6 Motif Cat Kamar Unik dan 5 Cara Mengecatnya

Dipublikasikan oleh Achlisia Putri ∙ 9 December 2021 ∙ 8 menit membaca

Bosan dengan warna cat kamarmu yang hanya itu-itu saja? Jangan khawatir, di sini Pinhome akan memberikan pilihan motif cat kamar unik dan cara mengaplikasikannya!

Pinhome – Kamar adalah salah satu ruangan penting di dalam rumah. Selain sebagai tempat untuk beristirahat, kamar sering digunakan sebagai tempat bersantai atau menyendiri ketika Pins  membutuhkan privasi. 

Memiliki kamar yang bagus adalah keinginan semua orang. Mulai dari luas ruangan hingga interior dapat mendukung kenyamanan ruangan penting yang satu ini. Oleh karena itu banyak sekali orang yang membuat kamarnya berpenampilan bagus, salah satunya dengan mengubat dinding kamar. 

Jika Pins  ingin merombak tampilan kamar namun memiliki budget yang sedikit, merubah dinding kamar bisa menjadi alternatif yang cukup murah. Pins  bisa membuat dinding menjadi bermotif hanya dengan cat tembok lho!

Bagi Pins yang tertarik untuk merubah tampilan dinding kamar, yuk simak daftar motif cat kamar unik dan cara mengecat dinding yang unik pada ulasan di bawah ini.

Baca juga: 8 Kombinasi Warna Cat Kamar

6 Motif Cat Kamar Unik

motif cat kamar unik
(Pinterest)

Motif Cat Kamar Batu Bata

Jika kebanyakan orang memiliki dinding bermotif batu-bata dari wallpaper dinding, ternyata motif yang satu ini bisa dibuat sendiri lho di rumah!

Caranya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Pins  bisa menggunakan spons busa berbentuk balok sesuai dengan ukuran batu-bata sesungguhnya. 

Jangan lupa untuk menyiapkan cat berwarna lain sebagai warna dasarnya. Jika dinding sudah dilapisi dengan cat yang akan dijadikan sebagai dasar, Pins  bisa mulai membuat motif batu-bata menggunakan spons busa yang telah disiapkan. 

Celupkan permukaan salah satu sisi balok ke dalam cat, celupkan sampai sisi tersebut penuh dengan cat. Jika sudah, Pins  bisa menempelkannya ke tembok dengan membuat ilusi susunan batu-bata.

Jangan lupa untuk menggandakan tembok dengan pensil agar susunan batu bata yang Pins  buat lurus dan rapi.

Baca juga: Fungsi Plin Keramik Dinding Di Rumah

Motif Cat Kamar Unik Polkadot

motif cat kamar unik
(Pinterest)

Polkadot adalah salah satu motif yang sering digunakan, entah pada pakaian, tas bahkan hingga dijadikan sebagai motif pada dinding. Model cat tembok unik yang satu ini biasanya dilakukan dengan menggunakan cetakan berbentuk bulat kecil-kecil. 

Namun jika Pins  tidak memilikinya, Pins  bisa menggunakan benda lain lho! Sama seperti dinding bermotif batu bata, Pins  bisa menggunakan spons busa atau bekas tissue gulung sebagai alat mengecat. Pins  bisa memotong spons busa menjadi berbentuk lingkaran kecil. 

Setelah spons dipotong bulat, Pins  bisa mencelupkan salah satu sisi spons ke dalam cat yang kemudian ditempelkan ke dinding untuk membuat motif polkadot.

Sebelum membuat motif polkadot pada dinding, sebaiknya Pins mengecat dinding kamar dengan warna dasar terlebih dahulu agar membuat motif polkadot menjadi lebih kontras pada dinding.

Baca juga: Menggunakan Dinding Rumah Bersama, Untung atau Rugi?

Dinding Bermotif Garis Abstrak

(Pinterest)

Meski terdengar sederhana, motif cat kamar unik ini telah banyak digunakan lho pada dinding kamar. Cara mengecat dinding yang unik ini pun cukup sederhana, hanya memerlukan lakban dan gunting. Sebelum mengecat, tempelkan lakban membentuk garis-garis abstrak sesuai dengan keinginan Pins .

Pastikan tempelan lakban sudah terpasang rapi dan sesuai yang Pins  rencanakan. Jika sudah terpasang dengan rapi, Pins  bisa memulai kegiatan mengecat. Warna yang Pins  pilih harus berbeda dengan warna cat pada dinding sebelumnya. 

Hal ini untuk membuat motif garis lebih kontras dan terlihat pada kamar. Usahakan untuk mengecat dengan satu arah. Jika cat telah selesai dan kering, Pins bisa mulai membuka lakban satu persatu.

Baca juga: Tips & Trik Ini Akan Ringankan Pekerjaan Mengecat Warna Rumah Kamu!

Dinding Bermotif Garis Arsir

motif cat kamar unik
(Pinterest)

Motif cat kamar unik ini kini banyak diaplikasikan pada motif-motif wallpaper dinding. Padahal motif yang satu ini bisa dibuat sendiri lho! Cara mengecat dinding yang unik ini pun tidak sulit. Pins dapat menggunakan kemoceng untuk membuat motif arsir pada dinding kamar. 

Pertama, Pins hanya perlu mengecat dinding kamar seperti biasa. Setelah selesai, sapukan kemoceng pada dinding yang baru saja dicat.

Usahakan untuk menyapukan dinding dalam keadaan cat setengah basah supaya arsiran dapat terbentuk dengan lebih mudah. Jika sudah selesai, Pins hanya perlu membiarkannya hingga mengering.

Dinding Bermotif Floral atau Daun

(Pinterest)

Siapa bilang memiliki dinding kamar dengan motif floral atau bunga hanya bisa dilakukan dengan menggunakan wallpaper dinding? Pins bisa membuatnya sendiri hanya dengan cat dinding lho! Pins bisa membeli cetakan berbentuk bunga di toko perlengkapan rumah atau online shop. 

Kemudian, Pins hanya perlu mengecatnya dengan warna yang berbeda pada warna dasar dinding yang telah dicat sebelumnya. Usahakan untuk berhati-hati saat membuat motif agar tidak keluar garis cetakan. Hal ini supaya motif dapat terbentuk dengan rapi saat cat telah kering.

Baca juga: Mengenal Jenis Hingga Harga Model Wallpaper Dinding Rumah

Dinding Bermotif dengan Roller Cat 

motif cat kamar unik
(Pinterest)

Saat ini peralatan tukang semakin berkembang lho! Tidak hanya pada alat-alat mesin, salah satunya juga pada roller cat. Alat yang satu ini telah banyak dijual baik pada toko perlengkapan rumah, toko bangunan maupun online shop

Alat yang satu ini juga tersedia dengan berbagai ukuran dan motif, jadi Pins tidak perlu khawatir jika alat ini hanya memiliki satu motif saja. Demi mendapatkan model cat tembok unik, Pins  tidak perlu kesulitan dalam membuatnya. 

Cara menggunakannya pun sangat mudah sama dengan menggunakan roller cat biasa. Pins cukup mencelupkan roller ke dalam cat dan menempelkannya ke dinding.

Usahakan untuk memilih warna cat yang lebih terang atau lebih gelap dibandingkan warna cat dasar pada dinding agar warna motif lebih kontras.

Itulah informasi tentang motif cat kamar unik dan cara mengecat dinding yang unik. Semoga dengan ulasan di atas dapat mempermudah Pins memiliki model cat tembok unik pada dinding kamar.

Baca juga: Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Luar yang Elegan dan Mewah

5 Teknik Mengecat Kekinian dengan Mudah

Memadukan warna yang anti mainstream bisa menjadi terobosan baru untuk tampilan ruangan yang apik. Pemilihan warna pun bisa disesuaikan dengan karakter kamu. Dengan banyaknya pilihan warna kamu bisa bebas berkreasi mengubah cat tembok dengan gaya yang unik dan keren. Bagaimana caranya? Yuk simak 5 cara mengecat tembok kamar tanpa perlu bantuan tukang cat.

Selotip sebagai alat bantu

(Dalipok.com)

Mengecat kamar menggunakan selotip dapat membantu mewujudkan garis-garis tegas yang bisa membuat tembok kamar unik. Selotip adalah alat bantu yang wajib ada bila kamu mau berkreasi dalam mengecat tembok kamar kamu Pins. Selotip digunakan untuk membuat pola atau pemisah antar bagian pada tembok. Kamu bisa membuat pola garis (stripes), harlequin, diamond, papan catur sampai pola asimetris dan abstrak. Tapi kamu tidak bisa gunakan sembarang selotip ya Pins, kamu harus gunakan selotip berbahan kertas agar dinding tidak mengelupas.

Baca Juga: Rekomendasi Daftar Merk Cat Tembok Terbaik untuk Dinding Rumah

Efek old school menggunakan spons

Cat kamar unik
(Dekoruma)

Kamu bisa menghadirkan tema vintage di kamar kamu dengan bantuan spons, karena spons dapat menciptakan efek guratan yang tumpang tindih pada dinding. Nah biasanya warna yang digunakan masih berada dalam skema yang yang sama seperti warna tua dan warna mudanya. Ingin efek gradasi vintage seperti ini? Cobalah memadukan dua warna dan gunakan spons untuk mem-blend kedua warna tersebut

Warna ombre

Cat kamar unik
(Okezone Lifestyle)

Teknik ombre merupakan efek gradasi warna dari warna yang lebih gelap sampai warna yang lebih terang. Biasanya warna yang digunakan masih senada dan kamu bisa menyusun gradasinya sesuai dengan keinginan kamu. Bisa vertikal dari atas ke bawah atau dari bawah ke atas, horizontal dari kiri kanan atau kanan ke kiri, maupun diagonal. Tembok kamar unik dengan teknik ombre semacam ini dapat kamu mainkan dengan elemen rumah lainnya untuk menimbulkan efek dramatis

Baca juga: Simak Apa Saja Dekorasi Kamar Tidur Supaya Kamar Kamu Unik

Teknik stenciling

Cat kamar unik
(Shopee)

Teknik stensil ini akan membantu mewujudkan nuansa tertentu yang kamu inginkan di dalam kamar tidur. Jika kamu ingin mengaplikasikan pola yang lebih kompleks, kamu bisa gunakan teknik stenciling ini Pins. Pola kompleks yang biasanya terdiri dari banyak elemen seperti titik, garis lurus, garis yang berkelok-kelok, asimetris, atau pola – pola bentuk lain seperti bunga, wajik, daun-daunan dan bentuk populer lainnya. Untuk penerapannya, buatlah cetakan pola lalu gunakan sebagai alat bantu untuk mengecat pola.

Baca Juga: Warna Cat Dinding Bisa Mempengaruhi Mood, Fakta atau Mitos?

Polkadot

Cat kamar unik
(Fabelio)

Untuk mengaplikasikan motif ini kamu hanya perlu menggunakan kertas HVS yang dilubangi kamu bisa membuat bulatan besar maupun kecil sesuai selera tapi pastikan jangan terlalu padat ya Pins, agar terlihat lebih elegan. Untuk kombinasi warna yang digunakan pilihlah warna yang kontras agar menambah efek menyegarkan. Nah, itu dia beberapa cara mengecat tembok kamar unik, selamat mencoba!

Kontributor: Aileen

Editor: Syahya Rembulan


Temukan pilihan rumah seperti pada perumahan Nevada Downtown II dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Dapatkan properti idaman melalui program NUP untuk akses eksklusif. Untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti bergabunglah menjadi rekan agen properti bersama kami dan iklankan properti kamu di sini. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai properti di Property Academy by Pinhome. Gabung menjadi Rekan Jasa Pinhome melalui aplikasi Rekan Pinhome di App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome PINtar jual beli sewa properti.

Artikel Pilihan

Berita Pinhome
Berita Pinhome Vasa Jagakarsa Hunian Modern Tropis Strategis Berkonsep Townhouse

Menentukan rumah idaman memang bukanlah perkara mudah. Pasalnya banyak hal yang harus dipertimbangk

Finansial
Finansial Mengenal Analisis SWOT Untuk Mengembangkan Bisnis

Membangun sebuah bisnis yang sukses tidak bisa terjadi dalam semalam. Ada banyak unsur dan juga keg

Properti
Properti 3 Contoh Rumah Idaman dan Populer Saat Ini

Desain atau contoh rumah idaman bagi tiap-tiap orang tentunya tidak sama. Ada yang mendefinisikan r

Properti
Properti Ingin Memilih Lokasi Tempat Tinggal Strategis? Perhatikan Hal Ini!

Memilih lokasi tempat tinggal strategis bukanlah perkara mudah, banyak yang harus kita pertimbangka

Artikel Terkini

Arsitektur & Desain
Arsitektur & Desain Mengenal SolarTuff, Inovasi Baru untuk Atap Rumah Modern

Pernah dengar tentang atap solartuff? Jenis atap yang satu ini memang masih terbilang baru dan belu

Teknik Sipil
Teknik Sipil 16 Motif Keramik Dinding Luar yang Awet

Keramik adalah salah satu material yang sering digunakan untuk lapisan dekorasi dinding. Pins dapat

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Model Keramik Kamar Mandi Abu-Abu

Interior kamar mandi dapat menggunakan material keramik untuk bagian lantai maupun dinding. Pemilih

Teknik Sipil
Teknik Sipil 10 Desain Roster Keramik Mewah dan Manis

Roster atau lubang angin merupakan ventilasi yang dibutuhkan setiap rumah agar ruangan di dalamnya

Teknik Sipil
Teknik Sipil 12 Inspirasi Keramik Hitam Cocok untuk Ruangan Apapun

Material keramik banyak digunakan untuk melengkapi interior rumah, baik di ruang tamu, kamar, dapur

Ikuti Media Sosial Kami

Pinhome Indonesia