Pinhome

Tips Properti

Memilih Motif Cat Kamar Unik dan Cara Mengecatnya

Dipublikasikan oleh Puri ∙ 26 July 2021 ∙ 5 menit membaca

Kamar adalah salah satu ruangan penting di dalam rumah. Selain sebagai tempat untuk beristirahat, kamar sering digunakan sebagai tempat bersantai atau menyendiri ketika Pins  membutuhkan privasi. 

Pinhome – Memiliki kamar yang bagus adalah keinginan semua orang. Mulai dari luas ruangan hingga interior dapat mendukung kenyamanan ruangan penting yang satu ini. Oleh karena itu banyak sekali orang yang membuat kamarnya berpenampilan bagus, salah satunya dengan mengubat dinding kamar. 

Jika Pins  ingin merombak tampilan kamar namun memiliki budget yang sedikit, merubah dinding kamar bisa menjadi alternatif yang cukup murah. Pins  bisa membuat dinding menjadi bermotif hanya dengan cat tembok lho! Bagi Pins yang tertarik untuk merubah tampilan dinding kamar, yuk simak daftar motif cat kamar unik dan cara mengecat dinding yang unik pada ulasan di bawah ini.

Dinding Bermotif Batu Bata

(Pinterest)

Jika kebanyakan orang memiliki dinding bermotif batu-bata dari wallpaper dinding, ternyata motif yang satu ini bisa dibuat sendiri lho di rumah! Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pins  bisa menggunakan spons busa berbentuk balok sesuai dengan ukuran batu-bata sesungguhnya. 

Jangan lupa untuk menyiapkan cat berwarna lain sebagai warna dasarnya. Jika dinding sudah dilapisi dengan cat yang akan dijadikan sebagai dasar, Pins  bisa mulai membuat motif batu-bata menggunakan spons busa yang telah disiapkan. 

Celupkan permukaan salah satu sisi balok ke dalam cat, celupkan sampai sisi tersebut penuh dengan cat. Jika sudah, Pins  bisa menempelkannya ke tembok dengan membuat ilusi susunan batu-bata. Jangan lupa untuk menggandakan tembok dengan pensil agar susunan batu bata yang Pins  buat lurus dan rapi.

Dinding Bermotif Polkadot

(Pinterest)

Polkadot adalah salah satu motif yang sering digunakan, entah pada pakaian, tas bahkan hingga dijadikan sebagai motif pada dinding. Model cat tembok unik yang satu ini biasanya dilakukan dengan menggunakan cetakan berbentuk bulat kecil-kecil. 

Namun jika Pins  tidak memilikinya, Pins  bisa menggunakan benda lain lho! Sama seperti dinding bermotif batu bata, Pins  bisa menggunakan spons busa atau bekas tissue gulung sebagai alat mengecat. Pins  bisa memotong spons busa menjadi berbentuk lingkaran kecil. 

Setelah spons dipotong bulat, Pins  bisa mencelupkan salah satu sisi spons ke dalam cat yang kemudian ditempelkan ke dinding untuk membuat motif polkadot. Sebelum membuat motif polkadot pada dinding, sebaiknya Pins mengecat dinding kamar dengan warna dasar terlebih dahulu agar membuat motif polkadot menjadi lebih kontras pada dinding.

Dinding Bermotif Garis Abstrak

(Pinterest)

Meski terdengar sederhana, motif cat kamar unik ini telah banyak digunakan lho pada dinding kamar. Cara mengecat dinding yang unik ini pun cukup sederhana, hanya memerlukan lakban dan gunting. Sebelum mengecat, tempelkan lakban membentuk garis-garis abstrak sesuai dengan keinginan Pins .

Pastikan tempelan lakban sudah terpasang rapi dan sesuai yang Pins  rencanakan. Jika sudah terpasang dengan rapi, Pins  bisa memulai kegiatan mengecat. Warna yang Pins  pilih harus berbeda dengan warna cat pada dinding sebelumnya. 

Hal ini untuk membuat motif garis lebih kontras dan terlihat pada kamar. Usahakan untuk mengecat dengan satu arah. Jika cat telah selesai dan kering, Pins bisa mulai membuka lakban satu persatu.

Dinding Bermotif Garis Arsir

(Pinterest)

Motif cat kamar unik ini kini banyak diaplikasikan pada motif-motif wallpaper dinding. Padahal motif yang satu ini bisa dibuat sendiri lho! Cara mengecat dinding yang unik ini pun tidak sulit. Pins dapat menggunakan kemoceng untuk membuat motif arsir pada dinding kamar. 

Pertama, Pins hanya perlu mengecat dinding kamar seperti biasa. Setelah selesai, sapukan kemoceng pada dinding yang baru saja dicat. Usahakan untuk menyapukan dinding dalam keadaan cat setengah basah supaya arsiran dapat terbentuk dengan lebih mudah. Jika sudah selesai, Pins hanya perlu membiarkannya hingga mengering.

Dinding Bermotif Floral atau Daun

(Pinterest)

Siapa bilang memiliki dinding kamar dengan motif floral atau bunga hanya bisa dilakukan dengan menggunakan wallpaper dinding? Pins bisa membuatnya sendiri hanya dengan cat dinding lho! Pins bisa membeli cetakan berbentuk bunga di toko perlengkapan rumah atau online shop. 

Kemudian, Pins hanya perlu mengecatnya dengan warna yang berbeda pada warna dasar dinding yang telah dicat sebelumnya. Usahakan untuk berhati-hati saat membuat motif agar tidak keluar garis cetakan. Hal ini supaya motif dapat terbentuk dengan rapi saat cat telah kering.

Dinding Bermotif dengan Roller Cat 

(Pinterest)

Saat ini peralatan tukang semakin berkembang lho! Tidak hanya pada alat-alat mesin, salah satunya juga pada roller cat. Alat yang satu ini telah banyak dijual baik pada toko perlengkapan rumah, toko bangunan maupun online shop

Alat yang satu ini juga tersedia dengan berbagai ukuran dan motif, jadi Pins tidak perlu khawatir jika alat ini hanya memiliki satu motif saja. Demi mendapatkan model cat tembok unik, Pins  tidak perlu kesulitan dalam membuatnya. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah sama dengan menggunakan roller cat biasa. Pins cukup mencelupkan roller ke dalam cat dan menempelkannya ke dinding. Usahakan untuk memilih warna cat yang lebih terang atau lebih gelap dibandingkan warna cat dasar pada dinding agar warna motif lebih kontras.

Itulah informasi tentang motif cat kamar unik dan cara mengecat dinding yang unik. Semoga dengan ulasan di atas dapat mempermudah Pins memiliki model cat tembok unik pada dinding kamar.

Baca Juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan dan Mewah


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di Daftar Properti & iklankan properti Kamu di Jual Properti. Bergabunglah bersama Kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk Anda Agen properti independen atau Agen kantor properti. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan Anda kemudahan membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Kontributor: Aileen

Editor: Achlisia

Tags :

Bagikan Artikel