Pinhome

Uncategorized

Manfaat menanam pohon di depan rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 2 menit membaca

Rumah yang nyaman itu dipengaruhi oleh bermacam hal, termasuk didalamnya adalah terdapat penghijauan yang sesuai dengan kebutuhan, tidak ada pohon sama sekali itu tidak baik karena akan membuat halaman rumh serasa gersang, sebaliknya terlalu lebat juga bukanlah merupakan hal yang baik. jadi taman perlu di tatap dengan sebagus mungkin agar hunian terasa nyaman, nah.. kali ini kita uraikan tentang manfaat menanam pohon di depan rumah yang diantaranya yaitu menyegarkan udara di halaman, selengkapnya mari kita simak sebagai berikut.

Manfaat menanam pohon di depan rumah

  1. Memperindah halaman tempat tinggal, ya.. berbagai jenis pohon punya karakteristik serta nilai artistik tertentu yang bisa membuat lingkungan terlihat indah.
  2. Menyegarkan udara, kita tahu bahwa pada siang hari tumbuh-tumbuhan memproduksi oksigen dengan cara mengubah karbondioksida.
  3. Menyejukan rumah.
  4. Memproteksi bangunan dari sengatan sinar matahari secara langsung, jadi beberapa jenis material akan lebih awet, seperti cat, besi, kaca, dll.
  5. Menahan tanah agar tidak longsor, ini khusus untuk bangunan yang berdiri di tanah miring, dengan adanya akar pohon maka struktur tanah bisa tercengkeram dengan lebih kuat.
  6. Peredam suara, untuk rumah yang berada persis disamping jalan raya akan berpotensi terganggu oleh suara bising lalu lintas kendaraan, nah.. dengan menanam pohon diharapkan polusi suara tersebut bisa diredam atau dikurangi.
  7. Menahan debu agar tidak masuk kedalam rumah.
  8. Proteksi ghaib, beberapa jenis tanaman dipercaya mempunyai energi positif, misalnya bambu kuning dipercaya dapat meredam energi negatif yang bersumber dari serangan sihir jahat.
  9. Menambah penghasilan karena bisa menjual buah, kayu, atau bagian lain dari pohon yang bernilai ekonomi.
  10. Penambah gizi dan kesehatan keluarga, memakan buah yang memetik sendiri dari pekarangan rumah merupakan kenikmatan tersendiri, dan beberapa jenis tanaman tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk obat.
  11. Sarana rekreasi keluarga, misalnya pohon yang cabangnya kuat bisa digunakan untuk menggantung ayunan, keindahan berbagai jenis bunga juga bisa menyegarkan pikiran.

Perlu pemilihan jenis pohon yang pas agar taman bisa tertata rapi serta terlihat indah, contohnya untuk lahan sempit sebaiknya tidak menanam pohon besar yang bercabang banyak, dengan mengetahui berbagai manfaat menanam pohon di depan rumah ini semoga kita bisa lebih termotivasi untuk menghijaukan bumi.

Tags :

Bagikan Artikel