BlogPemilik PropertiDesain Hunian10 Fungsi Taman di Depan Rumah yang Harus Diketahui!
0
0

10 Fungsi Taman di Depan Rumah yang Harus Diketahui!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Nabila Azmi

Nov 24, 2023

4 menit membaca

Copied to clipboard
top-right-banner

Pins tahu tidak, kalau fungsi taman di depan rumah tidak hanya untuk memperindah halaman hunian. Kamu juga akan memperoleh berbagai manfaat yang diyakini bisa membuat Pins makin nyaman tinggal di rumah.

Rumah bekas di Bogor seperti Griya Parama atau perumahan di Jagakarsa sekitar Stasiun Lenteng Agung juga menyediakan ruang terbuka hijau di depan rumah agar menambah keasrian lingkungan. Manfaatkan fitur Take Over KPR untuk memperoleh hunian dengan taman di depan yang luas.

Fungsi Taman di Depan Rumah

Sering kali banyak orang yang beranggapan bahwa taman hanya berfungsi untuk memperindah bagian rumah yang kosong. Namun, ada beberapa hal dan manfaat yang masih banyak lagi dari kehadirannya, berikut diantaranya:

1. Memperindah Halaman Rumah

Source : Pxhere

Aneka macam bentuk tanaman hias dengan warna-warni bunga bermekaran bisa menjadi sarana untuk memperindah eksterior rumah tinggal. Inilah alasan yang paling mendasari taman berada di area depan rumah agar yang melewati hunian tertarik akan keindahan hunian dari fasadnya yang menarik.

Rumah tanpa taman terasa lebih monoton daripada yang memiliki area hijau. Warna hijau dan warna lainnya dari bunga memberikan kesan ceria pada hunian. Tamu yang berdatangan langsung merasakan kesegaran di rumah saat melihat taman.

Baca juga: Cara Unik Untuk Mempercantik Halaman Rumah

2. Sebagai Area Resapan Air Hujan

Taman menjadi kawasan resapan air sehingga ketika curah hijau tinggi mampu mencegah banjir di sekitar rumah. Saat musim panas area ini terasa rindang. Tanah yang ada di taman menampung 60-75 persen curah hujan dan mempertahankan tanaman tetap hidup ketika kemarau tiba.

Proses evaporasi terjadi dan air hujan yang ditampung nantinya menguap ke udara. Halaman yang cukup luas dengan tanaman juga menjadi sumber cadangan air.

3. Untuk Menyegarkan Pikiran

Source : Pxhere

Menyegarkan pikiran dari aktivitas kelelahan ketika pulang kerja dapat dilakukan dengan berkebun. Kamu bahkan bisa menanam aneka buah dan sayuran yang layak dikonsumsi oleh keluarga. Buah dan sayuran yang ditanam dapat terbebas dari pestisida berbahaya karena terjamin proses tanam dan perawatannya.

Menurut hasil penelitian terhadap penderita demensia di Korea Selatan juga menunjukkan bercocok tanam selama 20 menit mampu meningkatkan pertumbuhan saraf otak terkait memori. Manfaat berkebun cenderung positif bagi lansia untuk daya ingatnya.

4. Sebagai Ladang Usaha dan Area Bermain

Taman bisa sebagai bisnis rumahan bagi yang hendak melakukan usaha jual beli tanaman hias. Kamu bisa melakoni hobi sekaligus berbisnis dengan berkebun. Taman juga difungsikan sebagai area bersantai bersama keluarga maupun tempat edukasi dan bermain anak.

Selain itu tempat ini bisa sebagai lokasi house party bersama keluarga besar. Apalagi jika ditambahkan kursi santai atau peralatan barbeque untuk mengadakan pesta di outdoor. Kamu juga bisa menggunakan taman sebagai area berjemur dan mendapatkan vitamin D alami bagi tubuh.

5. Arsitektur Eksterior Rumah

Source : Pxhere

Beberapa bentuk rumah tinggal rasanya kurang lengkap jika tidak ditambahkan dengan variasi model tanaman hias di halaman rumah. Taman ada yang didesain dengan bentuk unik dan simetris sehingga menjadi bagian arsitektur penting dalam eskterior hunian.

Baca juga: 15 Desain Taman Batu Koral yang Membuat Hunian Menjadi Sejuk

6. Sumber Udara Bersih

Taman menguntungkan bagi lingkungan manusia dan makhluk lainnya. Bagi manusia taman menjadi sumber oksigen yang menghasilkan udara bersih. Oksigen ini membuat lingkungan sekitar menjadi lebih bersih dan baik bagi paru-paru.

Sirkulasi udara yang baik dapat terjadi saat ada lingkungan yang asri dan bersih. Taman juga menjadi hunian bagi makhluk lainnya yang menambah keasrian tempat tinggal.

7. Meredam Kebisingan

Source : Pxhere

Tanaman mampu meredam suara yang ada di sekitar hunian. Hal ini dapat terjadi karena tanah bisa menyerap, memantulkan dan membelokan gelombang suara yang berasal dari luar rumah. Pantulan suara bisa diredam hingga 3-8 desibel sehingga rumah terasa tenang. Solusi ini cocok bagi rumah kamu yang berada di pinggiran jalan besar dengan arus lalu lintas padat.

8. Membangun Kekuatan Tangan

Berdasarkan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat menyatakan berkebun termasuk dalam olahraga. Kegiatan ini membutuhkan banyak otot tubuh dengan begitu membangun kekuatan tangan.

Bagi anak-anak kegiatan berkebun mampu mengajarkan mereka tentang alam. Tubuh juga akan lebih nyenyak ketika beristirahat dan lebih berenergi saat bangun tidur.

9. Menghadirkan Suasana Sejuk

Source : Pxhere

Hadirnya taman membantu menghadirkan suasana yang lebih segar pada hunian dan lingkungan. Area hunian terasa sejuk dimanapun taman itu berada baik di depan, di belakang maupun di tengah hunian. Taman mampu menurunkan suhu udara yang panas ketika musim panas sedang berlangsung.

10. Terapi Hortikultura

Terapi hortikultura adalah praktik menggunakan kebun sebagai media terapi dan rehabilitasi. Menurut buku Holistic Solutions for Anxiety & Depression oleh Peter Bongiorno mengatakan bahwa menyentuh tanaman bisa membuat kita lebih tenang. Khususnya bunga sebab meningkatkan mood jadi lebih baik.

Apalagi jika taman berada di dalam rumah atau taman indoor membuat energi positif kian menyebar di berbagai ruangan. Taman di dalam rumah juga meningkatkan pencahayaan alami karena memakai atap terbuka atau setidaknya atap transparan.

Tips dalam membuat taman adalah menentukan jenis tanaman yang mengisi ruang terbuka tersebut. Mulai di area yang tepat dimana tanaman memperoleh sinar matahari yang cukup minimal 6-8 jam setiap harinya. Pilih media tanam mulai dari kompos, hidroponik atau media tabulampot.

Demikian beberapa fungsi taman di depan rumah baik dari sisi kesehatan dan estetika. Semoga bisa mengukuhkanmu membuat taman di depan rumah.

Baca juga: 

Feature Image Source: Pxhere


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Cimanggis Golf Estate dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download