BlogPemilik PropertiDesain HunianCara Membuat Pondasi Rumah, Bagus, Kokoh, Tahan Gempa!
0
0

Cara Membuat Pondasi Rumah, Bagus, Kokoh, Tahan Gempa!

Dipublikasikan oleh Pinhome  dan Diperbarui oleh Nur Dwi

Apr 28, 2024

4 menit membaca

Copied to clipboard
detail pondasi cakar ayam rumah 2 lantaitop-right-banner

Untuk membangun rumah yang kuat, dibutuhkan pondasi yang kuat dan kokoh. Cara membuat pondasi rumah bagus kokoh tahan gempa dapat menopang rumah dalam berbagai kondisi, sekalipun saat terjadi gempa.

Ada beberapa cara yang perlu diketahui dalam membuat pondasi rumah yang bagus, kokoh, dan tahan gempa. Seperti dari segi pemilihan jenis pondasi, kombinasi campuran semen, dan lain sebagainya.

Namun sebelum itu unduh dan instal aplikasi Pinhome jika Pins ingin membeli KPR rumah. Pinhome membantumu menemukan hunian sekitar Pasar Atom, rumah di Pameungpeuk, rumah di kabupaten Tuban atau ketersediaan unit di Royal Mediterania.

Baca juga: 

Apa Itu Pondasi Rumah?

Source : Medcom

Pondasi rumah merupakan struktur bangunan yang ada di bagian paling bawah. Fungsinya adalah untuk menompang beban seluruh struktur bangunan. Fungsi lain dari pondasi rumah diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Membuat konstruksi bangunan menjadi lebih kuat
  • Meneruskan beban dari bagian atas ke struktur lapisan paling bawahnya
  • Penompang beban bangunan agar tidak bergerak horizontal
  • Pelindung dari bencana alam seperti perubahan bentuk tanah tidak stabil dan gempa bumi

Pondasi sendiri terbagi atas dua jenis yakni pondasi dalam dan pondasi dangkal. Pondasi dalam didirikan di permukaan tanah dengan kedalaman tertentu. Sementara pondasi dangkal tidak terlalu dalam bahkan letaknya hampir di permukaan tanah.

Cara Membuat Pondasi Rumah Bagus Kokoh Tahan Gempa

cara membuat pondasi rumah
Source : Shutterstock

Pondasi rumah yang kuat merupakan hal yang paling dasar dan sangat penting dan harus disiapkan dengan baik. Pondasi harus dibuat dengan kokoh karena berfungsi sebagai penentu kekokohan bangunan. Apabila pondasi hanya dibuat asal-asalan, maka bangunan yang akan dihasilkan juga tidak akan kuat dan kokoh.

Sedangkan apabila pondasi dibuat kokoh dan kuat, maka bangunan akan dapat berdiri tegak dengan kekokohannya. Sehingga rumah yang dibangun bisa kokoh dan tahan terhadap gempa.

1. Teknik Batu Kali

Source : Caritra.org

Para kontraktor lebih banyak menggunakan teknik untuk membuat struktur pondasi adalah dengan teknik batu kali. Cara menghitung volume pondasi batu kali dengan benar, caranya yaitu batu kali dicampurkan dengan semen dan pasir dengan perbandingan volumenya adalah 1 banding 4 ( 1: 4 ).

Pastikan juga bahwa campuran antara semua bahan bisa pas, sesuai dan dapat menampung bangunan yang akan didirikan. 

2. Sistem Beton

cara membuat pondasi rumah
Source : Harianbisnis.com

Teknik beton ini merupakan teknik dengan menggunakan sistem beton bertulang. Untuk teknik ini, kita bisa mencampurkan semen, kerikil, dan pasir.

Perbandingan dalam volume semen : kerikil : pasir yaitu 1 : 3 : 2. Setelah semua campuran selesai dibuat, maka kita dapat memasukkan tulangan besi ke dalamnya. Hal ini dilakukan supaya mendapatkan pondasi yang kuat dan juga kokoh.

3. Pemasangan Plastik

Source : Builder.id

Pemasangan plastik bermanfaat untuk memperkuat pondasi. Plastik dengan jenis polyfiled merupakan plastik yang dimaksud untuk memperkuat pondasi. Biasanya, plastik jenis ini dipakai sebagai tenda untuk warung di pinggir jalan yang digunakan oleh para pedagang kaki lima. Plastik ini difungsikan sebagai tatakan untuk kerikil.

Caranya sangat mudah, cukup gelar plastik polyfiled dan letakkan kerikil setebal 15 sampai 20 cm di atasnya. Ratakan dulu serta sekaligus padatkan supaya tidak bergerak. Setelah itu lanjutkan dengan pembuatan pondasi baik dengan teknik batu kali atau teknik beton.

Baca juga: Cara Menghitung Pemasangan Volume Pondasi Batu Kali

    Tips Membuat Pondasi Rumah

    Source : SCG CBM

    Ada beberapa kiat yang bisa kamu ikuti dalam membuat pondasi rumah yang kuat. Beberapa tipsnya bisa disimak dalam list yang ada di bawah ini!

    1. Pilih Tanah Keras

    Landasan pondasi harus pada tanah yang keras dan kokoh. Tujuannya agar berfungsi sebagai dasar mengalirkan beban bangunan ke tanah sekitarnya. Perkuat tanahnya dulu bila terasa kurang stabil seperti menyiraminya dengan air dan padatkan secara manual.

    Pins bisa pula menambahkan lapisan pasir batu di dasar pondasi. Setelah itu padatkan dengan mesin stamper agar semakin stabil dan kuat.

    2. Tanam Pondasi

    Umumnya hunian yang tahan gempa akan memakai jenis pondasi batu kali yang menghubungkan pondasi dengan sloof. Tanam pondasi batu kali minimal 45 cm di bawah permukaan tanah untuk hunian 1 lantai.

    Bagi pondasi rumah 2 lantai minimal kedalamannya sebaiknya 60 cm. Tambahkan pula pondasi telapak atau sumuran pada beberapa lokasi tertentu.

    3. Pakai Balok Pengikat

    Balok pengikat berasal dari bahan beton yang berfungsi mengalirkan beban bangunan ke pondasi secara merata. Dalam pondasi batu kali, sloof tetap diikat ke angker sepanjang setengah meter.

    Ikat jadi satu pondasi, sloof dan kolom menjadi satu kesatuan. Jika semua terintegrasi dengan baik maka guncangan akan tersalur ke seluruh bagian pondasi serta bangunan secara menyeluruh.

    4. Bangun Secara Kontinyu

    Dalam pembangunan pondasi rumah harus terus menerus atau tidak boleh terputus. Bila terbentur biaya maka kumpulkan dulu sedikit demi sedikit bahan materialnya.

    Pastikan bahan material tidak dikurangi karena akan mempengaruhi daya tahan rumah itu sendiri. Tembok bisa retak bahkan bangunan dapat roboh jika pondasinya kurang kuat.

      Baca juga: Cara Membangun Rumah di Tanah Miring

      Kesimpulan

      Itulah beberapa cara membuat pondasi rumah bagus kokoh tahan gempa yang bisa dilakukan untuk membuat pondasi rumah yang kuat dan juga kokoh. Pondasi yang kuat dengan biaya yang murah sebenarnya dapat diwujudkan dengan beberapa langkah yang terencana dan juga terukur.

      Membuat pondasi rumah adalah suatu hal yang wajib untuk membangun rumah murah yang kokoh dan tidak mudah rusak, terutama fungsi penting sebagai penopang bangunan rumah supaya tetap pada kondisi yang tetap.

      Pondasi yang buruk dapat mengakibatkan pembangunan rumah menjadi tidak seimbang, biasanya mudah dideteksi jika dinding mudah retak dan tegel yang tidak rata atau pecah-pecah. Semoga dengan cara membuat pondasi rumah bagus kokoh tahan gempa dapat mewujudkan hunian impianmu yang kokoh dan diandalkan.

      Baca juga:


      Temukan pilihan rumah dan apartemen terlengkap di Aplikasi Pinhome. Cek informasi Grand Sharon Residence dan dapatkan hunian idaman kamu sekarang juga. Cari tahu juga tips penting persiapan beli rumah dan KPR di Property Academy by Pinhome.

      Hanya Pinhome.id yang memberikan kemudahan dalam membeli properti. Pinhome – PINtar jual beli sewa properti.

      Copied to clipboard
      bottom-sidebar-banner

      Properti Rekomendasi

        Rp 550,8 Juta - Rp 1,5 Miliar
        Angsuran mulai dari Rp3,8 Juta/bln
          Rp 181 Juta
          Angsuran mulai dari Rp1,2 Juta/bln
            Rp 357,1 Juta - Rp 780 Juta
            Angsuran mulai dari Rp2,5 Juta/bln

            Properti Eksklusif: Green Paradise City

            Parung Panjang, Kab. Bogor
              Rp 1 Miliar - Rp 1,1 Miliar
              Angsuran mulai dari Rp7,2 Juta/bln

              Properti Eksklusif: The Agathis

              Pancoran Mas, Kota Depok
              sticky banner
              sticky banner

              © www.pinhome.id

              Pinhome App

              Coba Aplikasi Pinhome

              Cari, konsultasi, beli, hingga jasa perawatan rumah, semua ada!
              Unduh sekarang dan nikmati manfaatnya.

              iOS PCA DownloadAndroid PCA Download