Pinhome

  • Blog
  • Hobi
  • 16 Manfaat Memiliki Halaman Rumah yang Bersih

Hobi

16 Manfaat Memiliki Halaman Rumah yang Bersih

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 6 menit membaca

Memiliki halaman rumah yang bersih tentu akan membawa kebahagiaan tersendiri untuk keluarga. Demi kenyamanan tempat tinggal, selalu sempatkan bersih-bersih halaman rumah Pins.

Pinhome – Pins, Tahu Nggak, halaman rumah yang tidak terawat bisa mengurangi keindahan rumah kesayangan? Meski memiliki rumah aesthetic dan halaman luas tapi jika tidak dibersihkan tentu akan mengurangi nilai keindahannya. Di bawah ini ada  beberapa manfaat menjaga halaman rumah yang bersih​.​

1. Membuat Rumah Kelihatan Rapi

Ketika Pins memiliki halaman​ rumah yang bersih dan rapi, rumah akan tampak terorganisir. Tempat tinggal yang terorganisir dengan baik akan memudahkan Pins untuk menempatkan barang-barang kesayangan. Caranya, kita bisa menyingkirkan barang-barang yang tidak terpakai agar halaman rumah tidak berantakan. Tujuannya apalagi, kalau bukan menjaga​ rumah rapi sekaligus menciptakan kenyamanan.

2. Rumah Terlihat Lebih Luas

Halaman rumah yang bersih dan terawat dengan baik akan membuat rumah terlihat lebih luas. Pins bisa menyingkirkan beberapa benda-benda yang tidak terpakai dan bisa menambah properti unik seperti lampu taman. Semakin sedikit benda yang ada di halaman semakin bagus pula tampilan halaman rumah.

3. Rumah Terasa Menyenangkan

Halaman rumah yang telah dibersihkan akan memberikan suasana menyenangkan dan menenangkan. Hasilnya nih Pins, kita bisa melakukan lebih banyak kegiatan di rumah jika halaman rumah tampak rapi dipandang mata.

4. Bisa Digunakan Untuk Bersantai

Untuk yang suka menghabiskan sore hari di depan rumah akan lebih baik lagi jika halaman rumah selalu bersih. Jika halaman​ rumah bersih,​ Pins bisa menambahkan beberapa kursi santai dan meja kecil untuk minum teh bersama keluarga. Nyaman sekali bukan?

5. Membuat Rumah Bersih

Halaman rumah adalah hal pertama yang dilihat oleh orang luar. Dengan rutin membersihkan halaman, rumah akan selalu tampak bersih dan juga rapi. Pins dan keluarga akan selalu betah berada di rumah sepanjang hari.

Kebersihan rumah adalah sesuatu yang perlu diperhatikan, terutama kebersihan halaman rumah. Jika halaman​ rumah tidak bersih,​ berantakan, dan banyak sampah bertebaran sangat mungkin bisa menyebabkan keluarga terserang penyakit.

6. Menghindari Sumber Penyakit

Pembersihan secara teratur adalah cara terbaik untuk mengurangi masuknya sumber penyakit ke dalam rumah. Pekerjaan seperti menyapu, menutup genangan air, membersihkan setiap sudut rumah bisa meminimalisir pembawa penyakit seperti nyamuk demam berdarah.

Baca juga: Working From Home, Saat Tepat Untuk Bersih-bersih Rumah Agar Lebih Sehat

7. Mengurangi Pertumbuhan Jamur

Menjaga kebersihan​ halaman rumah memberikan lebih banyak peluang untuk mendeteksi pertumbuhan jamur. Biasanya jamur suka tumbuh di tempat lembab seperti dinding, kursi dan meja di depan rumah. Jamur dapat mendatangkan penyakit pada banyak orang termasuk keluarga.

Jamur seperti ini bisa menyebabkan reaksi alergi, gejala pilek dan flu, serangan asma, dan masalah kesehatan lainnya. Pembersihan dan inspeksi rutin membantu mengendalikan dan mencegah pertumbuhan jamur.

8. Mencegah Virus Masuk Ke Rumah

Virus dan bakteri di luar rumah memiliki kemungkinan besar untuk menginfeksi keluarga. Karena itu demi menjaga kesehatan keluarga, halaman rumah harus selalu terjaga kebersihannya. Pins bisa membersihkan rumah dengan desinfektan.

Pembersih yang kuat menargetkan kuman dan bakteri seperti E. coli, staph, dan salmonella. Desinfektan akan membunuh bakteri, virus, dan mikroorganisme lain yang dapat membahayakan kesehatan keluarga.

9. Memberikan Ruang Lebih Untuk Berkebun

Salah satu manfaat penting memiliki halaman​ rumah yang bersih adalah bisa dimanfaatkan untuk berkebun. Halaman rumah yang telah dibersihkan akan memberikan ruang lebih. Ruang lebih ini bisa Pins gunakan untuk menanam bunga atau sayuran dalam pot.

10. Menurunkan Risiko Terluka

Menjaga kebersihan halaman rumah dan mengatur tata letak barang-barang seperti kursi dan meja santai dapat mengurangi kemungkinan cedera. Membiarkan benda-benda tak dibutuhkan berserakan seperti mainan dapat meningkatkan risiko tersandung dan jatuh.

Halaman rumah yang kotor dan jarang dibersihkan biasanya ditumbuhi lumut dan bisa menyebabkan beberapa sudut rumah licin. Akan sangat berbahaya jika Pins memiliki anak kecil di rumah.

11. Mengurangi Stres

Halaman rumah yang bersih dan rapi dapat membantu meringankan dan mencegah stres. Pins bisa menghabiskan hari minggu dengan bermain di halaman rumah atau olahraga bersama keluarga.

12. Mendukung Konsep Rumah Minimalis

Halaman rumah yang bersih dan teratur biasanya memiliki lebih sedikit barang .

Dan ini kesempatan untuk mendesain rumah dengan konsep minimalis. Jika Pins menginginkan rumah minimalis, hal pertama yang perlu dibenahi adalah halaman rumah.

Pins bisa mengurangi barang-barang yang tidak perlukan dan meletakkan satu atau dua barang saja di halaman rumah. Konsep ini juga akan memudahkan Pins untuk membersihkan rumah dan juga menatanya sesuai keinginan.

13. Bisa Memiliki Taman dan Outdoor Space

Seperti disebutkan sebelumnya, semakin bersih halaman rumah makan semakin luas pula space halaman yang Pins miliki. Setelah membersihkan halaman rumah Pins bisa membangun taman kecil atau outdoor space seperti ayunan di halaman rumah.

Taman dan outdoor space ini akan berguna untuk tempat bermain anak. Jika Pins memiliki kucing atau anjing, outdoor space bisa digunakan untuk rumah dan tempat bermain hewan peliharaan.

Jika Pins memiliki mobil, outdoor space ini juga bisa digunakan sebagai tempat parkir. Sangat berguna bukan?

14. Lebih Aktif

Membersihkan halaman rumah akan membuat Pins melakukan aktivitas yang menyehatkan. Tentu, merapikan halaman rumah tidak akan membakar kalori sebanyak latihan kardio, tetapi jauh lebih baik daripada duduk di sofa saja.

Menjaga halaman rumah tetap bersih sepanjang minggu berarti sama saja dengan memiliki jadwal ‘olahraga’ rutin. Tingkatkan produktivitas di rumah dengan membersihkan halaman rumah secara rutin setiap seminggu sekali atau dua minggu sekali.

15. Bisa Menyumbangkan Barang Tak Terpakai

Saat Pins membersihkan halaman rumah secara rutin, selalu ada barang-barang tak terpakai yang ditemukan. Ini membuka kesempatan untuk memberikan barang yang tidak terpakai kepada seseorang yang membutuhkan.

Beberapa barang yang bisa Pins sumbangkan adalah kursi, meja, lampu hias, kotak barang, dan masih banyak lagi. Pins bisa serahkan barang ini ke badan amal setempat atau langsung pada orang atau tetangga yang memerlukan barang tersebut.

Jika Pins tidak nyaman memberikan barang bekas Pins bisa menjualnya terlebih dahulu di toko online lalu menyumbangkannya dalam bentuk uang. Bersih-bersih halaman rumah tidak hanya untuk kebaikan keluarga tapi juga beberapa orang yang membutuhkan.

16. Menjaga Barang-Barang Tetap Terawat

Dengan membersihkan halaman rumah otomatis Pins juga akan membersihkan benda-benda. Dengan menjaga tetap menjaga benda-benda kesayangan dalam kondisi baik, akan meminimalisir kerusakan benda-benda tersebut.

Pins bisa membersihkan meja dan kursi di depan rumah rutin seminggu sekali sembari menyapu halaman. Pins juga bisa mengecek lampu depan jika ada kerusakan seperti mati lampu.

Jika barang-barang tetap terjaga dengan baik, Pins bisa menghemat biaya perbaikan barang. Dan tentunya dana perbaikan bisa dialokasikan untuk kebutuhan yang lain.

Menjaga halaman rumah tetap bersih adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh di tinggalkan. Pins tidak maukan jika hunian kesayangan menjadi tidak nyaman dan menjadi sarang penyakit?

Manfaat mempunyai halaman​ rumah yang bersih di atas bisa Pins dapatkan jika dilakukan secara rutin. Tetap jaga rumah tetap bersih dan terawat demi keamanan dan kenyaman keluarga ya Pins. Jika Pins ingin punya idaman dengan mudah, Pinhome.id akan membantu mewujudkannya.

Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di Rekan Pinhome sebagai Agen dan Kantor Properti.

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Bagikan Artikel