Pinhome

Uncategorized

Teknologi Baru Cat Rumah Semakin Sehat

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Rumah yang sehat saat ini menjadi tujuan setiap orang yang akan membeli atau membangun rumah baru. Keindahan rumah biasanya karena pemilihan cat warna, namun di era modern saat ini, pemilihan cat warna tidak hanya soal keindahan fungsi dari cat itu sendiri menjadi topik bagi setiap pembeli cat seperti melapisi dinding dari jamur dan tahan air hujan.

Berbagai macam hal saat memilih cat begitu diperhatikan baik dari keamanan dan keindahannya. Terutama bagi keluarga yang memiliki anak-anak, tentu harus memperhatikan apakah cat tersebut bagi anak-anak. Di bawah ini adalah tips memilih cat yang aman bagi keluarga.

1. Cat anti jamur

Dinding rumah berjamur sering membuat kesal pemilik rumah. Selain memperjelek penampilan, virus dan bakteri jadi mudah berkembang. Gunakanlah cat anti jamur yang memiliki bahan mencegah jamur berkembang biak. Selain itu pastikan ventilasi udara terbuka setiap saat agar membantu mencegah jamur berkembang biak.

2. Cat anti bakteri

Bakteri E.coli adalah bakteri penyebab penyakit diare. Tentu banyak pemilik rumah yang suka kebersihan was-was terhadap bakteri yang tak bisa dilihat dengan mata telanjang ini. Namun, jangan khawatir karena ada jenis cat yang diformulasikan khusus untuk mencegah penyebaran bakteri di dinding.

3. Cat dinding anti panas

Jenis cat ini akan membuat ruangan lebih sejuk karena memantulkan panas. Biasanya cat jenis ini memiliki warna yang monoton yaitu putih, namun kini sudah banyak produsen menyediakan warna lain selain putih.

4. Cat anti serangga

Bagi pemilik rumah yang takut dengan serangga seperti semut, kecoa, dan lain-lain yang selalu berhalan di dinding rumah, jangan khawatir karena cat anti serangga kini sudah banyak di produksi. Cat anti serangga ini bisa ditemukan di toko online dan toko-toko bangunan. Cat yang berfungsi menghalau serangga ini, akan mencegah nyamuk, kecoa, lalat dan semut agar tak masuk ke dalam rumah. Meskipun fungsinya cenderung hanya untuk anti serangga, namun cat ini aman dipakai untuk dinding rumah. Artinya, cat tersebut menggunakan bahan yang aman bagi keluarga.

5. Cat anti kotor

Banyak anak-anak yang memiliki hobi coret-coret dinding. Hal tersebut kadang membuat sebagian orang tua kesal karena dindinnya menjadi kotor. Namun, tak perlu khawatir karen ini banyak cat dinding yang memiliki fungsi mudah dibersihkan sekalipun noda goresan pensi warna atau krayon. Cat seperti ini biasanya dilengkapi dengan formula pelapis film khusus. Selain itu cat tersebut juga mengandung zat penahan cairan sehingga menahan noda masuk ke dalam lapisan dinding. Noda yang terdapat pada dinding bisa dengan mudah dibersihkan hanya cukup dilap atau digosok memakai kain basah. Menggunakan cat anti kotor juga menjauhkan dari kuman, selain itu cat ini bebas merkuri dan timbal.

Tags :

Bagikan Artikel