Ukuran Keramik Lantai Berdasarkan Jenisnya

Diperbarui oleh Syahya Rembulan ∙ October 4, 2022 ∙ 6 menit membaca

Keramik memang merupakan salah satu komponen penting dalam membangun rumah. Selain digunakan sebagai lantai, keramik juga banyak digunakan sebagai pelapis dinding seperti pada kamar mandi, dapur, dan masih banyak lagi. Tak heran jika ukuran keramik lantai yang tersedia di pasaran cukup bervariatif.

Selain dapat memperindah ruangan Pins, ukuran keramik yang tepat dapat membuat ruangan terlihat mengkilat dan bersih. Bagi Pins belum tahu berbagai macam ukuran lantai keramik dan dinding, yuk simak daftar ukuran dan penjelasan keramik lantai dan dinding pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: Cara Pasang Keramik Lantai dengan Mudah dan Cepat

Ukuran Keramik Lantai

Berikut ini adalah beberapa jenis ukuran keramik yang dapat digunakan sesuai dengan kegunaanya masing-masing.

ukuran keramik
(Shutterstock)

Keramik 5 cm x 5 cm

Digunakan sebagai variasi pada bidang – bidang kecil yang membutuhkan kedetailan tekstur keramik seperti pada tiang atau kolom bangunan atau pada ornament dinding pagar rumah.

Keramik 10 cm x 10 cm dan 8 cm x 8 cm

Fungsinya hampir sama dengan keramik ukuran 5 cm x 5 cm, namun digunakan pada bidang yang lebih lebar seperti finishing kubah masjid, pagar rumah dan sejenisnya. Keramik 10 cm x 10 cm ini juga dapat digunakan dengan cara dipadukan dengan keramik lebar, misalnya pada keramik lantai sehingga tercipta sebuah kombinasi pola keramik yang indah.

Keramik 10 cm x 20 cm

Digunakan untur border lantai misalnya area lantai pada pinggir tepi yang berbatasan dengan pasangan dinding, atau pada finishing kaki pasangan dinding bata. Sehingga aman terhadap noda air saat mengepel lantai.

Keramik 20 cm x 20 cm, 25 cm x 25 cm, 20 cm x 25 cm

Keramik dengan 3 macam dimensi ini digunakan untuk ruangan yang berukuran kecil, seperti keramik lantai kamar mandi, tempat wudhu, dapur, janitor, dan sebagainya.

Keramik 40 cm x 40 cm

ukuran keramik

Keramik ini baik digunakan pada rumah tinggal seperti keramik dinding ruang tamu, ruang tidur, dan ruangan lainya yang tidak terlalu besar atau terlalu kecil.

Keramik 60 cm x 60 cm

Ukuran keramik ini baik digunakan pada ruangan dengan ukuran besar seperti ruang aula, atau ruang keluarga dengan ukuran luas sehingga sesuai dengan suasana ruangan.

Selain jenis keramik yang disebutkan di atas masih ada banyak lagi ukuran keramik lantai lainnya. Baik ukuran standar perusahaan maupun yang dipesan secara khusus dengan ukuran tertentu, sebagai pola keramik yang telah direncankan sebelumnya dalam bentuk gambar kerja detail pemasangan keramik.

Ukuran Keramik Berdasarkan Jenisnya

Jika kamu bingung menentukan ukuran keramik yang tepat, berikut ini kami sajikan pilihan ukuran keramik berdasarkan jenisnya:

Ukuran Keramik Lantai Biasa

ukuran keramik
(Pinterest)

Mungkin Pins sering melihat keramik lantai biasa yang biasanya dapat kita temui dengan mudah di rumah-rumah. Keramik ini biasanya berwarna putih yang tersedia di toko bangunan besar maupun toko bangunan kecil sekalipun. Keramik ini cocok digunakan di ruang keluarga.

Bentuk keramik lantai biasa ini adalah persegi dengan ukuran keramik 30×30 cm hingga 80×80 cm. Tidak hanya putih, warna dan corak keramik lantai ini kini mulai berkembang dan cukup variatif, mulai dari corak kecoklatan, warna-warna bold seperti hijau, merah dan masih banyak lagi.

Baca juga: Cara Pemasangan Keramik Yang Baik

Ukuran Keramik Teraso

(Pinterest)

Keramik teraso atau terazzo adalah salah satu jenis keramik yang cukup populer dan telah banyak digunakan sebagai lantai maupun keramik dinding rumah. Jenis keramik yang satu ini dapat ditemukan dengan mudah sebagai lantai-lantai hotel, mall, villa dan restoran.

Memiliki motif yang cukup abstrak, keramik teraso dapat memperlihatkan sisi artsy kamu, Pins. Hal ini karena keramik teraso cukup kuat dan tahan lama. Selain itu motif pada lantai ini juga bergaya etnik dan klasik yang tentunya dapat menambah estetika pada rumah.

Jika Pins salah satu orang yang suka dengan motif-motif etnik, keramik teraso cocok menjadi pilihan Pins dalam berburu keramik. Untuk keramik yang satu ini cukup beragam, mulai dari skala keramik lantai 20×20 cm hingga 60×60 cm.

Baca juga: Jenis Keramik Lantai Pilihan Untuk Hunian Nyaman Maksimal!

Ukuran Keramik Mozaik

ukuran keramik
(Pinterest)

Selain keramik biasa dan keramik teraso, jenis keramik lain yang cukup populer adalah keramik mozaik. Jika sebelumnya keramik teraso dan keramik biasa banyak digunakan sebagai lantai, keramik mozaik banyak digunakan sebagai keramik dinding terutama pada kamar mandi dan dapur.

Keramik seperti ini cocok digunakan untuk rumah dengan model minimalis, untuk menambahkan aksen sehingga ruangan terlihat lebih menarik. Ciri khas keramik mozaik adalah motifnya yang unik dan kontras namun tidak berlebihan.

Sehingga sangat mudah dipadukan dengan interior lain di dalam rumah. Keramik ini pun cukup beragam mulai dari 6 cm. Tidak hanya pada dinding, keramik mozaik juga bisa digunakan sebagai lantai dengan skala lantai yang sama mulai dari 6 cm.

Baca juga: Pilihan Keramik Mozaik Untuk Desain Kolam Renang

Ukuran Granit Alam

ukuran keramik
(Pinterest)

Keramik granit alam adalah salah satu jenis keramik yang cukup populer dan telah banyak digunakan pada rumah-rumah modern. Warnanya yang gelap dengan corak unik membuat keramik ini sangat laku di pasaran. Keramik ini cocok digunakan di ruang tamu maupun ruang keluarga.

Tidak hanya itu, keramik granit juga akan membuat tampilan rumah Pins menjadi mewah dan sangat modern. Kekuatannya pun tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, keramik granit alam lebih mudah dibersihkan dan lebih tahan lama.

Hanya saja keramik granit alam memiliki bobot yang sangat berat sehingga membutuhkan tenaga ekstra dalam pemasangannya. Keramik yang satu ini dapat digunakan sebagai lantai maupun dinding. Jadi Pins tidak perlu kebingungan jika akan menggunakan jenis keramik  yang satu ini.

Barometer keramik yang satu ini pun biasanya lebih besar dibandingkan dengan jenis keramik lainnya, yaitu berkisar antara 30×30 cm hingga keramik ukuran 60×60 cm.

Baca juga: 20 Perbedaan Granit dan Keramik Lantai

Ukuran Homogenous Tile

(Nara Japan)

Jenis keramik selanjutnya yang perlu Pins ketahui adalah homogenous tile. Jenis keramik yang satu ini adalah keramik tiruan granit yang dibuat dengan edisi sangat besar. Skala keramik lantai ini cukup beragam mulai dari 40×40 cm, keramik ukuran 60×60 cm dan 100×100 cm. 

Berbeda dengan keramik biasa, keramik homogenous tile lebih kuat dibandingkan dengan keramik biasa. Oleh karena itu, biasanya jenis keramik ini banyak digunakan pada gedung-gedung perkantoran, pusat perbelanjaan dan gedung-gedung lainnya yang membutuhkan tampilan mewah dengan budget minim.

Ukuran Keramik Marble

ukuran keramik
(Pinterest)

Selain keramik granit, keramik lantai lainnya yang dapat membuat rumah Pins tampak mewah adalah keramik marble. Tidak hanya sebagai lantai, keramik marble juga sangat cantik jika digunakan sebagai keramik dinding. Keramik marble dapat memperlihatkan kesan mewah dan elegan ketika dipadukan dengan desain minimalis.

Keramik ini cocok digunakan di area dapur. Warna putih yang cantik disertai dengan corak yang unik membuat banyak orang jatuh hati dengan keramik yang satu ini. Skala keramik lantai ini cukup beragam mulai dari 30×30 cm hingga keramik ukuran 60×60 cm.

Itulah beberapa jenis keramik serta ukuran keramik yang bisa menjadi pilihan Pins dalam berburu keramik. Dari sekian ukuran keramik tadi, yang mana favoritmu? Pilih yang sesuai dengan budget dan selera Pins, ya!

Baca juga:

Kontributor: Aileen Velishya

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Denpasar, Pinhome Home Service Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-Bersih Rumah

Jakarta, 9 Juli 2021 – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Ap

Berita Pinhome
Berita Pinhome Hadir di Bandar Lampung dan Yogyakarta, Pinhome Home Service: Solusi Satu Langkah Mudah Bersih-bersih Rumah

Jakarta – Layanan Pinhome Home Service (PHS), hasil kolaborasi Pinhome dengan PT. Aplikasi 

Berita Pinhome
Berita Pinhome Buka Booth Free Massage di Acara CoHive Pop Up Market, Layanan Pinhome Home Service Diminati Lebih dari 150 Orang

Jakarta, 14 Juli 2022 - Pinhome selaku e-commerce properti, penyedia jasa rumah tangga, dan gaya hi

Berita Pinhome
Berita Pinhome KPR Lewat Pinhome, Agen Properti Bisa Klaim Seluruh Komisi!

Jakarta, 9 Agustus 2021 – Pinhome sebagai e-commerce properti memiliki misi untuk menjadikan prop

Berita Pinhome
Berita Pinhome Mau Bangun Usaha? Berikut Tips Pengecekan Properti untuk Tempat Usaha dari Pinhome

Jakarta, 1 November 2021 – Memahami aspek hukum pada properti merupakan hal yang krusial sebelum

Artikel Terkini

Properti
Properti 10 Tips Siasati Isi Rumah Pertama Lahan Minimalis

Pins masih bingung untuk memilih isi rumah pertama di lahan minimalis? Jangan khawatir, Pinhome aka

Finansial
Finansial Begini 3 Cara Mining Ethereum di Android

Ketika menjadi seorang penambang aset crypto, mungkin kamu sering bertanya-tanya “berapa lama ket

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain 12 Desain Rumah Etnik Tingkat Atau Lantai 1 Yang Cantik & Sejuk

Desain rumah etnik adalah hunian dengan unsur budaya di sebuah negara. Desain arsitekturnya bisa di

Finansial
Finansial 22 NFT Termahal dengan Nilai Jual yang Menyentuh Hingga Angka Triliunan!

Aset digital dengan basis blockchain yang dikenal dengan NFT (Non-Fungible Token), kini semakin men

Finansial
Finansial Simak! 4 Cara Menambang Bitcoin untuk Pemula

Transaksi dengan memakai mata uang digital Bitcoin semakin tinggi peminatnya seiring waktu. Ini kar

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia