BlogPemilik PropertiDesain Hunian6 Cara Membuat Keramik Lantai dari Awal Hingga Jadi
0
0

6 Cara Membuat Keramik Lantai dari Awal Hingga Jadi

Dipublikasikan oleh Syahya Rembulan

Apr 5, 2023

6 menit membaca

Copied to clipboard
cara-membuat-keramiktop-right-banner

Dalam mendirikan sebuah rumah tentunya banyak komponen konstruksi yang harus Pins penuhi agar rumah dapat berdiri dengan baik dan sesuai dengan keinginan. Mulai dari semen untuk membuat bangunan rumah, atap rumah yang kokoh, pemilihan warna cat yang cantik, hingga memilih keramik untuk seisi lantai rumah.

Memilih keramik dapat menjadi salah satu kesenangan sendiri bagi pemilik rumah, apalagi bagi keluarga baru yang sedang membangun rumah. Keramik memiliki berbagai macam corak dan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan ruangannya, cara membuat keramik juga berbeda.

Keramik sendiri adalah salah satu komponen konstruksi bangunan yang berasal dari bahan-bahan yang telah melalui proses pembakaran dengan suhu yang tinggi. Mungkin Pins berpikir keramik hanya terbuat dari tanah liat. Memang benar, namun ada juga keramik yang terbuat dari batu, tembikar, atau gerabah. 

Untuk memenuhi kebutuhan keramik bangunan rumah, Pins tidak selalu harus membeli. Pins juga dapat membuat keramik sendiri dari rumah dengan cara yang cukup mudah. Dengan membuat keramik sendiri, Pins dapat menentukan keramik lantai apa yang Pins inginkan. Jika Pins penasaran bagaimana cara membuat keramik sendiri, simak ulasan di bawah ini!

Kenali Jenis Keramik

cara membuat keramik
Source : Pinterest

Sebelum Pins mengaplikasikan membuat keramik sendiri di rumah, alangkah baiknya Pins mengenal lebih terdahulu tentang keramik lantai dan berbagai jenisnya.

Pada umumnya suatu rumah menggunakan keramik yang berlapis dengan glasir. Selain itu, masih ada lima jenis keramik lagi yang perlu Pins kenal, yaitu keramik tanpa lapisan glasir, keramik matte, keramik cutting edge yang memiliki empat siku sama sisi, keramik licin, dan keramik tekstur kasar. 

Saat ini juga sudah banyak rumah yang menggunakan keramik matte sebagai lantai rumah. Jika Pins ingin membeli keramik di toko bangunan, Pins juga perlu untuk mengetahui tips memilih keramik lantai yang bagus. Namun jika ingin membuat sendiri, berikut langkah-langkah yang harus Pins lakukan. 

Baca juga: Rekomendasi Model Keramik Lantai Minimalis Untuk Rumah Kamu

Cara Membuat Keramik Lantai Sendiri di Rumah

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat keramik sendiri di rumah yang bisa kamu ikuti:

Siapkan Bahan-bahan dan Olah Bahan Keramik

cara membuat keramik
Source : Pinterest

Langkah awal yang harus Pins lakukan dalam membuat keramik lantai di rumah adalah menyiapkan bahan-bahan yang akan diolah. Sebaiknya Pins juga memastikan bahan-bahan yang akan digunakan sudah dalam keadaan siap pakai supaya tidak jadi kendala dalam membuat keramik. 

Bahan pertama yang perlu Pins siapkan adalah tanah liat atau Kaolin, saringan, mixer untuk mengaduk tanah, air, alat filter, wadah untuk menyimpan keramik, dan tungku. Jika sudah siap semua, Pins bisa segera memulai pembuatan keramik. 

Jika sudah selesai, kamu bisa langsung masuk ke dalam proses pembuatan keramik. Pins perlu mengolah bahan keramik agar dapat mengubah bahan keramik yang masih mentah menjadi bahan keramik yang siap untuk dijadikan keramik.

Selanjutnya Pins dapat memulai langkah pertama mengolah keramik dengan mengurangi ukuran butir bahan keramik. Lalu Pins saring bahan keramik dengan saringan, setelah itu campur bahan-bahan keramik menjadi satu.

Jika sudah tercampur semua, Pins aduk bahan keramik di wadah hingga tercampur dengan sempurna. Langkah selanjutnya kurangi kadar air pada keramik dengan filter dan pengujian bahan keramik. 

Baca juga: 8 Motif Lis Keramik Dinding Kamar Mandi

Buat Pola dan Bentuk Keramik

Source : Pinterest

Langkah selanjutnya yang perlu Pins lakukan dalam proses pembuatan keramik lantai adalah membentuk keramik sesuai keinginan Pins. Setelah bahan keramik diolah, Pins dapat membentuk keramik sesuai dengan tempat yang akan diisi oleh keramik.

Sesuaikan juga keramik yang akan dipasang dengan desain rumah Pins agar terlihat matching dan cantik. Dalam membentuk keramik terdapat tiga teknik yang banyak dikenal, yaitu Handbuilding, Throwing, dan Casting.

Handbuilding adalah teknik membentuk keramik dengan tangan, Throwing adalah membentuk keramik dengan teknik putar dan Casting dengan teknik cetak. Dari ketiga cara tersebut, yang paling pas dan cocok untuk Pins aplikasikan adalah dengan teknik Casting atau cetak karena akan memudahkan proses pengerjaan. 

Baca juga: 13 Perbedaan Granit dan Keramik, Bahan Mana yang Cocok untuk Lantai Rumah?

Keringkan Keramik

cara membuat keramik
Source : Pinterest

Setelah Pins menyelesaikan proses pembentukan keramik, cara membuat keramik selanjutnya adalah dengan mengeringkan keramik. Tujuan dari mengeringkan keramik ini adalah supaya kandungan air dalam keramik hilang. 

Dalam langkah pengeringan ini terdapat tiga proses yang terjadi yaitu air menguap, hilangnya air dalam pori-pori keramik, dan hilangnya air yang diserap oleh keramik. Semakin lama proses pengeringan akan semakin baik karena dapat meminimalisir risiko keramik retak. 

Bakar Keramik

Source : Pinterest

Langkah selanjutnya dalam cara membuat keramik adalah dengan membakar keramik. Proses ini terbilang sangat penting karena akan mengubah massa pada keramik di mana keramik yang lembek akan menjadi keras dan padat.

Dalam proses ini Pins letakkan keramik yang sudah kering dari air ke dalam tungku. Lalu bakar keramik dengan suhu tinggi mencapai 700 C sampai 1000 C. Pada suhu tersebut akan membuat keramik menjadi sempurna dengan hasil yang keras, padat, dan kuat serta membuat keramik menjadi ringan. 

Baca juga: Ini Dia, 8 Motif Keramik Lantai Untuk Rumah Minimalis!

Oleskan Glasir Pada Keramik

cara membuat keramik
Source : Pinterest

Langkah ini adalah langkah terakhir dalam membuat keramik lantai sendiri di rumah. Pada langkah ini Pins memberikan pada keramik yang akan melapisi permukaan keramik.

Dalam langkah ini Pins dapat memilih beberapa cara dengan mencelupkan keramik ke cairan glasir, menyemprotkan cairan glasir, menuangkan cairan glasir atau mengoleskan cairan glasir. 

Fungsi dari cairan glasir ini adalah agar keramik dapat lebih tahan terhadap air dan mempercantik permukaan keramik. Namun langkah ini sebenarnya tidak wajib, Pins dapat melewatkannya jika keramik tidak ingin dilapisi oleh cairan glasir. 

Itulah langkah-langkah dalam cara membuat keramik lantai rumah yang dapat Pins aplikasikan sendiri. Proses yang dilakukan juga terbilang mudah dan sangat mungkin untuk dilakukan di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:


Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Copied to clipboard
bottom-sidebar-banner
left footer bannerright footer banner
left footer bannerright footer banner

Properti Rekomendasi

    Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
    Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
      Rp 181 Juta
      Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
        Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
        Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

        Properti Eksklusif: Green Paradise City

        Parung Panjang, Kab. Bogor
          Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
          Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

          Properti Eksklusif: The Agathis

          Pancoran Mas, Kota Depok
          sticky banner
          sticky banner

          © www.pinhome.id

          Pinhome App

          Coba Aplikasi Pinhome

          Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
          Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

          iOS PCA DownloadAndroid PCA Download