BlogPemilik PropertiDesain Hunian7 Ide Posisi Tangga di Rumah Minimalis yang Ideal
0
0

7 Ide Posisi Tangga di Rumah Minimalis yang Ideal

Dipublikasikan oleh Ade Ardian dan Diperbarui oleh Ade Ardian

Sep 10, 2023

5 menit membaca

Copied to clipboard
Ilustrasi tangga dalam rumah minimalis.top-right-banner

Saat ini, salah satu elemen penting dalam desain rumah minimalis yang sering diabaikan adalah tangga. Meskipun mungkin terlihat seperti detail kecil, pemilihan posisi dan desain tangga rumah minimalis dapat memiliki dampak besar pada fungsionalitas dan tampilan keseluruhan rumah.

Terlebih lagi, rumah minimalis telah menjadi tren gaya hidup yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan tampilannya yang bersih, sederhana, dan efisien dalam penggunaan ruang, rumah minimalis tidak hanya menawarkan estetika yang menarik tetapi juga kenyamanan dalam penggunaan sehari-hari.

Dengan demikian, dibutuhkan tips dan trik memilih model tangga rumah minimalis.

Sementara itu, salah satu Rumah Ekslusif yang minimalis dan direkomendasikan adalah The Agathis. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, Kamu cukup mengunjungi PinValue.

Selain itu, Kamu juga bisa mendapatkan berbagai informasi jika ingin hunian perumahan di Depok atau pun rumah second di Kota Tangerang Selatan yang bisa jadi alternatif.

Baca juga: Contoh Tangga Rumah Mewah yang Bisa Menjadi Rekomendasi Pins

Keuntungan Memiliki Tangga di Rumah Minimalis

Sebelum mencari tahu tentang cara membuat tangga rumah, perlu diketahui bahwa rumah minimalis dengan tangga memiliki sejumlah keuntungan, diantaranya adalah:

1. Memanfaatkan Ruang Vertikal

Salah satu keuntungan utama memiliki tangga di rumah minimalis adalah kemampuan untuk memanfaatkan ruang vertikal dengan efisien. Dalam rumah minimalis yang sering kali memiliki lahan terbatas, tangga dapat berperan ganda sebagai akses antar lantai sekaligus elemen dekoratif.

Hal tersebut memungkinkan Kamu untuk mengoptimalkan penggunaan setiap sentimeter ruang di rumah.

2. Desain Estetika yang Menarik

Tangga juga dapat menjadi elemen desain yang menarik dan estetis dalam rumah minimalis. Desain tangga yang baik dapat menjadi fokus visual, menambah daya tarik estetika rumah.

Kamu dapat memilih dari berbagai desain tangga, mulai dari yang bersifat minimalis hingga yang lebih artistik dan kreatif, sesuai dengan selera dan gaya rumah.

3. Penyimpanan Tambahan

Tangga dalam rumah minimalis juga dapat dirancang dengan penyimpanan tambahan, seperti laci atau rak di bawahnya. Ini adalah cara cerdas untuk memanfaatkan setiap inci ruang, bahkan di bawah tangga, yang sering kali terbuang sia-sia.

Dengan tambahan penyimpanan ini, Kamu dapat menjaga rumah tetap teratur dan rapi.

4. Pengaturan Ruangan yang Fleksibel

Dengan tangga yang tepat, Kamu dapat menciptakan pengaturan ruangan yang lebih fleksibel. Misalnya, tangga lipat atau tangga yang bisa ditarik dapat membantu menghemat ruang ketika tidak digunakan, sehingga ruang tersebut dapat digunakan untuk berbagai tujuan seperti ruang kerja atau penyimpanan sementara.

5. Menghubungkan Ruang dengan Lancar

Dalam rumah minimalis, penting untuk menjaga aliran ruangan yang lancar. Tangga yang dirancang dengan baik akan membantu menghubungkan berbagai lantai atau area dalam rumah dengan lancar dan efisien, tanpa menghambat pergerakan atau menciptakan hambatan yang tidak diinginkan.

6. Nilai Tambah untuk Properti

Rumah dengan tangga yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan nilai properti. Ini dapat menjadi investasi yang bijak jika Kamu merencanakan untuk menjual rumah di masa depan, karena tangga yang baik dapat menarik minat calon pembeli dan meningkatkan daya tarik rumah secara keseluruhan.

7. Privasi yang Ditingkatkan

Dalam rumah minimalis, privasi bisa menjadi masalah. Tangga dapat membantu memisahkan ruang pribadi dan umum dalam rumah.

Misalnya, jika kamar tidur berada di lantai atas, tangga dapat berfungsi sebagai pemisah alami antara lantai atas dan bawah, memberikan privasi yang ditingkatkan.

Baca juga: 10 Ide Desain Tangga Rumah Kekinian 2022

7 Posisi Tangga di Rumah Minimalis yang Ideal

Berikut ini adalah 7 posisi tangga di rumah minimali yang ideal yang perlu Kamu ketahui:

1. Diapit Tembok

Posisi tangga rumah minimalis diapit tembok.
Source : Freepik

Menempatkan tangga diapit tembok adalah ide yang populer dalam desain rumah minimalis. Ini menciptakan ruang terbuka di tengah ruangan yang bisa dimanfaatkan untuk fungsi lain, seperti ruang keluarga atau meja makan.

Dengan cara ini, tangga tidak mengganggu aliran ruangan dan memanfaatkan tembok sebagai penopang struktural. Namun, perlu dicari tahu juga tentang apa saja desain tangga rumah sempit sederhana terbaik.

2. Dekat Jendela

Posisi tangga rumah minimalis dekat jendela.
Source : Freepik

Memasang tangga dekat jendela adalah pilihan yang cerdas untuk memberikan akses ke lantai atas sambil memaksimalkan penerangan alami. Ini menciptakan suasana terang dan terbuka, membuat rumah minimalis terasa lebih luas dan nyaman.

3. Di Sudut

Posisi tangga rumah minimalis di sudut ruangan.
Source : Freepik

Menempatkan tangga di sudut ruangan adalah solusi efisien untuk menghemat ruang. Ini memungkinkan Kamu untuk menggunakan sudut yang biasanya terabaikan dan memberikan akses vertikal tanpa mengganggu ruangan utama.

4. Di Dekat Dapur

Posisi tangga rumah minimalis dekat dapur.
Source : Freepik

Bagi mereka yang suka memasak atau menghabiskan banyak waktu di dapur, menempatkan tangga di dekat dapur adalah pilihan yang nyaman. Ini membuat akses ke lantai atas mudah, terutama jika Kamu sering membawa barang dari dapur.

5. Tangga Spiral di Tengah Rumah

Posisi tangga rumah minimalis di tengah.
Source : Freepik

Tangga spiral adalah pilihan menarik dalam desain rumah minimalis. Model tangga rumah yang satu ini membutuhkan sedikit ruang horizontal dan memberikan sentuhan artistik pada rumah.

Menempatkan tangga spiral di tengah ruang tamu atau area umum dapat menciptakan titik fokus yang menarik.

6. Tidak Langsung Menghadap Pintu Utama

Posisi tangga rumah minimalis di pintu utama.
Source : Freepik

Salah satu pertimbangan penting adalah tidak menempatkan tangga langsung menghadap pintu utama. Ini dapat menciptakan energi yang buruk dalam feng shui dan memberikan kesan bahwa tangga adalah elemen pertama yang dilihat saat memasuki rumah.

7. Tidak Meletakkan Tangga di Luar Ruangan

Posisi tangga rumah minimalis di luar ruangan.
Source : Freepik

Untuk rumah minimalis, sebaiknya hindari menempatkan tangga di luar ruangan, terutama jika Kamu memiliki lahan terbatas. Ini dapat mengurangi efisiensi penggunaan lahan dan membuat rumah terasa lebih tertutup.

Jadi, pastikan tempatkan tangga terutama tangga besi minimalis di dalam rumah.

Itulah berbagai posisi tangga yang ideal bagi pemilik rumah minimalis. Namun perlu memperhatikan tata letak dan kebutuhan rumah agar tetap sesuai dan nyaman.

Baca juga:

Source Feature Image: Freepik


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi The Agathis dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download