Pinhome

Tips Properti

Fungsi Taman Di Halaman Rumah

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 21 September 2021 ∙ 3 menit membaca

Taman merupakan salah satu bagian rumah yang banyak diminati oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Pasalnya, dedaunan dan bunga yang indah serta nuansa alam yang diciptakan dari taman rumah bisa membuat rumah terasa lebih sejuk dan nyaman.

Disamping itu semua, faktanya taman memiliki lebih banyak manfaat untuk rumah. Ingin tahu apa saja manfaat taman rumah yang bisa kamu dapatkan? Simak ulasan berikut.

Manfaat Taman Rumah

manfaat taman rumah
(Shutterstock)

Salah satu manfaat taman rumah dapat dijadikan sebagai area resapan air hujan, sehingga dapat masuk kedalam tanah. Ini bisa menjadi upaya penyelamatan atau pencegahan agar rumah terbebas dari banjir.

Bukan hanya untuk rumahmu saja, manfaat taman rumah juga bisa menjadi upaya pencegahan banjir di kawasanmu. Dengan hal tersebut, dapat disimpulkan bahwa kamu sudah menerapkan konsep green building.

Disamping itu, taman dan kolam ikan dapat dijadikan sebagai penyuplai udara bersih kedalam rumahmu. Karena seperti yang kita ketahui bahwa tanaman mampu memproduksi oksigen pada siang hari.

Manfaat taman rumah lainnya adalah bisa dijadikan sebagai ajang bisnis untuk kamu yang suka bercocok tanam. Seperti yang kita ketahui, saat ini banyak tanaman hias yang diperjual belikan. Jika kamu berminat, mungkin kamu bisa memulainya dengan membuat taman rumah.

Kelebihan dan Kekurangan Taman Rumah

kelebihan dan kekurangan taman rumah
(Shutterstock)

Sebelum membuat taman rumah, alangkah baiknya kamu mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan taman rumah berikut ini.

Kelebihan Taman di Rumah

Kelebihan taman di rumah adalah kamu dapat menggunakannya sebagai sarana untuk melepaskan penat. Kamu dapat rilex dengan melihat berbagai tamaman yang indah dan memanjakan mata.

Disamping itu, taman rumah juga berfungsi untuk menambah nilai estetika pada rumah. Dengan memiliki taman di halaman rumah juga dapat menambah kenyamanan bagi menghuni rumah.

Beraneka macam bentuk dari tanaman hias, serta warna-warni bunga dapat menjadi sebuah sarana untuk memperindah eksterior rumahmu. Ini juga bisa menjadi daya tarik untuk para tamu yang datang.

Kekurangan Taman di Rumah

Kekurangan taman di rumah adalah dibutuhkannya perawatan yang ekstra. Kamu harus rajin untuk membersihkan area sekitar taman agar tetap terlihat indah.

Selain itu, kamu juga harus teratur dalam menjaga kebersihan taman agar tidak rusak, maupun terserang hama yang membuat tanaman menjadi mati.

Untuk perawatan taman, kamu harus sering memotong rumput secara berkala agar enak di pandang dan tidak menjadi rumput liar. Beberapa perawatan taman lainnya juga harus kamu lakukan seperti pemberian pupuk, dan sebagainya.

Dengan ini, tentu kamu harus meluangkan waktu yang cukup lama, atau bahkan kamu membutuhkan jasa tukang kebun untuk merawat tamanmu. Selain itu, merawat taman rumah juga diperlukan hal-hal yang mungkin merogoh kocekmu.

Demikianlah artikel tentang manfaat taman rumah yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat ya Pins!

Artikel terkait:


Temukan beragam pilihan rumah terlengkap di daftar properti & iklankan properti kamu di Jual Beli Properti Pinhome. Bergabunglah bersama kami di aplikasi Rekan Pinhome untuk kamu agen properti independen atau agen kantor properti. 

Kamu juga bisa belajar lebih lanjut mengenai Properti di Property Academy by Pinhome. Download aplikasi Rekan Pinhome melalui App Store atau Google Play Store sekarang!

Hanya di Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

Tags :

Bagikan Artikel