Pinhome

Uncategorized

Tips Mengatasi Bau Makanan di Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Sebagian makanan memiliki bau yang sangat menyengat, seperti durian, pete, jengkol dan lainnya. Makanan tersebut akan mengeluarkan bau menyengatnya sehingga akan mendominasi bau di dalam rumah Anda. Terlebih lagi jika rumah Anda cenderung berukuran kecil. Tentunya bau dari makanan-makanan tersebut akan mudah sekali mengendap di dalam rumah. Jika rumah Anda memiliki dapur yang kcil dan tidak memiliki ventilasi, maka saat Anda memasak, aroma dari masakan Anda akan menguap dari dapur dan menempel di alat masak lainnya. Jika aroma yang tidak sedap dari makanan tersebut menempel di beberapa alat masak di dapur Anda, tentu Anda tidak meyukainya bukan ? Nah, berikut ada beberapa bahan makanan yang memiliki bau yang tidak sedap beserta cara mengatasi bau tersebut, diantaranya :

Terasi

Terasi merupakan bahan makanan yang memiliki aroma menyengat. Meskipun terasi akan terasa enak jika dijadikan sebagai penambah rasa dalam makanan Anda, namun jika bau menyengat dari terasi menempel pada alat masak Anda lainnya tentu akan mengganggu Anda. Sebaiknya pisahkan peralatan masak yang digunakan untuk memasak terasi dengan menggunakan alat masak lainnya agar bau dari terasi tidak menempel. Namun jika aroma terasi sudah terlanjur menempel, Anda dapat menghilangkannya dengan menggunakan cuka. Cukup didihkan air yang dicampur cuka dan rendam alat masak Anda, maka bau dari terasi akan hilang.

Bawang

Selain terasi bahan makanan lain yang memiliki bau menyengat yaitu bawang. Semua jenis bawang, seperti bawang merah, bawang putih serta bawang bombay memiliki aroma yang sangat menyengat. Jika Anda memasak menggunakan bawang, maka alat masak seperti pisau, wajan serta talenan akan membuat alat masak tersebut beraroma bawang. Tidak jarang aroma bawang juga dapat menempel di tangan, dinding dapur bahkan pakaian Anda. Agar aroma bawang dapat hilang, Anda dapat mencuci semua peralatan masak Anda dengan menambahkan air jeruk nipis. Selain itu jika tangan Anda yang terkena aroma dari bawang, dapat dihilangkan dengan menggunakan kopi. Anda cukup menggosok serbuk kopi ke tangan Anda lalu cuci bersih. Apabila ruangan di dapur Anda juga berbau bawang, cukup rebus kulit jeruk nipis ke dalam air yang mendidih. Tunggu sampai uap keluar dan biarkan sampai air didihan menjadi setengah dari sebelumnya.

Ikan, Telur dan Daging

Ketiga bahan makanan tersebut akan meninggalkan aroma amis yang tidak sedap. Meskipun bahan makanan tersebut sudah diolah menjadi masakan, tetap saja aroma amisnya tidak hilang. Untuk itu, pisahkanlah peralatan masak Anda untuk mengolah ketiga bahan tersebut dengan bahan lainnya. Agar alat masak tidak beraroma amis, Anda dapat membilasnya dengan air hangat yang sudah dicampur baking soda dan kopi.

Bersihkanlah alat masak Anda dengan bersih agar bau yang ditimbulkan dari bahan makanan tersebut hilang dengan sempurna. Semoga bermanfaat.

Tags :

Bagikan Artikel