10 Pilihan Tanaman Yang Cocok di Kamar Tidur

Dipublikasikan oleh Pandu Pamungkas ∙ 17 August 2022 ∙ 5 menit membaca

Ruangan yang pengap akan membuat penghuninya rentan terkena stres. Solusinya bisa diakali dengan menggunakan tanaman yang cocok di kamar tidur.  Beberapa studi ilmiah menunjukkan bahwa tanaman mampu menurunkan stres. Jenis tanaman tertentu bahkan bisa merubah udara menjadi lebih bersih.

Jika Pins sedang mencari tanaman apa yang tepat untuk diletakan di kamar tidur. Ini dia beberapa rekomendasinya yang bisa Pins jadikan referensi.

Gardenia

Tanaman yang cocok untuk di kamar tidur
(Shutterstock)

Aroma bunga Gardenia terasa wangi dan menenangkan. Cocok sekali untuk Pins yang kesulitan tidur. Bentuknya yang cantik juga bisa dijadikan dekorasi ruangan. Gardenia memiliki ukuran bunga yang besar dan bisa diletakan pada tempat indoor maupun outdoor. Pins bisa meletakkannya dekat jendela atau lampu. Gunakan kerikil basah agar bunga tidak mudah rontok.

Gardenia dapat tumbuh subur bila mendapatkan cahaya hangat di siang hari. Pada malam hari sebaiknya tanaman memperoleh suhu dingin. Sirami tanaman setiap hari namun jangan sampai menggenang, cukup hingga lembab saja.

Baca Juga : Ragam Ventilasi Kamar Tidur Minimalis Agar Bebas Pengap

Lidah Mertua

tanaman yang cocok di kamar tidur
(Shutterstock)

Lidah mertua tergolong tanaman yang tangguh sehingga tidak mudah mati bahkan dalam ruangan. Fungsi utamanya bagi kesehatan adalah mampu menyaring udara ruangan.

Tanaman ini ampuh menghilangkan polutan beracun. Ia bisa menyerap benzene, xylene bahkan toluene. Menurut Harvard University Extension, lidah mertua merupakan penghasil oksigen paling banyak diantara  tanaman lainnya.

Jika dilihat dari sudut pandang Feng Shui maka tanaman ini dianggap mampu melawan energi negatif. Lidah mertua bisa menjadi tanaman yang cocok di kamar tidur karena bisa menjadi pemurni dan pelindung hunian.

Sri Gading

Tanaman yang cocok di kamar tidur
(Shutterstock)

Bernama latin Dracaena Fragrans dengan tampilan pohon tinggi serta daun yang panjang. Banyak yang mengira bahwa Sri Gading tidak memiliki bunga padahal ia menghasilkan bunga putih jika ditempatkan di ruangan yang cerah.

Hampir seluruh bagian tubuhnya dapat dimanfaatkan sebagai tanaman obat. Mulai dari bagian akar, daun, batang hingga bunga bisa dijadikan antioksidan.  Bunga dan daunnya sering dipakai untuk mengobat encok dan peluruh air seni. Warna bunganya berwarna oranye yang digunakan sebagai pewarna kain alami.

English Ivy

English Ivy
(shutterstock)

Selanjutnya ada English Ivy yang bisa sebagai tanaman gantung. Tanaman ini bahkan sangat direkomendasikan NASA. Perawatannya mudah bahkan tidak perlu banyak cahaya matahari.

Berdasarkan The American College of Allery menyatakan English Ivy mampu menghilangkan udara kotor sampai 94%. Tak sampai disitu saja ia juga mampu membersihkan 78% jamur yang ada di udara dalam waktu 12 jam saja. Itulah kenapa English Ivy menjadi tanaman yang cocok di kamar tidur.

Lavender

Tanaman yang cocok di kamar tidur
(Shutterstock)

Dari dulu sudah diketahui bahwa Lavender mampu memberikan efek menenangkan dan meredakan kecemasan. Tak heran bila bunganya sering diambil sari atau dijadikan minyak. 

Aroma bunga Lavender mampu mengubah suasana yang sedang jelek. Ia bahkan mampu mengusir serangga dan meningkatkan kualitas tidur.

Tanaman ini bisa ditanam pada pot besar dan tidak boleh kebanyakan air. Pins bisa menempatkannya di dekat jendela sehingga langsung memperoleh sinar matahari. Warna bunganya yang keunguan bisa mempercantik interior ruangan.

Baca Juga : 9 Desain Meja Kamar Tidur Sederhana yang Estetik

Peace Lily

tanaman yang cocok di kamar tidur
(Shutterstock)

Selanjutnya ada tanaman Peace Lily yang mampu menyaring racun dalam udara. Bunga ini cocok untuk membersihkan racun benzena, formaldehyde bahkan trichloroethylene.

Cocok sekali ditempatkan di kamar tidur yang lembab. Untuk merawatnya perlu disiram setiap hari. Peace Lily membutuhkan tempat terang agar mampu berbunga.

Pilih pot yang ukurannya tidak lebih besar dari sepertiga bola akar. Dalam pemberian pupuk hanya perlu sekali dalam 6 minggu.  Suhu terbaik untuk tanaman ini adalah berada 21 derajat celcius.

Lidah Buaya

tanaman yang cocok di kamar tidur
(Shutterstock)

Meskipun tidak memiliki bunga namun lidah buaya menyimpan banyak khasiat. Getah yang tersimpan dalam batangnya bisa dijadikan penguat rambut dan masker kulit.

NASA menempatkan aloe vera pada posisi pertama sebagai tanaman yang cocok untuk kamar tidur. Pada malam hari ia akan mengeluarkan oksigen sehingga tidur lebih nyenyak.

Pemeliharaanya tidak butuh menyiramnya setiap hari. Lidah buaya bahkan bisa tumbuh dengan baik tanpa memerlukan sinar matahari secara langsung.

Baca Juga: 10 Desain Rumah Minimalis Modern

Monstera

Tanaman yang cocok di kamar tidur
(Shutterstock)

Daun dari Monstera memang unik yakni berbentuk cinta dengan potongan bilah di beberapa lembaran daunnya. Tanaman ini sering pula disebut dengan Swiss Cheese Plant.

Perawatannya hanya perlu cahaya sedang dan penyiraman mingguan. Fungsi tanaman ini adalah menjernihkan udara namun tetap menjaga kelembaban ruangan.

Ruangan terkesan lebih elegan dan mewah dengan kehadirannya. Monstera cocok untuk berbagai interior ruangan.

Baca Juga: Warna Cat yang Elegan untuk Kamar Tidur

Lucky Bamboo

Lucky Bamboo
(Pexels)

Berdasarkan Fengshui tanaman bambu mampu membawa keberuntungan. Bila menjalankan bisnis akan lebih lancar dan mendatangkan rezeki dari mana saja.

Lucky Bamboo disebut juga dengan Bambu Hoki. bambu ini mampu menolak energi negatif masuk ke dalam rumah. Peletakannya tidak hanya bisa di tempat tidur saja namun juga ruang tamu.

Pins bisa menanamnya tanpa media tanah dan diganti dengan air. Bambu ini sangat menyukai kondisi suhu udara antara 18.3 – 32.2 derajat celcius.

Baca Juga :10 Desain Lampu Tumblr, Buat Kamar Tidur Semakin Menarik!

Valerian

Valerian
(shutterstock)

Uniknya tanaman Valerian adalah mampu meningkatkan sistem otak sehingga badan terasa lebih rileks. Valerian juga mampu mengatasi insomnia dan sering menjadi bahan obat penenang.

Bunganya cantik dengan warna pink yang soft. Cocok untuk berbagai ruangan di rumahmu.

Tanaman yang cocok untuk kamar tidur ada beragam. Ada yang tidak memiliki bunga hingga daun yang unik. Setiap tanaman mampu menjernihkan udara dan ada yang bagus untuk memperbaiki mood.

Itulah 10 tanaman yang cocok di kamar tidur yang bisa Pins jadikan referensi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: Inspirasi Dekorasi Kamar Tidur Sempit


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Lifestyle
Lifestyle 12 Rekomendasi HP Samsung 4 Jutaan dari Galaxy Series

Ketika sudah terlanjur suka dengan smartphone keluaran Samsung, pasti kamu sudah enggan untuk memak

Lifestyle
Lifestyle 13 Rekomendasi HP 10 Jutaan dengan Fitur Terkini & Canggih

Apakah Pins adalah tipikal user smartphone yang rela membeli produk yang memiliki kualitas bagus me

Lifestyle
Lifestyle 15 Rekomendasi HP 4 Jutaan yang Terjangkau & Punya Performa Gahar

Bagi sebagian besar orang, ada yang memilih smartphone untuk kebutuhan komunikasi. Aplikasi yang di

Lifestyle
Lifestyle 16 Daftar Harga Laptop ASUS Terbaru yang Rilis pada 2022

Asus memang sudah dikenal menjadi salah satu brand laptop yang harganya dibanderol cukup terjangkau

Lifestyle
Lifestyle 8 Contoh Surat Cuti Melahirkan, Lengkap untuk Semua Karyawan

Dalam dunia kerja, seorang karyawan wanita boleh mengajukan cuti melahirkan. Jatah cuti melahirkan

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia