut juga komedo terbuka, komedo jenis ini biasanya bisa hilang dengan cara exfoliating.
  • Komedo putih (Whiteheads): Komedo putih sering disebut dengan komedo tertutup yang terjadi akibat pori-pori yang tersumbat secara keseluruhan hingga timbul benjolan kecil berwarna putih di permukaan kulit. Komedo ini tidak bisa hilang begitu saja dengan ditekan.

Macam-macam bekas jerawat

Seperti diketahui kalau bekas jerawat memang sangat mengganggu. Salah satu yang paling banyak membuat penasaran yaitu cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Sama halnya dengan tipe-tipe atau jenis jerawat, bekas jerawat pun terbagi menjadi beberapa kriteria yang berbeda-beda. Berikut beberapa macam-macam bekas jerawat selain bekas jerawat hitam, Pins:

  • Boxcar scars: Jenis bekas jerawat boxcar scars memiliki bentuknya melebar dan memiliki cekungan ke dalam laiknya kawah.
  • Rolling scars: Jenis bekas jerawat rolling scars membuat kulit berbentuk seperti gulungan sehingga tampak bergelombang yang membuat wajah terlihat kasar.
  • Ice pick scars: Jenis bekas jerawat ice pick scars disebabkan karena jerawat batu yang membuat kulit wajah terlihat seperti tertusuk.
  • Keloid: Jenis bekas jerawat keloid ini membentuk benjolan kemerahan laiknya gumpalan dan meninggalkan sensasi gatal pada kulit.
  • Hiperpigmentasi: Jenis bekas jerawat hiperpigmentasi ini umumnya terjadi disertai dengan perubahan warna bekas jerawat dan kulit wajah yang tidak merata, seperti cokelat, merah, hingga kehitaman.

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam

Seiring berkembangnya zaman yang dibarengi teknologi yang kian canggih, kini cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi tak sesulit yang dibayangkan. Setidaknya, ada beberapa cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi yang bisa dicoba, Pins:

Teknologi perawatan kulit modern

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Mudah
Source : Freepik

Seperti diketahui saat ini banyak klinik kecantikan yang menyediakan jasa perawatan kulit. Masalah seperti bekas jerawat hitam pun bisa diatasi dengan mudah. Berikut treatment yang bisa dipilih.

  • Dermabration

Dermabration atau dermabrasi merupakan cara paling efektif untuk mengatasi bekas jerawat hitam di wajah.

  • Chemical Peels

Chemical peels mengandalkan asam kuat yang digunakan untuk menghilangkan laipsan kulit yang rusak sehingga mengurangi penampakan bekas luka atau bekas jerawat.

  • Laser

Sama halnya dengan chemical peels, laser juga bekerja mengurangi lapisan kulit mati sehingga bekas jerawat hilang. Bonusnya, kulit wajah Pins akan terlihat lebih cerah.

  • Filler

Filler dilakukan untuk mengisi bekas jerawat dan membantu meratakan kulit dengan kolagen. Dengan begitu, suntikan kolagen tersebut bisa membuat bekas jerawat menjadi rata.

  • Microneedling

Microneedling sedang ramai dipilih sebagai perawatan kulit yang efektif. Cara ini menggunakan alat laiknya jarum yang diletakkan pada permukaan bekas luka.

  • Injeksi

Pins juga bisa memilih untuk melakukan injeksi obat tertentu yang bisa membantu bekas luka jerawat menjadi rata. Namun, cara ini membutuhkan waktu yang tidak singkat.

Bahan-bahan alami

Source : Freepik

Jika pergi ke klinik kecantikan akan memakan waktu dan merogoh kocek selangit, Pins bisa mengandalkan bahan-bahan alami sebagai cara menghilangkan bekas jerawat hitam di wajah. Ini dia bahan-bahan alami yang ampuh digunakan sebagai modal mengatasi bekas jerawat.

  • Kulit jeruk

Sering berakhir di tempat sampah, mulai sekarang manfaatkan kulit jeruk yang kaya akan vitamin C untuk modal utama cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi. Cukup tumbuk halus kemudian oleskan pada bekas jerawat.

  • Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas jerawat hitam di pipi selanjutnya yaitu mengandalkan minyak kelapa. Vitamin A dan vitamin K pada minyak kelapa kaya akan antioksidan yang bisa menangkal bakteri. Cara menghilangkan bekas jerawat hitam dengan minyak kelapa cukup mengoleskan pada area bekas jerawat, Pins.

  • Lidah buaya

Bahan ajaib selanjutnya yaitu lidah buaya. Lidah buaya memang mengandung bahan antibakteri yang efektif menenangkan kulit dan menghilangkan bekas luka. Cukup ambil ekstrak lidah buaya yang sudah dicuci bersih kemudian oles di bekas jerawat.

  • Soda kue

Siapa bilang baking soda hanya untuk urusan dapur. Soda kue bisa digunakan sebagai exfoliator alami. Cukup oles pasta soda kue pada bekas jerawat selama 10-15 menit kemudian bilas.

  • Kunyit

Dikenal sebagai rempah, kunyit jadi salah satu bahan alami yang bisa mengurangi bekas jerawat hitam di pipi sekaligus mencerahkan kulit. Gunakan pasta serbuk kunyit untuk masker, diamkan selama 30 menit, kemudian bilas. Usahakan melakukannya secara rutin.

  • Teh hijau

Gunakan ampas teh hijau untuk digunakan sebagai masker wajah, Pins. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas wajah. Siapa sangka, kalau  teh hijau mengandung anti bakteri serta bisa menangkal radikal bebas.

Cara mencegah jerawat muncul

Supaya tidak repot mencari cara menghilangkan bekas jerawat, ada baiknya Pins mulai sekarang mencegah jerawat muncul lagi di area wajah. Tenang, cara mencegah jerawat tidak selalu harus menggunakan produk kecantikan yang mahal. Ada beberapa langkah yang mudah untuk Pins gunakan sebagai alternatif cara mencegah jerawat muncul:

  • Rutin membersihkan wajah atau cuci muka menggunakan air hangat
  • Kenali jenis kulit supaya bisa menentukan produk perawatan yang sesuai
  • Jaga kelembaban kulit menggunakan produk yang bebas pewangi
  • Andalkan produk perawatan pencegah jerawat
  • Jangan terlalu sering menyentuh wajah
  • Hindari menggunakan riasan wajah terlalu tebal
  • Usahakan selalu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik
  • Hindari paparan sinar matahari secara langsung
  • Kontrol stres dengan baik
  • Pastikan mengetahui beberapa makanan yang menyebabkan jerawat

Cara menghilangkan bekas jerawat memang banyak ragam triknya yang bisa dipilih, mulai dari menggunakan kecanggihan teknologi perawatan kulit hingga mengandalkan bahan-bahan alami yang mudah Pins temui di rumah. Namun, yang perlu diperhatikan yaitu apabila bekas jerawat tidak kunjung hilang dan menimbulkan beberapa efek samping yang tidak diinginkan, sebaiknya segera konsultasikan pada ahli ya, Pins!


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Yosa

Editor: Iko

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © lifestyle.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download