Pinhome

Tips Properti

Kualitas Rumah di Perumahan

Dipublikasikan oleh Pinhome ∙ 17 January 2021 ∙ 3 menit membaca

Bagaimana kualita rumah di perumahan? Menjamurnya pengembangan perumahan di indonesia yang bisa dikatakan berkembang dengan pesat seringkali membuat bingung calon pembeli rumah dalam menentukan perumahan mana yang akan dibeli, berbagai pertimbangan selalu meuncul pada calon pembeli rumah ketika memutuskan untuk membeli rumah yang sesuai dengan kriteria baik secara lokasi, harga, kualitas rumah dll.

Terkadang seorang calon pembeli rumah akan berputar-putar berkililing dari suatu komplek perumahan ke komplek lainya dengan cara melihat kualitas rumah di perumahan masing-masing serta dengan mendatangi kantor pemasaran sebuah perumahan untuk kemudian mempertanyakan tentang harga dan spefikiasi rumah yang dijual di perumahan tersebut, setelah selesai mengunjungi kantor pemaran biasanya diberikan oleh-oleh berupa brosur perumahan yang bisa jadi setumpuk karena banyaknya perumahan yang di survey 🙂

Semua kegiatan tersebut tentunya baik karena membeli rumah yang nantinya ditempati bersama keluarga akan ditempati dalam waktu yang cukup lama sehingga diupayakan untuk memilih rumah yang sebaik mungkin serta nyaman untuk dijadikan sebagi rumah tinggal.

Dari segi kualitas, memilih perumahan juga mempunyai banyak kriteria yang dapat dijadikan pertimbangan, meskipun rata-rata bangunan rumah masing-masing perumahan mempunyai standar berdasarkan harga dan kelas masing-masing namun memilih kualitas rumah di perumahan tetap menjadi hal yang utama, Berikut ini beberapa tips dalam menilai kualitas rumah di perumahan:

Brosur rumah

Melihat brosur adalah melihat bagaimana denah rumah, model rumah, dan spesifikasi material bangunan yang digunakan yang dapat mencerminkan bagaimana kualitas rumah tersebut, namun coba teliti lagi apakah dalam brosur itu ada kata-kata keterangan yang biasanya berbunyi kurang lebih “Gambar rumah dan spefikasi pada brosur adalah kondisi rumah pada saat awal pembangunan yang dapat berubah sewaktu-waktu” setelah melihat tulisan ini diharapkan ada antisipasi dikemudian hari agar tidak menimbulkan kekecewaan.

Pondasi rumah

Meskipun bagian struktur rumah yang satu ini tidak terlihat, namun kita dapat menilai bagaimana pondasinya, caranya dengan melihat-lihat rumah yang sudah dibangun agak lama, apakah ada  keretakan dinding, rumah miring atau amblas pada bagian tertentu yang disebabkan oleh tidak kuatnya pondasi rumah, pondasi yang baik tentu akan membuat rumah diatasnya dapat berdiri dengan kokoh.

Dinding rumah dan bagian rumah lainya

Penelitian tentang bagaimana rumah yang sudah jadi tetap perlu dilaksankan seperti bagaimana pemasangan dinding rumahnya apakah mempunyai campuran semen yang cukup kuat, bagaimana kerataan bidang-bidang bangunanya sehingga bisa didapatkan kualitas rumah di perumahan yang baik.

Lokasi perumahan

Tips memilih rumah diperumahan diatas tentu tidak berlaku jika tujuan membeli rumah diperumahan hanya untuk tanahnya saja, kalau masalah bangunan nanti di renovasi, nah kalau sudah begini lebih baik memilih lokasi tnah yang bagus dan tanyakan kepada warga disekitar perumahan bagaimana lingkunganya, apakah bebas banjir? dan bagus untuk kedepanya. 🙂

Tags :

Bagikan Artikel