BlogPemilik PropertiDesain HunianTips Saat Mati Lampu Di Rumah
0
0

Tips Saat Mati Lampu Di Rumah

Dipublikasikan oleh Tsamira Tya Abigail

Apr 6, 2023

3 menit membaca

Copied to clipboard
Tips saat mati lamputop-right-banner

Pinhome – Di Indonesia mati lampu merupakan hal yang sudah biasa. Di beberapa daerah, mati lampu merupakan hal yang sering dilakukan karena beberapa faktor. Namun, bagi kota-kota besar mungkin mati lampu sesuatu yang tak terduga. Hal tersebut bisa dikarenakan banyak hal salah satunya kualitas listrik yang naik turun.

Mati lampu memang sangat mengganggu terlebih lagi jika sedang belajar, mengerjakan sesuatu, atau sedang tidur. Ada beberapa tips saat mati lampu yang dapat dilakukan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

1. Sedia Logistik

Ada beberapa rumah yang menggunakan pompa untuk mengambil air, tentu saja tips saat mati lampu dirumah penting menyediakan air cadangan. Hal ini sangat merugikan karena pasokan air akan habis.

Oleh sebab itu siapkan logistik sebanyak mungkin terutama yang memiliki anggota keluarga banyak. Selain itu, untuk jatah makanan sebaiknya membeli makanan kaleng, cemilan dalam kemasan yang mempermudah penyajiannya.

2. Siapkan Hiburan

Saat mati lampu di rumah tentu tidak ada hiburan yang bisa diakses seperti televisi dan laptop. Sebelum hal itu terjadi sebaiknya download video, game, atau film lewat laptop atau handphone agar bisa ditonton saat mati lampu.

Apabila tidak ingin menggunakan alat elektronik, bisa menyiapkan kartu remi atau board game sebagai hiburan bersama keluarga.

Tips saat mati lampu
Source : Unsplash

3. Menyiapkan Lampu Emergency

Tips saat mati lampu dirumah selanjutnya menyediakan lampu cadangan seperti senter, lampu ponsel, lilin, atau glow stick. Ponsel memang bisa digunakan juga sebagai emergency namun Anda juga harus menghemat baterai jika sewaktu-waktu membutuhkan panggilan telepon di saat darurat.

Sebaiknya, letakkan lampu emergency di tempat yang mudah dijangkau, agar saat keadaan darurat langsung bisa meraihnya. Pastikan bahwa lampu tersebut sudah diisi ulang dayanya sehingga bisa digunakan dalam waktu yang lama.

Gunakan stiker yang menyala dalam gelap untuk memberi tanda pada tempat penyimpanan lampu emergency.

Selain lampu emergency, lilin juga harus disiapkan untuk jaga-jaga jika baterai lampu habis. Begitu pula dengan glow stick, teruslah glow stick di lemari es agar daya tahannya lebih lama.

4. Pengisi Daya

Baterai untuk lampu emergency sebaiknya di stok banyak agar saat lampu baterainya habis, langsung bisa diganti. Selain itu ponsel juga membutuhkan pengisi daya saat lampu mati. Gunakan power bank yang mudah digunakan saat lampu mati. Jika yang tidak memiliki power bank bisa menggunakan mobil namun terlalu beresiko karena akan menghabiskan aki.

Tips saat mati lampu
Source : Unsplash

5. Nomor Darurat

Tips saat mati lampu yang paling penting dengan memiliki nomor darurat. Hal ini sangat penting untuk disimpan, jaga-jaga apabila sewaktu-waktu saat mati lampu ada hal yang tidak diinginkan terjadi.

Nomor-nomor seperti polisi, rumah sakit, pemadam kebakaran dan PLN sebaiknya simpan di handphone atau catat di dekat telepon rumah. Anda bisa juga mencari tahu penyebab mati lampu di daerah tersebut dengan menelfon PLN.

Baca Juga : Cara Menghemat Daya Listrik

————————————————-

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner
          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download